Warnet gadisnet

Warnet gadisnet
loading...

Deretan Senjata Canggih buatan PT. Pindad

PT. Pindad (Persero) telah mampu memproduksi produk militer (persenjataan militer) kelas dunia. Dengan mengadopsi berbagai teknologi dan ilmu dari Eropa dan NATO (North Atlantic Treaty Organization), perusahaan tersebut telah mampu memproduksi puluhan senapan tipe ringan hingga berat. Bahkan Pindad telah memiliki kemampuan memproduksi hingga 40.000 senjata dari berbagai tipe per tahunnya. Dari berbagai jenis senjata yang diproduksi, setidaknya ada produk senapan Pindad yang telah menjadi andalan.
Salah satunya adalah senapan serbu tipe SS2. Senapan ini, dirancang dengan konsep keandalan dan keakuratan yang bisa bersaing dengan senjata jenis M16 atau AK 47 buatan orang asing. Juga ada senapan sniper ala film Rambo, yang bisa menembak hingga jarak 2 km. Mau tahu apa saja senapan-senapan unggulan Pindad ? Simak rangkaian ulasan berikut ini.

Senapan Serbu SS1

SS1 merupakan senapan serbu yang mengadopsi dan mengikuti lisensi senapan FN FNC dari perusahaan senjata Fabrique Nationale (FN), Belgia. Senapan yang telah diproduksi sejak tahun 1988 ini sekarang telah banyak digunakan oleh berbagai kesatuan di TNI maupun Polri.
Bahkan jenis senjata ini telah diekspor ke mancanegara. Dengan 150 komponen dan mengadopsi teknologi Belgia, Pindad membantah senjata SS1 produksinya, mudah rusak. Pindad telah merancang dan mengembangkan SS1 sebanyak 6 varian. Varian SS1 tersebut, antara lain: SS1-V1, SS1-V2, SS1-V4, SS1-V5, SS1-M1, SS1-RM.

Senapan Serbu SS2http://www.warnetgadis.com/
Pindad telah memproduksi senapan serbu SS2 ini sejak tahun 2006. Kesatuan yang pertama kali menggunakan senjata hasil pengembangan SS1 ini adalah pasukan Kopassus TNI AD.

Senapan ini, dirancang dengan tingkat kehandalan dan keakuratan tinggi. Bahkan mampu bersaing dengan senapan serbu tipe M16 buatan Amerika Serikat atau AK47 buatan Rusia. Dijual mulai harga Rp 8 juta per unit, SS2 dirancang dalam 4 varian, yakni: SS2-V1, SS2-V2, SS2-V4, SS2-V5.

Senapan Sniper (SPR-2)
Pindad juga mampu memproduksi senapan untuk keperluan khusus seperti untuk pasukan penembak jitu atau sniper. Bahkan, senapan sniper tipe SPR-2, mampu menembak hingga jarak 2 KM. Senapan tipe ini, pernah muncul pada film Rambo. Selain SPR-2, pindad juga memproduksi senapan tipe SPR-1 dan SPR-2. Khusus senapan SPR-2 dan SPR-3, senjata ini telah digunakan oleh kesatuan elit TNI seperti Kopassus.


Lima fakta tentang tentang SPR-2.
Berikut ini lima fakta penting tentang senjata SPR-2 ini, yaitu  :
1.      Kurang dari 4 (empat) negara yang mampu membuatnya.
Jenis senjata ini hanya dapat dibuat oleh kurang dari 4 (empat) negara di dunia, Amerika dan beberapa negara Eropa saja yang dapat membuatnya. SPR-2 ini tergolong besar di kelasnya, memiliki amunisi dengan kaliber 12,7 mm, sedangkan senjata lainnya yang beredar di pasaran hanya memiliki kaliber 5,62 mm.

2. Memiliki jangkauan tembak hingga ribuan meter.
SPR ini mampu menembak tepat sasaran yang berada pada jarak 2 km (2.000 m), namun jarak efektifnya hanya sekitar 1 km (1.000 m). Pesaingnya dalam hal ini Sniper Black Arrow dan Truvellow memiliki jangkauan tembak yang jauh di bawah SPR-2 ini.

3. Amunisinya menembus, membakar dan meledak di dalam target.
Bilamana amunisi SPR-2 mengenai sasaran, maka akan memberikan tiga efek sekaligus, yaitu menembus, membakar serta meledak dalam waktu yang bersamaan.

4. Pelurunya mampu menembus kendaraan lapis baja.
Peluru SPR-2 ini merupakan jenis peluru yang andi material, artinya peluru jenis ini dapat menembus tank dan kendaraan lapis baja sekalipun. Jenis peluru inilah yang paling ditakuti oleh banyak negara.

5. Gemparkan dunia sniper Internasional.
PT. Pindad membuat jenis senjata ini sebanyak 150 pucuk untuk Kopassus, yang menggemparkan dunia adalah bagaimana jadinya jika produksinya melebihi 150 pucuk ?

Senapan Anti Teror PM2

PM2 merupakan senapan anti teror yang mengadopsi atau menyerupai senjata H&K MP5 kaliber 9mm. Senapan ini, biasa digunakan oleh pasukan anti teror SWAT asal Amerika Serikat (AS) atau Densus Anti Teror 88 Kepolisian Indonesia dan Kopassus TNI AD.

Dengan konsep, hand machine gun, pindad telah memproduksi senjata yang mampu menembak hingga jarak 75 meter. Pindad memproduksi senapan anti teror ini, sebanyak 2 jenis, yakni: tipe PM2-V1 Dan PM2-V2.
Meriam (senjata berat)
Pindad juga mampu memproduksi senjata kelas berat. Seperti Meriam tipe ME-105 mm Howitzer. Meriam ini mampu menembakkan amunisi hingga jarak 10,5 km. Selain senjata berat sekelas Howitzer, Pindad telah memproduksi 3 senjata penembak mortir keperluan operasi khusus. Seperti Mo-1 60 mm Commando, Mo-2 60mm LR dan Mo-3 81mm SB.
Deretan senjata canggih buatan PT. Pindad inilah yang membuat kita sebagai anak bangsa Indonesia boleh berbangga diri, setidaknya di masa depan bangsa Indonesia dapat menjadi sebuah bangsa yang diperhitungkan oleh bangsa-bangsa lain di dunia.

UNTUK VERSI LENGKAP (TULISAN + GAMBAR + EDIT + RAPI)
SILAHKAN DATANG KE WARNET GADIS.NET
SIMPANG SMPN 1 SITIUNG, DHARMASRAYA
08777-07-33330 / 0853-6527-3605 

0 Response to "Deretan Senjata Canggih buatan PT. Pindad"

Post a Comment