Warnet gadisnet

Warnet gadisnet
loading...
loading...

Pidato Singkat - AMAR MA’RUF NAHI MUNKAR

                                  http://2.bp.blogspot.com/-BZo4P6_lLRw/UAENSbpEV9I/AAAAAAAAAQo/JTtI2p5nCVU/s1600/ASSALA%7E1.BMP
http://2.bp.blogspot.com/-H2ZO1riAHtg/TdTrrke1MOI/AAAAAAAAAbM/IyWgxywzH4o/s1600/ASSALAM.JPG
الْحَمْدُ ِللهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ 
وَالصَّلاَةُ وَالسَّلاَمُ عَلَى أَشْرَفِ اْلأَنْبِيَاءِ وَالْمُرْسَلِيْنَ وَعَلَى اَلِهِ وَصَحْبِهِ أَجْمَعِيْنَ أَمَّا بَعْدُ 

          Puji syukur marilah kita panjatkan kehadirat ilahi robbi atas karunia-Nya lah kita bisa berkumpul dan bertatap muka di kelas yang kita cintai ini. Dan tak lupa pula kita sampaikan  shalawat beriringkan salam kepada junjungan kita yakni Nabi Muhammad saw.yang telah membawa kita dari zaman kebodohan sampai pada zaman yang penuh dengan ilmu pengetahuan yang dapat kita rasakan pada saat ini.
 Yang saya hormati bapak kepala sekolah
Yang saya hormati ibuk dan bapak majelis guru
Yang saya hormati bapak Risnaldi dan seterusnya kepada Teman-teman yang dirahmati allah. Baiklah saya tidak akan memanjangkan kata muqodhimah langsung saja saya bacakan ceramah singkat saya yang berjudul AMAR MA’RUF NAHI MUNKAR
  Teman-teman yang diramati Allah.http://www.warnetgadis.com/

         Amar ma’ruf  (menyuruh kebaikan) dan nahi munkar ( mencegah kemungkaran)
Setiap Orang islam adalah bersaudara.oleh karena itu bila kita menjumpai kemungkaran di linkungan kita,maka hendaklah secepat mungkin untuk dihapus.karena menegakkan amar ma’ruf nahi munkar  itumenjadi kewajiban bagi setiap umat islam. Dan tidak menutup kemungkinan di zaman era globalisasi ini,banyak kemunkaran yang nampak jelas di lingkungan kita,baik di kota maupun di desa. Seperti hal nya minuman keras,pemkaian narkoba yang tidak asing lagi oleh kaum muda dan orang dewasa , dan juga pengedaran ekstasi, pergaulan bebas dan masih banyak lagi kemungkaran-kemungkaran lainnya. Dan apabila kita melanggar atau melalaikan amar ma’ruf nahi munkar ini niscaya akan terjadi kesesatan dan akan meratakan kekacauan sehinga timbulnya kesengsaraan di kehiduinpan masyarakat, baik secara lahir maupun batin. Dan pertengkaran dan permusuhan  pun akan muncul .Dan  seharusnya bagi orang yang memiliki kekuasaan ygb tinngi bisa mengubah kemungkaran itu dengan dikenakan sanksi akibat kemungkaran yang ia perbuat ,karna ia telah melanngar noma agama dan norma masyarakat.Kalau tidak mampu mengubah kemungkaran itu dengan tangan,maka ubalah dengan lisan,yaitu dengan memberikan nasehat* .Kalau tidak bisa merubah dengan lisan maka ubahlah dengan hati,yaitu dengan tidak menyukai perbuatan kemungakaran itu.
           MengENAI  pentingnya amar ma’ruf nahi mun kar, maka Nabi saw menjelaskan dalam sabda nya yg berbunyi :


Artinya: barang siapa yg melihat kemungkaran hendaklah ia mengubah nya dg tanganya,apabila tidak mampu,maka dengan lisannya,dan jika tidak mampu,maka dengan hatinya,yakni diam saja itulah iman yg paling paling lemah
                                                                             (HR.muslim)                                                                                                                                                                                                       
                       Amar ma’ruf nahi mungkar merupakan satu kewajiban bagi setiap orang islam yang tidak bisa tidak dikerjakan, karena itu merupakan perintah allah.
Kita juga harus ber amar ma’ruf kepada kerabat-kerabat kita dan kepada siapa saja yangkita kenal dengan cara lemah-lembut,sopan,santun,mengetahui waktu dan situasi yang tepat.
KENAPA kita harus ber amar ma’ruf ?
Karena amar ma’ruf adalah perintah allah dan rosul, maka dari itu kita harus mengerjakan amar ma’ruf.  Praktek amar ma’ruf itu bisa kita lakukan dengan cara kita menasehati keluarga,teman2 , misal nya jika ada teman yang tidak  sholat, maka kita harus menasehati dia tentang wajib sholat dan pahala bagi orang yang mengerjakan nya. Dan kalau ada teman kita ygbtidak pernah mengaji, maka kita berusaha untuk menasehati dan mengajaknya untuk ikut mengaji, sambil kita tunjukan besarnya pahala bagi orang yang mencari ilmu.
Sebenarnya amar ma’ruf itu tidak perlu menunggu sampai kita ahli agama dulu,  tapi apabila kita  memang mempunyai ilmu agama, maka jangan menunggu-nungu untuk bisa membagi ilmu kita dengan org lain.
Bayangkan saja jika kita bisa mengajak teman kita untuk sholat dan mengaji,maka setiap dia sholat dan mengaji , maka kita ikut dapat mendapatkan pahala,tanpa mengurangi pahala mereka sendiri tapi dalam menyampaikan amar ma’ruf itu kita tidak boleh dngan emosi, atau berkata kasar. Dan seorang muslim bukanlah semata-mata baik pada dirinya saja ,dan mau memperdulikan kerusakan yang terjadi di masyarakat, dan org yg soleh dan mau mengajarkan amar ma’ruf itu harus mau memaafkan kesalahan orang lain. Dan bagi masyarakat yang tidak mau menerima masukan atau pelajaran ttg amar ma’ruf itu dan hanya melakukan nahi munkar maka allah akan mencabut cahaya ilmu dari hati sanubari mereka,sesungguhnya allah swt telah menyerukan agar mengerjakan yang ma’ruf dan meninggalkan kemunkaran.
Yang demikian itu adalah selemah-lemahnya iman yang dimaksud disini bukanlah bahwa orang yang lemah itu jika mengingkari dengan hati nya berarti keimanan nya lebih lemah dari keimanan orang lain. Akan tetapi yang dimaksud adalah bahwa hal itu merupakan serendah-rendah nya keimanan. Karena yang nama nya amal perbuatan yang nyata itu merupakan  buah iman, buah yang tertinggi dalam persoalan nahi munkar adalah mencegah dengan menggunakan tangannya. Jika ia sampai mati terbunuh maka ia berarti mati mati syahid.
      Rasulullah saw bersabda:
“barang siapa diantara kalian melihat suatu perbuatan munkar lalu ubalah dengan tangannya,maka ia sudah terbebas dari kesalahan,dan barang siapa yang tidak sanggup untuk mengubah dengan tangannya maka ubalah dengan lisannya,maka ia telah terbebas dari kesalahan,dan barang siapa yang tidak bisa mengubah dengan lisannya maka ubalah dengan hatinya maka ia sudah terbebas dari kesalahan.dan yang terakhir adalah tingkatan iman yang terlemah”
  Dan kita wajib menyampaikan itu walaupunn kepada orang kafir yang jelas akan diazab oleh allah dan akan disiksa di dalam neraka, karena apabila kita tidak memberi nasehat kepada mereka , kita akan disalahkan oleh allah karna mengapa kita tidak menasehati apa yang dia kerjakan itu, apakah yang telah ia kerjakan itu benar atau salah.dan tentulah orang yang menasehati orang lain tersebut telah mengerjakan hal-hal yang benar.dan orang yang paling tinngi kedudukannya disisi allah ialah orang yang paling seering menasehati temannya.
Dan dalam mengerjakan amar ma’ruf ini tidak mengenal perbedaan anatara satu dengan yang lain karena amar ma’ruf ini berfungsi sebagai  pilar kesatuan bagi setiap umat,karena amar ma’ruf nahi munkar mempunyai cakupan umat yg sangat banyak yang terdiri dari berbagai perbedaan, tapi amar ma’ruf tidak mengenal perbedaan tersebut.
         Rasulullah bersabda: “orang yang paling tinggi kedudukannnya disisi allah pada hari kiamat ialah orang yang paling banyak berkeliling di muka bumi dengan nasehat kepada sesama manusia(makluk allah) “
Dan ibnu qudama al-maqdisi rahimahullah mengatakan:
“ ketahuilah bahwa amar ma’ruf nahi mnkar merupakan poros agama yang paling agung dalam agama. Ia merupakan tugas penting yang karenanya allah mengutus para nabi, andaikan tugas ini dilalaikan maka akan muncul kerusakan dan bumi akan hancur.”
PENTINGNYA AMAR MA’RUF NAHI MUNKAR :
1.perintah dan larangan adalah dua tugas agung yang diberikan pada umat islam,dan melalui kedua tugas ini terangkatlah derajat manusia.
2. islam adalah satu paket yang saling keterkaitan , tidak hanya mereka menjalani ibadah sholat dan berbuat kebaikan,zakat,zikir tetapi ada kewajiaban untuk beramar ma’ruf nahi munkar maka mereka akan mendapat rahmat dari allah,termasuk golongan orang sholeh,golonganyang beruntung.
3. allah menybut orang yang sholat ,menunaikan zkat dan menyuruh berbuat kebaikan dan mencegah kemunkaran sebagai penolong agamanya dan salah satu sebab datang nya pertolongan dan sumber kekuatan
4. begitu penting nya amar ma’ruf dan anhi munkar ini sehingga rasulullah saw sendiri memasukan nya sebagai definisi islam.
Allah swt berfirman yang menyebutkan:
“menyuruh kepada yang ma’ruf dan beriman kepada allah.”
Dan allah menjadikan mereka sebaik-baiknya umat bagi manusia karena mereka selalu menjalakan kebajikan dan mencegah kemunkaran dan bagi merka yang memerangiorang kafir masuk islam,sehinga keberadaan mereka dirasakan manfaat nya oleh selain mereka.
Sebagaimana dalam sabda rasulullah saw:
”sebaik-baik nya manusia adalah yang dapat bermanfaat bagi orang lain”
Adapun menurut riwayat ibnu abbas:
“Radhiyallahu anhu dan sejumlah tabi’in adalah umat yang paling baik dan paling berguna bagi umat lainya. “
Oleh karena itu allah berfirman: “Kamu menyuruh kepada yang ma’ruf dan mencegah dari yang mungkar dan beriman kepada allah.”
Kaum laki-laki dan perempuan, sebagian meeraka menjadi penolong bagi sebagian yang lain
Mereka mengajak berbuat kebajikan dan mencegah kemunkaran . mereka itulah orang-orang yang akan mendapat rahmat dari allah dan rasul.
“Islam itu terdiri dari delapan bagian ,islam satu bagian,sholat satu bagian,zakat satu bagiandan amar ma’ruf satu bagian, nahi munkar satu bagian  dan jihad satu bagian, celaka bagi orang-orang yang tidak mempunyai bagian  “ (HR.Abu ya’la)
Al-hakim meriwayatkan dari rasulullah saw, ia bersabda:
”islam itu menyembah allah dan tidak mempersekutukan-Nya dengan sesuatu, mendirikan sholat, membayar zakat,puasa di bulan ramadhan dan haji, amar ma’ruf nahi munkar  dan mengucapkan salam pada keluargamu, barang siapa yang mengurangi sesuatu dari semua itu ,maka ia telah meninggalkannya, mak a ia telah membelakangkan islam di punggunya.”
       Kata ma’ruf mencangkup semua yang dituntut dan diperbolehkan oleh syariat islam,baik berupa kewajiban(fardhu), sunnah, atau mubah. Sedangkan kata munkar mencangkup semua yang tidak diperbolehkan oleh syariat atau yang diperintahkan oleh allah untuk dihindari dan disingkarkan, termasuk hal-hal yang haram dan makruh.
Dan apabila kita memilih pemimpin yang menurut kita dia adlah pemimpin yang terbaik, tapi apabila dia salah kita berhak untuk memperingati atau mengingatkan dia. Misalnya dalam sholat, kita telah memilih imam(pemimpin)  yang paling alim dan sholeh misalnya yang menjadi imam itu adalah ulama yang paling alim tapi  kita wajib untuk mengingatkan imam jika salah atau lupa dalam sholat. Bahkan nabi menyatakan jihad yang paling utama adalah menyampaikan kebenaran di depan penguasa yang zalim dan kejam meski dia harus menanggung resiko hukuman yang amat berat.
 Dan hati-hatilah kalian dengan kehidupan di dunia, janganlah kamu terpedaya  dengan semua kenikmatan dan kesenangan dunia dan jangan lah kamu tertipu dengan banyak nya harta dan kelapangan hidup dan keindahan dunia sehingga kamu hanya  berbuat kemungkaran diatas dunia. Dan lupa untuk berbuat kebajikan untuk bekal  di akhirat nanti, maka dari itu jauhilah perbuatan-perbuatan munkar sekiranya perbuatan munkar itu hanya akan merugikan hidup kita, baik di dunia maupun di akhirat.
       Mungkin Cuma ini yang dapat saya sampaikan , apabila ada kesalahan dan tutur kata yang kurang berkenan di hati teman-teman semua  baik yang disengaja maupun yang tidak disengaja saya mohon maaf sebesar-besarnya ,dan  saya akhiri dengan waabillahi taufik walhidayah


 http://rismaraja.files.wordpress.com/2014/07/wassalamualaikum.jpg

0 Response to "Pidato Singkat - AMAR MA’RUF NAHI MUNKAR"

Post a Comment