Warnet gadisnet

Warnet gadisnet
loading...

Karya Ilmiah Pemanfataan Daun Pepaya

KATA PENGANTAR
           
            Puji syukur marilah kita haturkan kepada Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat dan karunianya sehingga kami dapat menyelesikan karya tulis ilmiah ini sesuai dengan yang kami harapkan. Karya ilmiah yang berjudul “Manfaat Daun Pepaya “ . Kami selaku penyusun sangat berterima kasih kepada Bapak kepala SMA 1 Sitiung beserta Bapak atau Ibu guru yang telah membimbing kami dan membantu dalam pembuatan karya ilmiah kami ini.
            Kami selaku penyusun menyadari bahwa masih begitu banyah kekurangan dalam penulisan, penyusunan serta pembahasan.Oleh karena itu kami berharap kritik dan saran yang membangun agar menjadi pelajaran, dan lebih baik berikutnya. Dan jika terdapat kekurangan kami mohon maaf.http://www.warnetgadis.com/

                                                                                                       Terima kasih.

Dharmasraya, 08 Januari 2016
           


DAFTAR ISI

KATA PENGANTAR............................................................................................................. i

BAB 1 PENDAHULUAN
A.     Latar Belakang.....................................................................................................  1
B.     Rumusan Masalah................................................................................................   1
C.     Tujuan Masalah....................................................................................................   1
BAB 2 PEMBAHASAN MASALAH
A.     1) Apa kandungan dalam daun pepaya yang dapat mengobati penyakit…    2
B.     2) Penyakit apa saja yang dapat diobati dengan menggunakan daun pepaya.            3
C.     3) Bagaimana cara mengolah dan mengonsumsi daun pepaya ………….     4                                                                                                                                   
BAB 3 PENUTUP
A.     Kesimpulan...........................................................................................................  5


DAFTAR PUTAKA.................................................................................................................            6





BAB 1
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
            Buah pepaya merupakan salah satu buah yang banyak mengandung serat. Selain buahnya, biji, daun, batang, dan akarnya sangat bermanafaat sebagai obat. Pepaya telah ditetapkan sebagai buah yang paling menyehatkan,buah pepaya selain bergizi dan menyehatkan,buah  pepaya juga dikenal sebagai buah yang murah harganya dan enak rasanya. Hal ini menjadi faktor untuk lebih memanfaatkan buah pepaya. Supaya ketersediaannya dapat dimanfaatkan secara maksimal dan tentunya untuk kehidupan manusia. Selain menyehatkan, tumbuhan pepaya sangat mudah kita jumpai.
            Para masyarakat menilai bahwa mengkonsumsi buah pepaya sangatlah praktis dan ekonomis. Mengkonsumsi buah pepaya baik untuk kesehatan kulit dan pencernaan. Dan juga tidak menimbulkan efek samping. Selain itu buah pepaya juga tidak kalah dengan buah impor. Akan tetapi pandangan masyarakat ini menilai bahwa daun pepaya hanya dapat di gunakan sebagai bahan sayur. Hal tersebutpun, banyak masyarakat yang kurang menyukai daun pepaya karena rasanya yang pahit. Oleh karena itu, penulis akan membahas tentang pemanfaatan daun pepaya dalam bentuk lain yang berfungsi untuk menghilangkan jerawat yaitu dalam bentuk masker.
           
           
1.2 Rumusan Masalah
Berdasarkan data – data yang penulis paparkan di atas dapat di rumuskan beberapa permasalahan, antara lain ;
1) Apa kandungan dalam daun pepaya yang dapat mengobati jerawat.
2) Mengetahui penyakit apa saja yang dapt diobati selain jerawat.
3) Bagaimana cara mengolah dan mengonsumsi daun pepaya.
1.3 Tujuan Penulisan
1) Mengetahui kandungan pepaya yang dapat digunakan sebagai obat.
2) Mengetahui penyakit-penyakit yang dapat diobati dengan buah pepaya.
3) Mengetahui cara pengolahan dan cara mengonsumsi buah pepaya


BAB 2
PEMBAHASAN
2.1 Tanaman Pepaya
        Pepaya merupakan tanaman buah berupa herba dari famili Caricaceae yang berasal dari Amerika Tengah dan Hindia Barat. Tanaman pepaya banyak ditanam orang, baik di daeah tropis maupun sub tropis. Di daerah-daerah basah dan kering atau di daerah-daerah dataran dan pegunungan.Biasanya pohon pepaya  tidak bercabang, tingginya 5-10 meter, daunnya menyirip lima dan tangkai yang panjang. Ada beberapa macam pepaya yaitu sebagai berikut :
1) Pepaya Jantan
       Pohon pepaya ini memiliki bunga majemuk yang bertangkai panjang dan bercabang-cabang. Bunga pertama terdapat pada pangkal tangkai. Ciri-ciri bunga jantan ialah putih, benang sari tersusun dengan sempurna.
2) Pepaya Betina
        Pepaya ini memiliki bunga majemuk artinya pada satu tangkai bunga terdapat beberapa bunga. Tangkai bunganya sangat pendek dan terdapat bunga betina kecil dan besar. Bunga yang besar akan menjadi buah. Memiliki bakal buah yang sempurna, tetapi tidak mempunyai benang sari, biasanya terus berbunga sepanjang tahun.
3) Pepaya Sempurna
Buah dan benang sari dapat melakukan penyerbukan sendiri maka dapat ditanam sendirian.
Terdapat 3 jenis pepaya sempurna, yaitu:
1. Berbenang sari 5 dan bakal buah bulat.
2. Berbenang sari 10 dan bakal buah lonjong.
3. Berbenang sari 2 - 10 dan bakal buah mengkerut.
Pepaya sempurna mempunyai 2 golongan:
1. Yang dapat berbunga dan berbuah sepanjang tahun.
2. Yang berbuah musiman.
Jenis pepaya yang banyak dikenal orang di Indonesia, yaitu:
1 Pepaya semangka, memiliki daging buah berwarna merah semangka, rasanya manis.
2) Pepaya burung, warna daging buah kuning, harum baunya dan rasanya manis-asam
Jenis Pepaya di Luar negeri :
1)PepayaBangkok
          Pepaya Bangkok diintroduksi dari Thailand. Permukaan buahnya tidak rata dan kulit luarnya relatif tipis, sehingga sulit dikupas. Kelebihannya, dagingnya manis dan berair. Buahnya berukuran besar.
2) Pepaya Solo
         Ini adalah pepaya kultivar hibrida unggul dari Hawaii. Buahnya kecil-kecil dan disukai oleh konsumen barat.
2.1.2 Daerah Penyebaran
         Di Indonesia tanaman pepaya tersebar dimana-mana bahkan telah menjadi tanaman perkarangan. Sentra penanaman buah pepaya di Indonesia adalah daerah Jawa barat (kabupaten Sukabumi), Jawa Timur (kabupaten Malang), Pasar Induk Kramat Jati DKI, Yogyakarta (Sleman), Lampung Tengah, Sulawesi Selatan (Toraja),Sulawesi Utara (Manado).
  1. Kandungan Pepaya
            Batang dan daun pada tumbuhan pepaya mengandung banyak , yang berpeluang dikembangkan sebagai antikanker. Manfaat getah pepaya untuk kesehatan adalah untuk mencegah tumor atau kanker.
           Buah pepaya juga mengandung senyawa karpain, alkaloid bercincin laktonat dengan tujuh kelompok rantai metilen. Dengan demikian, tak hanya tumor dan penyakit kulit yang disembuhkan, papain ternyata juga dapat menghambat kinerja beberapa mikroorganisme yang menggangu fungsi pencernaan, sehingga efektif untuk menekan penyebab tifus.
           Lebih dari 50 asam amino terkandung dalam getah pepaya. Kandungan tersebut bersatu padu menjadi bahan baku industri kosmetik untuk menghaluskan kulit, menguatkan jaringan agar lebih kenyal, dan menjaga gigi dari timbunan plak.
2.1.4 Manfaat Tanaman Pepaya
         Setiap bagian dari tumbuhan pepaya memiliki manfaat tersendiri. Bahkan, getah pepaya yang terdapat di seluruh bagian tanaman, mulai dari buah, daun, batang, sampai akarnya. Berikut ini adalah manfaat buah pepaya:
1. Sebagai Obat jerawat.
         Dengan membuatnya menjadi masker. Masker ini terbuat dari tumbukan daun yang sudah tua yang sebelumnya telah dikeringkan dan diberi 1 ½ sendok air.
2. Manfaat Memperlancar pencernaan
            Daun dari tumbuhan pepaya memiliki kandungan kimia senyawa karpain. Zat itu dapat membunuh mikroorganisme yang sering mengganggu fungsi pencernaan.
3. Menambah nafsu makan
             Manfaat daun pepaya untuk anak-anak yang sulit untuk makan, sari daun pepaya dapat meningkatkan nafsu makan untuk anak-anak.
4. Nyeri haid
             Wanita sering memanfaatkan daun pepaya untuk mengobati nyeri haid. Ramuan dari sari daun pepaya ditambahkan dengan asam jawa dan garam dapat digunakan sebagai obat nyeri haid.
5. Anti kanker
             Manfaat daun pepaya juga dapat mencegah kanker. Bukan hanya daunnya saja melainkan batang pepaya juga dapat digunakan. Karena keduanya memiliki getah putih seperti susu.
Daun pepaya Sebagai Obat jerawat.
Dengan membuatnya menjadi masker. Masker ini terbuat dari tumbukan daun
pepaya dan diberi 1 gelas air.
Cara penggunaan :
1.       Ambil potongan daun pepaya


2.       Ambil 1 gelas air



3.Tumbuk daun pepaya hingga halus



        Campurkan 1 gelas air




5. Daun pepaya siap dijadikan untuk masker obat jerrawat





BAB 3. PENUTUP

3.1 Kesimpulan
              Buah pepaya mengandung lebih banyak vitamin C daripada tanaman yang lainnya, sehingga dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Daun pepaya berkhasiat dalam menyembuhkan penyakit-penyakit seperti jerawat,nyeri haid,kanker dll. Dalam mengonsumsi daun pepaya sebagai obat, dapat diolah menjadi berbagai olahan makanan sehingga dapat dikonsumsi setiap hari. Pemakaian daun pepaya sebagai obat-obatan sudah banyak dilakukan oleh masyarakat dan telah terbukti khasiatnya.

5.2 Saran
             Penggunaan obat-obat herbal seperti daun  pepaya sebagai obat alternatif untuk menghindari efek samping yang berbahaya bagi kulit. Serta lebih menghemat biaya yang dibutuhkan. Gunakan sesuai dengan prosedur yang telah dibuat untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

DAFTAR PUSTAKA

AAK. 1975. Bertanam Pohon Buah-Buahan. Yogyakarta : Kanisius.
Tohir, Kaslan A. 1978. Bercocok Tanam Pohon Buah-Buahan. Jakarta : Pradnya
Paramita.
Suwarno. Pengaruh Cahaya dan Perlakuan Benih Terhadap Perkecambahan
Benih Pepaya. Dalam Buletin Agricultural Vol. XV No. 3
Suprapti, Lies. 2005. Aneka Olahan Pepaya Mentah. http://www.ristek.go.id. [diakses tanggal 20 Februari 2011]
http://www2.kompas.com/ver1/Kesehatan/0608/16/154236.html

UNTUK VERSI SOFTCOPY (TULISAN + GAMBAR + EDIT + RAPI)
SILAHKAN DATANG KE WARNET GADIS.NET
SIMPANG SMPN 1 SITIUNG, DHARMASRAYA
08777-07-33330 / 0853-6527-3605 
HARGA BERSAHABAT

0 Response to "Karya Ilmiah Pemanfataan Daun Pepaya"

Post a Comment