Warnet gadisnet

Warnet gadisnet
loading...

Tugas SMK : Materi Robot 2

ROBOT

Kata robot diambil dari bahasa Ceko (Chech), yang memiliki arti pekerja (worker). Robot merupakan suatu perangkat mekanik yang mampu menjalankan tugas-tugas fisik, baik di bawah kendali dan pengawasan manusia, ataupun yang dijalankan dengan serangkaian program yang telah didefinisikan terlebih dahulu atau kecerdasan buatan (artificial intelligence). Ada banyak defenisi yang dikemukakan oleh para ahli mengenai robot. Beberapa ahli robotika berupaya memberikan beberapa defenisi, antara lain
(Gonzalez, 1987) :
a. Robot adalah sebuah manipulator yang dapat di program ulang untuk memindahkan tool, material, atau peralatan tertentu dengan berbagai program pergerakan untuk berbagai tugas dan juga mengendalikan serta mensinkronkan peralatan dengan pekerjaannya, oleh Robot Institute of America.
b. Robot adalah sebuah sistem mekanik yang mempunyai fungsi gerak analog untuk fungsi gerak organisme hidup, atau kombinasi dari banyak fungsi gerak dengan fungsi intelligent, oleh official Japanese. Industri robot dibangun dari tiga sistim dasar (Eugene, 1976):
1. Struktur mekanis, yaitu sambungan-sambungan mekanis (link) dan pasangan-pasangan (joint) yang memungkinkan untuk membuat berbagai variasi gerakan.
2. Sistem kendali, dapat berupa kendali tetap (fixed) ataupun servo, yang dimaksud dengan sistem kendali tetap yaitu suatu kendali robot yang pengaturan gerakannya mengikuti lintasan (path), sedangkan kendali servo yaitu suatu kendali robot yang pengaturan gerakannya dilakukan secara point to point (PTP) atau titik pertitik.
3. Unit penggerak (actuator), seperti hidrolik, fenumatik, elektrik ataupun kombinasi dari ketiganya, dengan atau tanpa sistim transmisi. Torsi (force) dan kecepatan yang tersedia pada suatu aktuator diperlukan untuk mengendalikan posisi dan kecepatan. Transmisi diperlukan untuk menggandakan torsi. Seperti diketahui menambah torsi dapat menurunkan kecepatan, dan meningkatkan inersia efektif pada sambungan. Untuk mengurangi berat suatu sistem robot maka aktuator tidak ditempatkan pada bagian yang digerakkan, tetapi pada sambungan yang sebelumnya. Ada beberapa jenis transmisi yang banyak dipakai, antara lain Belt, Cable, Chain dan roda gigi. Jika sebelumnya robot hanya dioperasikan di laboratorium ataupun dimanfaatkan untuk kepentingan industri, di negara-negara maju perkembangan robot mengalami peningkatan yang tajam, saat ini robot telah digunakan sebagai alat untuk membantu pekerjaan manusia. Seiring dengan berkembangnya teknologi, khususnya teknologi elektronik, peran robot menjadi semakin penting tidak saja dibidang sains, tapi juga di berbagai bidang lainnya, seperti di bidang kedokteran, pertanian, bahkan militer. Secara sadar atau tidak, saat ini robot telah masuk dalam kehidupan manusia sehari-hari dalam berbagai bentuk dan jenis. Ada jenis robot sederhana yang dirancang untuk melakukan kegiatan yang sederhana, mudah dan berulang-ulang, ataupun robot yang diciptakan khusus untuk melakukan sesuatu yang rumit, sehingga dapat berperilaku sangat kompleks dan secara otomatis dapat mengontrol dirinya sendiri sampai batas tertentu. Robot memiliki berbagai macam konstruksi. Diantaranya adalah:
1. Robot Mobile ( bergerak )
2. Robot Manipulator ( tangan )
3. Robot Humanoid
4. Flying Robot
5. Robot Berkaki
6. Robot jaringan
7. Robot Animalia

Gambar Rangkaian Robot Sederhana
Untuk rangkaiannya atau PCB-nya sudah pernah saya posting sebelumnya anda tinggal dilat artikelnya
Cara membuat robot avoider sederhana jadi anda bisa membuat pcbnya dengan mudah.

Berikut ini daftar komponen utamanya :
Triplek/acrylic ukuran 20x20 cm
Mobilan bekas 2 unit (dipotong as-nya) 1 robot butuh 2 mobilan
Relay 5 volt 8 pin 2 unit
Limit switch 2 unit
IC Regulator 7805 1 unit
Transistor TIP31 atau bisa pakai transistor lain 2 unit
Variabel resistor 2 unit
PCB Polos ukuran 8x5 cm
Speser/baut 4 unit
Header pin hitam
Resistor dan kapasitor
Kabel, timah, batere (bisa 3xAA) atau Lippo 7,4 V
 
Berikut ini gambar cara pembuatanya yang sudah tinggal rakit:
Bentuk body atau chasis robot yang sudah jadi
 

PCB dan Batere


Robot dengan PCB dan kabel yang sudah dipasang


Robot avoider sederhana tampak atas

Gimana gan mudahkan Cara Membuat Robot Sederhana Dari Barang Bekas Tanpa Program Untuk Pemula, ini bisa jadi mainan adik-adik kita untuk memperkenalkan dunia robotik sejak dini agar kelak mereka menjadi anak yg kreatif dan peka terhadap kemajuan IPTEK.



UNTUK VERSI LENGKAP (TULISAN + GAMBAR + EDIT + RAPI)
SILAHKAN DATANG KE WARNET GADIS.NET
SIMPANG SMPN 1 SITIUNG, DHARMASRAYA
08777-07-33330 / 0853-6527-3605 

0 Response to "Tugas SMK : Materi Robot 2"

Post a Comment