Warnet gadisnet

Warnet gadisnet
loading...
loading...

kenapa seorang guru harus memahami hakikat manusia dan hakikat pendidik

Proses pendidikan erat kaitannya dengan manusia. Subjek pendidikan adalah manusia. Oleh karena itu, pendidik harus memahami hakikat manusia agar proses pendidikan yang dilakukan menjadi terarah sesuai dengan tujuannya. Ada beberapa pengertian yang dapat dijadikan sebagai rujukan untuk menemukan hakikat manusia yang sebenarnya. Pengertian-pengertian tersebut didasarkan atas pandangan agama, secara filosofis, segi biologis, psikologi, ideologis, dan paedagogis.
            Pendidikan pada awalnya adalah upaya manusia untuk memperlakukan anak keturunan manusia secara instingtif untuk menjaga keberlangsungan hidupnya. Mendidik secara instingtif kemudian diikuti oleh upaya mendidik berdasarkan pikiran dan pengalaman manusia.
Sesuai dengan filsafat pendidikan, terdapat lima pandangan yang dominan, yaitu (1) perenialisme yang meyakini bahwa pengetahuan merupakan dasar pokok dari pendidikan, (2) esensialisme yang memandang fungsi sekolah sebagai lembaga penerus warisan budaya bangsa dan sejarah, (3) progresivisme yang menekankan pentingnya pemberian keterampilan dan alat kepada individu untuk berintegrasi dengan lingkungan yang selalu berubah, (4) rekonstruksionisme yang berpandangan bahwa dalam perkembangan teknologi yang cepat, pendidikan harus mampu melakukan rekonstruksi masyarakat dan membangun tatanan dunia baru selaras dengan perkembangan teknologi tersebut, (5) eksistensialisme yang menghormati martabat manusia sebagai individu yang unik dan memperlakukan individu yang unik sebagai pribadi.

Jelaskan bagaimana mengimplementasikan landasan pendidikan pada proses pendidikan anak usia dini
PAUD dan Pendidikan dasar merupakan landasan awal bagi pengembangan pendidikan selanjutnya. Sebagai landasan awal maka PAUD dan Pendidikan Dasar merupakan tingkatan pendidikan yang perlu mendapatkan perhatian yang lebih dibandingkan tingkatan pendidikan selanjutnya.

Pemerintah saat ini sudah menerapkan Wajib Belajar sembilan tahun untuk semua anak di Indonesia, dimana dengan wajib belajar tersebut semua anak Indonesia harus minimal harus meneruskan sekolah sampai dengan tingkat Sekolah Menengah Pertama.
Berdasarkan uraian diatas terlihat bahwa pendidikan anak usia dini dan pendidikan dasar di Indonesia sudah diperhatikan oleh pemerintah. Untuk memahami lebih lanjut mengenai pendidikan pada jenjang PAUD dan Pendidikan Dasar di Indonesia, penulis ingin menyusun sebuah makalah tentang Konsep PAUD dan Pendidikan Dasar.

Bagaimana perkembangan pendidikan anak usia dini pada saat ini
Pada masa sekarang ini, perkembangan PAUD sungguh luar biasa, ditandai dengan munculnya berbagai lembaga PAUD ini di berbagai daerah termasuk pedesaan. Meskipun sistem serta kurikulum di berbagai tempat berbeda, namun pengenalan mengenai betapa pentingnya PAUD ini sudah difahami oleh masyarakat.

0 Response to "kenapa seorang guru harus memahami hakikat manusia dan hakikat pendidik"

Post a Comment