Warnet gadisnet

Warnet gadisnet
loading...

Laporan Pemeriksaan dan Penyetelan Rem Tromol

Cara Melepas Tromol ( Sistem Pengikat Pada Flens Roda )

·         Beri tanda pada tromol dan bagian pemusat pada flens roda, agar dapat dipasang kembali seperti posisi semula. Posisi pemasangan yang berlainan dapat menimbulkan tromol oleng, akibatnya mobil bergetar pada saat direm.
·         Lepas tuas rem tangan sehingga tromol dapat dilepas.
·         Jika berkarat, bersihkan bagian pemusat pada flens roda dengan kertas gosok dan beri oli untuk memudahkan pelepasan tromol.
·         Kalau tromol tidak dapat dilepas dengan tangan, tarik tromol dengan memakai sekrup pada lubang – lubang ulir yang tersedia untuk pelepasan. Putar sekrup ( biasanya M8 ) bergantian setiap satu putaran kedalam sampai tromol terlepas
Jika tidak ada lubang ulir untuk menarik tromol, pukul dengan palu baja pada sisi tromol, sampai tromol dapat dilepas. Kemungkinan lain, bila tromol macet keras : panaskan tromol dengan brander. Dengan demikian, tromol mengembang dan kendor dengan sendirinya.
Kalau tromol sudah kendor tetapi tidak dapat dilepas, sepatu rem harus distel lebih longgar. Pada tromol yang tua, kadang-kadang ada sisi karatan yang menghalangi pelepasannya.http://www.warnetgadis.com/

Cara Melepas Tromol ( Sistem Pengikat Pada Bantalan Roda )
·         Pada roda tanpa penggerak, tromol biasanya satu unit dengan naf roda. Untuk melepas tromol, bantalan roda harus dilepas dan distel lagi pada waktu pemasangan. 
·         Bantalan roda luar dilepas, kemudian tromol dapat dilepas.
·         Jagalah agar bantalan roda terhindar kotoran !
Pemeriksaan Fungsi Rem Tromol
·         Periksa apakah silinder rem macet. Lepas tromol hanya pada rem yang sedang diperiksa. Tromol roda-roda lain harus terpasang, agar torak – toraknya tidak tertekan keluar.
Minta tolong seseorang untuk menekan pedal rem. Torak – torak pada silinder rem yang diperiksa harus bergerak keluar pada waktu bersamaan dan dapat kembali dengan sendirinya ke posisi semula. Jika tidak, semua silinder rem pada aksel yang diperiksa harus diganti baru atau dioverhaul.
·         Periksa permukaan gesek pada tromol rem. Bila berwarna abu – abu sampai hitam, atau berkarat, nilai gesekannya kurang. Maka permukaan harus dibersihkan dengan kertas gosok, atau lebih baik dengan dibubut / digerinda.
·         Sisi luar permukaan gesek harus dibersihkan dari karat sebaik mungkin.
Pemeriksaan / Pembersihan Bagian – Bagian Rem Tromol
·         Bersihkan bagian – bagian rem dengan kuas atau sikat.
·         Dilarang menggunakan angin ! Pakai air sabun, jika kotor keras.
·         Periksa kondisi dan pemasangan bagian – bagian sepatu pengikat rem :
-          Kedudukan ujung sepatu
-          Kedudukan pegas
-          Pemasangan batang penghubung
-          Pengunci sepatu
-          Kedudukan pegas
-          Kedudukan ujung sepatu

·         Periksa tebal kanvas. Jika kurang dari 1,5 mm, atau keling kanvas sudah tercoret, kanvas harus diganti baru.
·         Periksa permukaan kanvas. Kalau permukaannya keras dan berkilat, nilai geseknya kurang. Kanvas harus digosok atau diganti baru agar tercapai efektifitas rem yang normal.
·         Permukaan kanvas yang kotor karena oli aksel atau cairan rem biasanya diganti baru.
·         Permukaan yang buram atau berkilat lemah menunjukkan kondisi kanvas yang normal. Tidak perlu digosok !
·         Periksa kebocoran pada sil poros aksel ( hanya pada aksel rigit dengan penggerak roda ). Kebocoran dapat dilihat pada piringan rem dan pada poros aksel yang basah karena oli. Sil yang bocor harus diganti baru.
·         Periksa kebocoran pada silinder rem. Jika ada, semua silinder rem pada aksel yang diperiksa harus dioverhaul atau diganti baru.
·         Untuk memeriksa kebocoran, lihat juga bagian dalam karet pelindung debu silinder rem.
·         Kontrol, apakah penyetel sepatu rem dapat diputar dengan ringan. Jika tidak, bersihkan dan beri pelumas.
Macam – macam sistem penyetel sepatu rem :
·         Mur penyetel pada ujung silinder rem.
·         Batang mur penyetel antara sepatu rem.
·         Eksenter penyetel pada setiap sepatu rem
·         Sebelum memasang tromol, beri sedikit vet pada pemusatnya, untuk mencegah karatan. Beri juga vet pada baut pengikat roda.
·         Pasang tromol kembali, sesuai dengan posisinya yang telah diberi tanda.
·         Pasang kembali roda. Momen pengerasan mur roda adalah 70 – 120 Nm untuk mobil sedan, Colt dan sebagainya. Untuk momen pengerasan yang tepat, lihat buku manual / data
·         Perhatikan kebersihan pekerjaan, khusus pada rem-rem depan. Kotoran seperti oli, vet dsb. Pada kanvas atau permukaan gesek tromol, mengakibatkab rem membanting.


Penyetelan Sepatu Rem
Pada sistem pengikatan tromol dengan flens, roda harus dipasang untuk mendapat hasil penyetelan yang baik. ( jika roda tidak terpasang, tromol tidak tertekan teratur pada flensnya ).
Penyetelan rem biasanya dapat dilakukan melalui lubang pada piringan rem. Lubang – lubang tersebut biasanya tertutup dengan karet. Juga ada mobil dengan lubang penyetel pada tromol ( mis. VW, Suzuki ). Pada sistem ini, roda harus terpasang dengan posisi lubang pelg pada lubang tromol. Penyetelan dapat dilakukan dengan obeng, tapi sering lebih sederhana dengan alat khusus atau obeng yang dibengkokkan sesuai dengan keperluan. Sebelum penyetelan, rem tangan harus dilepas. Penyetelan sepatu rem dilakukan seperti berikut :
·         Rapatkan sepatu rem sampai rem mencekam….
·         Kemudian, kendorkan rem sampai roda dapat berputar bebas. Untuk itu, mur penyetel harus diputar kembali 3 – 6 gigi.
Petunjuk
Suara gesekan selama roda diputar menunjukkan penyetelan yang terlalu rapat Akibatnya, rem menjadi panas.

UNTUK VERSI SOFTCOPY (TULISAN + GAMBAR + EDIT + RAPI)
SILAHKAN DATANG KE WARNET GADIS.NET
SIMPANG SMPN 1 SITIUNG, DHARMASRAYA
08777-07-33330 / 0853-6527-3605 
HARGA BERSAHABAT

0 Response to "Laporan Pemeriksaan dan Penyetelan Rem Tromol"

Post a Comment