Warnet gadisnet

Warnet gadisnet
loading...

Asal Mula Nama Koto Padang (Dharmasraya)



Nagari Koto Padang, sebelum diberi nama Koto Padang, nama dahulunya adalah Pasak Malintang. Koto Padang berdiri pada tahun 1565 dan sekarang koto padang berumur 450 tahun. Datuk Tan Besar adalah orang yang punya wilayah Koto padang. Siapa saja yang lewat di Koto Padang, bisa dipastikan akan berhenti beristirahat di Koto Padang. Ada dua Datuk yang memimpin Koto Padang :
     1.    Datuk Gigiu, Datuk Gigiu adalah orang yang memegang suku melayu.
     2.    Datuk Sagau Jantau adalah Datuk yang memegang suku tigo nini.

Kedua Datuk itu berkelahi memperebutkan wilayah Koto Padang. Kata Datuk Gigiu dia yang pertama yang sampai dahulu, tapi kata Datuk Sagau jantan dia juga yang sampai dahulu. Maka terjadilah percakapan antara dua Datuk itu. Kata Datuk Gigiu kalau memang anda yang datang terlebih dahulu, apa yang anda rintis. Datuk Sagau Jantan pun menjawab, yang saya rintis adalah kayu pancung sedangkan Datuk Gigiu yang dia rintis adalah Puwau (semacam lingkuas)http://warnetgadis.blogspot.com/

Dan sampai saat ini masih ada peninggalan dari Datuk itu yaitu keris dan tombak. Kedua Datuk itu dimakamkan di lubuk kering. Jajahan Datuk itu sangat jauh sampai ke wilayah golek air sungai jernih dan disitulah dimakamkan kedua Datuk itu.
Sesudah itu dibuatlah Nagari Koto Padang yang mana nama pertamanya adalah Koto Lama dan Padang Kalimunting dan disingkat menjadi Koto Padang.


KOTO PADANG

            Nagoghi Koto Padang sabalum diagia namo Koto Padang, namo dahulunyo iyolah Pasak Malintang. Koto Padang tagak pada tahun 1565, dan kiniko Koto padang baumu 450 tahun. Datuak Tan Bosau iyolah urang yang punyo ulayat Koto Padang. Siapo sajo yang lalu di Koto Padang, buliah dipastikan akan bonti baistirahat di Koto Padang. Ado duo Datuak yang mamimpin Koto Padang :
     1.    Atuak Gigiu, Datuak Gigiu adolah urang yang mamagang suku malayu
     2.    Datuak Sagau Jantan adalah Datuak yang mamagang suku tigo nini

Kaduo Datuak itu bacokak, maobuik-an ulayat Koto Padang. Kato Datuak Gigiu inyo yang partamo nan sampai dulu, tapi kato Datuak Sagau Jantan inyo lo nan sampai dulu. Maka tajadilah pabincangan antaro duo Datuak itu. Kato Datuak Gigiu kalau iyo ang yang tibo dulu, apo yang ang rintis. Datuak Sagau Jantan manjawek yang ambo rintis adolah kayu pancuang dan Datuak Gigiu manjawek, sadangkan ambo marintis puwau (samacam lingkue)http://warnetgadis.blogspot.com/
Dan sampai kini ko masih ado paninggalan dari Datuak-Datuak itu yaitu koghi dan tombak.
Kaduo Datuak itu dikubunkan di Lubuak Koghiang. Jajahan Datuak itu sangat jauah, jajahannyo sampai ka ulayat golek ayiu koto balai. Dan disitu juo di kubunkan Datuak itu. Sasudah tu tabueklah Nagoghi Koto Padang yang mano namo partamo adolah Koto Lamo dan padang Kalimantiang dan disingkatlah manjadi Koto Padang.

UNTUK VERSI LENGKAP (TULISAN + GAMBAR + EDIT + RAPI)
SILAHKAN DATANG KE WARNET GADIS.NET
SIMPANG SMPN 1 SITIUNG, DHARMASRAYA
08777-07-33330 / 0853-6527-3605 

0 Response to "Asal Mula Nama Koto Padang (Dharmasraya)"

Post a Comment