Warnet gadisnet

Warnet gadisnet
loading...

Karya Ilmiah Khasiat Daun Sirih Merah

ABSTRAK


            Karya ilmiah yang berjudul “Khasiat Daun Sirih Merah untuk Berbagai Macam Penyakit” ini bertujuan untuk memberikan informasi tentang banyaknya manfaat yang bisa didapat dari tumbuhan sirih merah ini, seperti sirih merah yang dapat digunakan sebagai obat diabetes dan obat jantung. Bukan hanya itu, masih banyak lagi manfaat yang ada pada sirih merah. Penelitian ini dilakukan pada tanggal 08 januari 2016 di Dharmasraya, Sumatera Barat. Hasil penelitian didapatkan bahwa banyak penyakit yang bisa berangsur sembuh karena mengkonsumsi Sun airih merah ini. Penulis berharap dengan adanya penelitian ini, pembaca dapat menerapkannya dan bisa memanfaatkan daun sirih merah sebagai alternative obat, tanpa menggunakan obat-obatan berbahan kimia.


KATA PENGANTAR

            SYUKUR Alhamdulillah penulis haturkan kehadirat Allah Swt, karena dengan rahmat dan karunia-Nya penulis dapat menyelesaikan Karya Ilmiah ini. “Alam Takambang Jadi Guru” itulah kata-kata yang memotivasi penulis untuk membuat karya ilmiah dengan judul “Khasiat Daun Sirih Merah untuk Berbagai Macam Penyakit”, karena sesungguhnya tak ada sesuatu yang sia-sia yang diciptakan Allah Swt dimuka bumi ini. Penulis telah banyak mendapatkan bantuan, bimbingan dan do’a dari berbagai pihak. Untuk itu penulis menyampaikan terima kasih terutama kepada :

1.      Orang tua yang memberi do’a dan dukungan
2.   Teman-teman dan semua pihak yang telah banyak membantu dan memberi dorongan serta motivasi selama penyusunan karya ilmiah ini.

Penulis karya ilmiah ini bertujuan untuk menyelesaikan tugas Bahasa Indonesia dan juga sebagai sarana mengembangkan dan menyumbangkan pikiran dalam bidang ilmu pengetahuan.http://www.warnetgadis.com/
Karya ilmiah ini tentunya belum sempurna. Tapi dengan mendapat dukungan dan dorongan dari banyak pihak membuat penulis bisa menyelesaiakn karya ilmiah ini. Semoga karya ilmiah ini bermanfaat.



Penulis

  
DAFTAR ISI

      Hal
ABSTRAK………………………………………………………………………………… i
KATA PENGANTAR…………………………………………………………………….. ii
DAFTAR ISI………………………………………………………………………………. iii
BAB I PENDAHULUAN………………………………………………………………….            1
1.1  Latar Belakang……………………………………………………………………… 1
1.2  Batasan Masalah………………………………………………………………….....  2
1.3  Rumusan masalah…………………………………………………………………… 2
1.4  Tujuan Penelitian……………………………………………………………………. 2
1.5  Manfaat Penelitian…………………………………………………………………...            2
1.6  Hipotesa…………………………………………………………………………….. 2
BAB II LANDASAN TEORI…………………………………………………………….. 3
2.1  Kajian Daun Sirih Merah……………………………………………………………  3
2.2  Jenis Tanaman Daun Sirih merah…………………………………………………...  3
2.3  Manfaat Tanaman Daun Sirih merah………………………………………………..  3
2.4  Kandungan Kimia pada Daun Sirih merah…………………………………………..            5
2.5  Kerangka Konseptual……………………………………………………………….. 6
BAB III METODE PENELITIAN…………………………………………………………           7
2.1  Metode Penelitian……………………………………………………………………            7
2.2  Waktu dan Tempat penelitian………………………………………………………..            7
2.3  Alat dan Bahan Penelitian…………………………………………………………..  7
2.4  Prosedur Penelitian………………………………………………………………….  7
BAB IV HASIL PENELITIAN…………………………………………………………..  10
BAB V PENUTUP………………………………………………………………………... 11
5.1  Kesimpulan …………………………………………………………………………  11
5.2  Saran………………………………………………………………………………..   11
DAFTAR PUSTAKA…………………………………………………………………….   12




BAB I
PENDAHULUAN


1.1  Latar Belakang
Daun Sirih Merah atau Tumbuhan Sirih merah sering di jadikan tanaman hias oleh sebagian Masyarakat indonesia, Namun tak jarang yang memanfaatkanya sebagai tanaman obat, hal ini karena terbukti Daun sirih mampu menyembuhkan berbagai macam penyakit, Nah oleh karena itu Pada Artikel kali ini saya mencoba untuk membagikan artikel tentang Khasiat Daun Sirih Merah untuk teman-teman semuanya, yang semoga saja nantinya bisa di jadikan Referseni teman-teman ketika ingin mencari Obat secara Tradisional.
Sirih Merah memiliki nama Latin Piper betle Var rubrum tanaman ini bisa di katakan juga sebagai tanaman Herbal karena sudah di Manfaatkan sejak Ribuan tahun silam oleh nenek moyang kita, bahkanketika masih di Zaman kerajaan tumbuhan ini sudah sangat populer untuk Kesehatan dan juga kecantikan tubuh manusia terutama Wanita.
Daun sirih merah dipercaya memiliki manfaat kesehatan yang lebih beragam. Karena beragamnya khasiat daun sirih merah menjadikan sirih merah naik daun dan banyak digemari. Jika kita lebih mengenal daun sirih hijau secara turun temurun yang dapat mengobati berbagai macam penyakit, maka kini tidak ada salahnya Anda mencoba daun sirih merah yang juga sangat berkhasiat.
Daun sirih merah atau yang memiliki nama latin Piper betle L. Var rubrum memang belum diketahui secara pasti asalnya dari mana. Namun demikian khasiat dan manfaat daun sirih sudah teruji secara klinis sehingga kini banyak dikembangkan berbagai macam penelitian lebih lanjut.
Ada banyak sekali tanaman yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh manusia, yang dapat ditemukan di sekitar kita. Salah satunya adalah manfaat sirih merah, adapun yang sering kita temukan adalah sirih yang berwarna hijau.
Kedua-duanya merupakan tanaman yang sangat bermanfaat bagi tubuh manusia, namun pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang khasiat dari sirih merah. Sirih merah yang memiliki nama latin piper betle L. Var rubrum ini memiliki banyak sekali manfaatnnya yang dapat digunakan sebagai obat-obatan untuk berbagai penyakit dalam tubuh.

Adapun khasiat sirih merah, salah satunya dapat mencegah anda dari serangan penyakit jantung. Untuk menggunakan pengobatan dengan menggunakan sirih merah, anda dapat menggunakannya dengan pengolahan sendiri. selain itu apa kegunaan sirih merah? oleh karena itu penulis mengangkat permasalahan ini dengan meneliti banyaknya “Khasiat Daun Sirih Merah untuk Berbagai Macam Penyakit” dan meningkatkan pengetahuan masyarakat tentang pemanfaatan daun sirih merah

1.2  Batasan Masalah
Batasan masalah dalam penelitian ini adalah :
1.      Khasiat dari daun sirih merah untuk pengobatan berbagai macam penyakit
2.     Meneliti berbagai macam unsure kimia yang bermanfaat pada daun sirih merah.

1.3  Rumusan Masalah
Masalah dalam penelitian ini adalah :
1.      Bagaimana pemanfaatan daun sirih merah sebagai obat-obatan alami untuk berbagai macam penyakit
2.      Apa saja unsure kimia yang terkandung dalam sirih merah

1.4  Tujuan Penelitian
Berdasarkan latar belakang dan rumusan masalah, penelitian ini bertujuan untuk :
1.      Menemukan alternative dalam penyembuhan berbagai macam penyakit
2.      Memberikan informasi kepada masyarakat bahwa daun sirih merah tidak hanya bisa digunakan sebagai tanaman hias tapi juga bisa digunakan sebagai obat-obatan alami.

1.5  Manfaat Penelitian
Manfaat dari penelitian ini adalah agar masyarakat dapat mengetahui alternative obat-obatan herbal alami dalam penyembuhan berbagai macam penyakit.

1.6  Hipotesa
Daun sirih yang direbus dan diminum secara rutin dapat mengobati berbagai macam penyakit, misalnya diabetes mellitus. Caranya dengan merebus daun sirih merah dan meminum hasil rebusan tersebut.


BAB II
LANDASAN TEORI

2.1  Pengertian Daun Sirih Merah (piper betle L. Var rubrum)
Tanaman sirih merah (piper betle L. Var rubrum) termasuk dalam family piperaceae, tumbuh merambat dengan bentuk daunmenyerupai hati dan bertangkai, yang tumbuh berselang-seling dari batangnya serta penampakan daun yang bewarna merah keperakan dan mengkilap, dalam sistematika tumbuhan, tanaman sirih merah di klasifikasikan kedalam :

·         Kingdom         : Plantae
·         Divisio             : Maqnoliophyta
·         Class                : Piperales
·         Family             : Piperaceae
·         Genus              : Piper
·         Spesies            : Piper Crocatum Ruiz dan Pav.

2.2  Jenis Tanaman
Ada beberapa jenis sirih yang bermanfaat selain sirih merah, yaitu :
1.      Sirih hitam
2.      Sierih wulung
3.      Sirih jalu
4.      Sirih bulu
5.      Sirih philipinw
6.      Sirih silver
7.      Sirih putih
8.      Sirih irian
9.      Sirih betik (sirih macan)

Serta berbagai macam jenis sirih dengan khasiat masing-masing.

2.3  Manfaat Tanaman
Ada 14 manfaat atau khasiat dari daun sirih merah :
1.      Mengatasi luka bakar : siapkan sejumput daun sirih merah dan cuci. Peras airnya dan kemudian berikan sedikit madu. Setelah itu tempelkan di tempat terjadinya luka bakar.

2.      Menghentikan mimisan : sediakan satu helai daun sirih merah yang masih muda, kemudian gulung. Setelah taruh dilubang hidung yang mengeluarkan darah.
3.      Mengatasi maag : ambil sejumlah daun sirih merah,cuci bersih. Setelah itu giling sampai halus dan lumurkan dengan sedikit air panas di perut. Ganti dua kali sehari.
4.      Mengatasi gatal-gatal : Ambil 20 helai daun siri merah, masak dengan air mendidih. Lalu gunakan untuk mandi saat masih hangat.
5.      Menghilangkan mata merah : ambil 5 atau 6 helai daun yang masih muda, masak dengan air panas, kemudian tunggu sampai air dingin, kemudian basuhkan ke mata yang sakit. Lakukan tiga kali sehari sampai mata sembuh.
6.      Mencegah gusi berdarah : Panaskan empat helai daun siri merah di dua gelas air. Setelah agak dingin gunakan untuk berkumur.
7.      Mencegah sariawan : Ambil 1-2 helai daun dan kemudian cuci. Kunyah sampai hancur dan kemudian buang saat sudah terasa cukup.
8.      Mengurangi Bau Mulut: Siapkan dua atau empat helai daun, cuci dan peras. Seduh dengan air panas lalu minum.
9.      Untuk Menobati batuk : Siapkan 15 helai daun sirih merah dan tiga gelas air. Cuci daun dan panaskan sampai tinggal seperempatnya. Kemudian minum dengan madu.
10.  Bronkitis : Masak tujuh helai daun sirih merah yang telah dicuci bersama gula di dua gelas air. Tunggu sampai tinggal menjadi satu gelas. Dan kemudian minum tiga gelas setiap hari.
11.  Mengurangi bau badan : Ambil lima helai daun dan masak di dua gelas air. Tunggu sampai menjadi satu gelas lalu minum di siang hari.
12.  Mengurangi jerawat : Ambil   tujuh sampai 10 helai daun, cuci dan haluskan. Seduh dengan dua gelas air panas. Gunakan airnya untuk membasuh wajah. Lakukan 2-4 kali setiap hari untuk mendapatkan hasil terbaik
13.  Mengatasi keputihan : Ambil dan seduh 10 helai daun sirih merah kemudian cuci dengan sekitar 3 litar air. Gunakan air rendamannya yang masih hangat untuk membersihkan vagina
14.  Menyembuhkan payudara bengkak karena memberi ASI : Ambil beberapa helai, cuci dan oleskan sedikit minyak kelapa. Setelah panaskan sebentar di atas api sampai daun kisut. Taruh dipayudara saat masih sedikit hangat
15.  Mengatasi diabetes : jemur daun sirih merah sampai kering, setelah itu rebus daun sirih yang sudah kering. Setelah itu seduh teh tersebut dan tambahkan madu sebagai pemanis

2.4  Kandungan Kimia pada Daun Sirih Merah
Sirih merah mengandung sejumlah senyawa aktif yaitu :
ü  flavonoid dan polevenolad:  yaitu zat yang bersifat antioksidan, antidiabetik, antikanker, antiseptik dan antiinflamasi. Sedangkan senyawa alkoloid mempunyai sifat antineoplastik yang juga ampuh menghambat pertumbuhan sel-sel kanker.
ü  Alkaloid: yaitu bahan organik yang mengandung nitrogen sebagai bagian dari sistem heterosiklik. sehingga sirih merah dapat digunakan untuk mengobati diabetes dan menurunkan hipertensi.
ü  Minyak atsiri, hidroksikavicol, kavicol, kavibetol, allylprokatekol, karvakrol, eugenol, pcymene, cineole, caryofelen, kadimen estragol, terpenena, dan fenil propada. Karvakrol bersifat desinfektan, antijamur, sehingga bisa digunakan sebagai obat antiseptik untuk menghilangkan baru pada mulut dan keputihan.
ü  Eugenol bisa mengurangi rasa sakit, dan tanin mengatasi sakit perut. Sirih merah banyak digunakan di klinik pengobatan herbal sebagai ramuan atau terapi bagi penderita yang tidak dapat disembuhkan dengan obat kimia. 

2.5  Kerangka Konseptual








 
BAB III
METODE PENELITIAN


5.3  Metode Penelitian
Karya tulis ini menggunakan metode penelitian ksperimen dan studi literature

5.4  Waktu dan Tempat Peneltiian
Peneltiian eksperimen ini dilakukan pada tanggal 21 Agustus 2015 sampai tanggal 23 Agustus 2015 di Dharmasraya, Provinsi Sumatera Barat

5.5  Alat dan Bahan Penelitian
Ø  Alat :
a.       Wadah             : sebagai alas tempat daun ketika dijemur
b.      Panci               : untuk merebus
Ø  Bahan :
a.       Daun sirih merah
b.      Madu               : sebagai penambah rasa manis
c.       Air                   : untuk mencuci dan merebus
d.      Api                  : untuk proses pemanasan

5.6  Prosedur Penelitian
Prosedur Pembuatan Daun Sirih Merah Sebagai Obat
1.      Proses Pencucian

2.      Proses penjemuran

3.      Proses Penggilingan

4.      Perebusan atau Penyeduhan

5.      Proses Penyaringan

6.      Proses Penambahan Madu

7.      Hasil



BAB IV
HASIL PENELITIAN


            Dari penelitian yang telah dilakukan, ternyata terbukti bahwa daun sirih merah memiliki banyak manfaat. Kandungan yang terdapat pada daun sirih merah pun juga memiliki beragam khasiat. Dengan adanya daun sirih merah, masyarakat tidak perlu lagi membeli atau mengkonsumsi obat-obatan yang berasal dari bahan-bahan kimia yang mahal dan tentunya memiliki efek jangka panjang dan tidak baik bagi tubuh. Karena jika kita mengkonsumsi obat-obatan kimia secara terus menerus maka besar kemungkinan zat kimia dalam obat-obatan tersebut menumpuk dan akan menimbulkan penyakit baru seperti kanker dan lain sebagainya.


BAB V
PENUTUP


5.1  Kesimpulan
Dari hasil penelitian yang telah dilakukan dapat diambil beberapa kesimpulan :
1.      Daun sirih merah dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit seperti diabetes.
2.      Pemanfaatan daun sirih merah sebagai obat herbal dapat mengurangi penggunaan obat-obatan kimia yang jauh lebih berbahaya.
3.      Penggunaan daun sirih merah sebagai obat lebih ekonomis dibandingkan jika kita harus membeli obat kimia di apotek yang harganya mahal.

5.2  Saran
Penulis memiliki saran kepada pembaca sebaiknya kita harus dapat memanfaatkan hasil alam yang sudah diciptakan oleh Allah Swt sedemikian rupa dengan cara mengolahnya menjadi bahan obat-obatan herbal yang jauh lebih sehat dan ekonomis dibandingkan obat-obatan kimia.


DAFTAR PUSTAKA


http://trik-tips-sehat.blogspot.com/2013/06/kandungan-manfaat-daun-sirih-merah.html

 

UNTUK VERSI SOFTCOPY (TULISAN + GAMBAR + EDIT + RAPI)
SILAHKAN DATANG KE WARNET GADIS.NET
SIMPANG SMPN 1 SITIUNG, DHARMASRAYA
08777-07-33330 / 0853-6527-3605 
HARGA BERSAHABAT

1 Response to "Karya Ilmiah Khasiat Daun Sirih Merah"

  1. Tiket Pesawat Murah Online, dapatkan segera di SELL TIKET Klik disini:
    selltiket.com
    Booking di SELLTIKET.COM aja!!!
    CEPAT,….TEPAT,….DAN HARGA TERJANGKAU!!!

    Ingin usaha menjadi agen tiket pesawat??
    Yang memiliki potensi penghasilan tanpa batas.
    Bergabung segera di agen.selltiket.com

    INFO LEBIH LANJUT HUBUNGI :
    No handphone : 085365566333
    PIN : D2E26405

    Segera Mendaftar Sebelum Terlambat. !!!

    ReplyDelete