Warnet gadisnet

Warnet gadisnet
loading...

Legenda Bukit Kanca Sumbar - Jambi



Pada zaman dahulu kala, disebuah desa di perbatasan antara desa Banjar Makmur dan Tanjung atau  PROVINSI SUMBAR dan JAMBI, terjadi sebuah peperangan antara penjajah-penjajah Indonesia dengan warga desa itu. Semua rumah dan tempat tinggal para penghuni desa tersebut  hancur karena ulah para penjajah tersebut. Sehingga, mereka tidak lagi memiliki tempat tinggal. http://warnetgadis.blogspot.com/
 Mereka berusaha mempertahankan desa dan keluarga mereka. Akhirnya, mereka mencari persembunyian yang tidak bisa ditemukan oleh para penjajah tersebut. Dibuatnya lubang yang menyerupai gua, dan dibawanya anak dan istri mereka bersembunyi didalam gua tersebut. Anak dan istri mereka membawa perbekalan untuk menanggung hidupnya selama didalam gua.
 Para suami itu meninggalkan anak dan istrinya untuk berperang.Agar gua tersebut tidak dapat ditemukan oleh para penjajah, Ditutupnya lubang gua tersebut dengan “kuali atau kanca” dan diberi tumpukan rumput. Oleh karena itu, tidak akan ada yang bisa menemukan dan membuka kuali atau kanca tersebut kecuali para suami mereka. 

Hari, minggu, bulan telah berlalu namun para suami tak ada yang kembali lagi ke persembunyian itu. Mereka yang berada dalam persembunyian itu mulai cemas, karena perbekalan yang mereka bawa pun telah habis. Mereka berusaha untuk membuka pintu yang berasal dari kanca tersebut untuk keluar mencari makanan. Namun tidak ada yang bisa membuka kanca tersebut.
Akhirnya, mereka terkurung didalam gua tersebut. Sehingga gua tersebut tertutup semak belukar dan menyerupai sebuah bukit. Bahkan sampai sekarang tidak ada yang tahu bagaimana nasib warga yang berada dalam persembunyian tersebut atau di lubang itu. Karena bukit itu mirip dengan kuali atau kanca, Orang-orang disekitarnya sekarang menyebut bukit tersebut “BUKIT KANCA”.  http://warnetgadis.blogspot.com/
Banyak sekali mitos dibalik bukit kanca tersebut. Konon, jika ada orang yang meninggal masih Gadis atau Bujang arwah mereka akan dibawa ke bukit tersebut oleh pengguni bukit. Tetapi cerita tersebut oleh warga sekitar hanya dianggapnya sebagai mitos belaka, yang tidak ada buktinya.
 Menurut orang-orang disekitarnya pun jika ada orang yang hendak mencari keberadaan bukit kanca tersebut tidak akan ada yang bisa kembali lagi.   
Yang sangat mengejutkan warga disekitar bukit tersebut  adalah pada hari Jum’at tengah hari sering terdengar orang memainkan music seperti orang pesta.kadang kala sekarang pun masih terdengar oleh orang dan ditempat tertentu


UNTUK VERSI LENGKAP (TULISAN + GAMBAR + EDIT + RAPI)

SILAHKAN DATANG KE WARNET GADIS.NET
SIMPANG SMPN 1 SITIUNG, DHARMASRAYA
08777-07-33330 / 0853-6527-3605 

0 Response to "Legenda Bukit Kanca Sumbar - Jambi"

Post a Comment