Warnet gadisnet

Warnet gadisnet
loading...

Asal Mula Rawa Sibe (Dharmasraya)


                Pada dahulu kala, ada sebuah rawa yang bernama Rawa Bigau. Rawa ini bertempat di koto padang (Sungai Lomak). Menurut cerita dahulu bigau berarti tukang pengembala babi.http://warnetgadis.blogspot.com/
                Dinamakan Rawa Bigau berarti rawa tersebut tempat tinggalnya bigau (pengembala babi). Waktu dahulu rawa ini banyak dimanfaatkan oleh masyarakat koto padang untuk bercocok tanam. Rawa biguu juga tersebut dengan kesuburan tanahnya sehingga hasil panen masyarakat lebih bagus dari pada rawa yang lain .
                Menurut sejarahnya, pada saat dahulu masyarakat sungai duo ingin mendirikan mesjid tetapi kayu yang disediain tidak cukup untuk membangun sebuah mesjid.

Oleh karena itu masyarakat sungai duo bergotong-royong untuk mencari kayu dan tiang mesjid kerimba rumpun dendan. Untuk bisa sampai ke rimba rumpun dendan dan pulang kesungai ke sungai duo masyarakat melalui rawa Bigau.
                Setelah kayu dan tiang didapatkan oleh masyarakat sungai duo maka kayu dan tiang tersebut dibawa pulang oleh masyarakat kesungai duo.
Ditengah perjalanan saat melintasi rawa bigau ada seorang masyarakat sungai duo yang bernama Sibe terbenam saat melintasi rawa tersebut dikarenakan jatuh kelumpur yang sangat dalam.http://warnetgadis.blogspot.com/
Kawan-kawan Sibe sudah berusaha untuk menolong Sibe dari lumpur yang sangat dalam agar Sibe baik-baik saja namun apa boleh buat Sibe tidak tertolong karena dihisap oleh lumpur itu. Dan Sibe meninggal dunia dirawa Bigau tersebut.
Dari Sibe meninggal di rawa tersebut maka masyarakat mengganti nama rawa bigau menjadi rawa Sibe. Dan rawa ini juga memiliki keajaiban yang tersendiri yaitu airnya tidak mengalir kearah matahari terbit melainkan airnya mengalir kearah matahari terbenam.

UNTUK VERSI LENGKAP (TULISAN + GAMBAR + EDIT + RAPI)

SILAHKAN DATANG KE WARNET GADIS.NET
SIMPANG SMPN 1 SITIUNG, DHARMASRAYA
08777-07-33330 / 0853-6527-3605

0 Response to "Asal Mula Rawa Sibe (Dharmasraya)"

Post a Comment