Warnet gadisnet

Warnet gadisnet
loading...

Asal Mula Kampung Lului (Dharmasraya)



Pada zaman dahulu ada terjadi hal yang sangat aneh di daerah Riau yaitu tempatnya Kampuang Godang. Hal ini terjadi sekitar lebih kurang 100 tahun yang sudah berlalu. Waktu itu ada orang kampung tetangga yang menadakan pesta pernikahan. Orang ini mengundang orang yang ada di Kampung Godang ini. 3 hari sebelum pesta dilaksanakan, orang-orang Kampung godang ini pergi menuju kampung sebelah. Masalahnya jaraknya cukup jauh, alat transportasi juga tidak ada. Mereka hanya berjalan kaki saja.
Semua orang yang ada di kampung itu pergi kecuali anak-anak kecil dan orang-orang tua saja. Setelah selesai pesta, orang pergi tadi kembali lagi ke kampungnya. Dua hari di dalam perjalanan baru bisa sampai ke rumah masing-masing. Setelah lama dalam perjalanan, mereka pun sampai. Saat itu mereka semua pun kaget melihat semua rumahnya terbenam kedalam tanah. Makanya di beri nama Kampung Lului. Orang-orang yang tinggal di rumah tadi sudah menjadi orang aluih dan diberi nama orang sibunian. Sampai kini orang sibunian itu masih ada menunggu Kampung Godang itu.


KAMPUANG LULUI 

Waktu dulu ado tajadi hal nan sangaik aneh didaerah Riau tapeknyo di Kampuang Godang. Hal ko tajadi sakitar labiah kurang 100 tahun nan lah silam. Waktu tu urang kampuang sabalah baralek tu nyo undang urang Kampuang Godang ko dek e. tu pas 3 hari ka baralek pai urang kKampuang Godang ko ka tampek urang baralek tu lai. Masalah e jarak e jauah lo kendaraan dak lo ado de. Urang tu bajalan lah nyia.
Sagalo e urang tu pai kecuali anak-anak ketek jo urang-urang nan lah gaek. La sudah baralek urang yang pai tadi baliak ak Kampuang Godang ciak lai 2 hari lo kan sampai ka rumah masiang-masiang. Lah lamo di pajalanan tibolah di rumah sodo mancaliak rumahnyo dak dolai de kampuangnyo lah tabonam kadalam tanah. Tu mako di agiah namonyo Kampuang Lului. Urang-urang nan tingga di rumah tadi lah jadi urang aluih di agia namo urang sibunian. Sampai kini urang sibunian tu masih ado manunggui Kampuang Godang tu lai nyia.http://warnetgadis.blogspot.com/



UNTUK VERSI LENGKAP (TULISAN + GAMBAR + EDIT + RAPI)
SILAHKAN DATANG KE WARNET GADIS.NET
SIMPANG SMPN 1 SITIUNG, DHARMASRAYA
08777-07-33330 / 0853-6527-3605 


0 Response to "Asal Mula Kampung Lului (Dharmasraya)"

Post a Comment