Warnet gadisnet

Warnet gadisnet
loading...

Kedudukan Ilmu Kimia di antara Ilmu-Ilmu lainnya

lmu kimia disebut juga central science, karena peranannya yang sangat penting di antara ilmu pengetahuan lainnya. Tidak ada bidang ilmu pengeathuan alam yang tidak bergantung pada ilmu kimia. Perkembangan bidang kedokteran, farmasi, geologi, pertanian, dan sebagainya, semuanya akan jalan di tempat tanpa kemajuan yang dicapai dalam ilmu kimia. Begitu juga dalam ilmu pendidikan, kimia berperan central. Dalam pelajaran biologi, geologi, dan fisika, kita akan menemukan topik yang menyangkut ilmu kimia. 
Sehubungan dengan itu, pengetahuan kimia diperlukan dalam berbagai profesi, seperti dalam industri sebagai pengendali mutu, peneliti lingkungan untuk memcahkan permasalahan pencemaran, analisi di laboratorium kesehatan, analisis dalam kepolisian untuk memecahkan berbagai kasus, dan tidak kalah pentingnya, sebagai guru atau dosen kimia. Selain berguna bagi ilmu lain, sebaliknya ilmu kimia juga memerlukan ilmu lain seperti matematika, fisika, dan biologi. Batas antara kimia dan fisika sangat tipis. Kita akan menemukan berbagai topik yang dibahas di dalam kimia juga dalam fisika. 

Siapa Saja yang Perlu Melek Kimia? Dewasa ini, kehidupan kita sehari-hari semakin dibanjiri dengan bahan kimia, jadi, bukan hanya orang yang bekerja di laboratorium kimia saja yang berhadapan dengan bahan kimia, tetapi semuanya, termasuk anak-anak dan ibu rumah tangga. Bahan kimia itu sendiri sebenarnya tidak perlu ditakuti, tetapi haruslah ditangani secara tepat. Oleh karena itu, semua orang hendaknya melek kimia. Dengan memahami sifat-sifat bahan kimia berbahaya, kita dapat terhindar dari kerugian yang mungkin terjadi.

Manfaat Belajar Ilmu Kimia bagi Kehidupan

1. Untuk mengetahui manfaat dan bahayanya bahan kimia.
Banyak orang mengatakan, kimia itu berbahaya. Padahal, kalau kita tilik dari kehidupan kita sehari-hari, apa yang kita makan, apa yang kita pakai, bahkan ketika kita bernafas saja, yang kita hirup dan keluarkan setiap harinya adalah senyawa-senyawa kimia. Meski ada juga bahan kimia yang bersifat berbahaya. Oleh karena itu, kita perlu mengetahui, manfaat dan bahanya bahan kimia, sehingga kita bisa memanfaatkan dengan maksimal dan menghindari yang berbahaya.

2. Memahami  lebih baikalam sekitar dan berbagai proses yang berlangsung didalamnya.
Materi dapat berubah secara fisis dan kimia. Dengan belajar kimia Dengan belajar ilmu kimia, kita dapat mengubah bahan alam menjadi produk yang lebih berguna utnuk memenuhi kebutuhan hidup manusia, dan kita dapat mengerti kebutuhan hidup manusia, dan kita dapat mengerti barbagai gejala alam yang kita jumpai dalamkehidupan kita setiap hari, misalnya, pencernaan dan pembakaran zat zat makanan dalam tubuh.Makanan berasal dari tumbuh tumbuhan. Tumbuh tumbuhan berassimilasi dengan proses kimia.Tubuh kita membutuhkan karbohidart, protein, lemak, vitamin, yang keseluruhannya merupakan proses kimia sehingga dapat menghasilkan gas karbondioksida, air dan energi.
Dalam kehidupan ini, kita membutuhkan sabun, pasta gigi, tekstil, kosmetik, plastik,obat-obatan, pupuk, pestisida, bahan bakar, cat, bumbu masak, alat-alat rumahtangga, bahkan berbagai jenis makanan olahan, yang semuanya merupakan hasil daripenerapan ilmu kimia.Hampir semua bahan keperluan kita, sedikit banyak, baik langsung atau tidak langsungmengalami sentuhan kimia.

Pengertian ilmu Kimia
Ilmu kimia adalah ilmu yang mempelajari tentang peristiwa atau fenomena yang terjadi dialam, lebih spesifiknya lagi mempelajari tentang materi dan perubahan yang menyertainya.
Ilmu kimia seringkali dikatakan sebagai central sain karena pada disiplin ilmu apapun selalu berkaitan dengan kimia. Seorang ahli yang melakukan eksperimen tentang kimia dikatakan sebagai ilmuwan, dimana ilmuwan tersebut melakukan peneletian tentang perubahan materi dan perubahan yang menyertainya.

Kimia dalam kehidupan kita
Kimia dalam kehidupan sehari - hari ada dimana-mana, semua yang anda rasakan, anda cium, anda cicipi adalah kimia. Ketika kamu menangis terjadi reaksi kimia, ketika kamu laper terjadi reaksi kimia, sehingga mempelajari kimia sangat penting untuk mengetahui sebenarnya apa yang terjadi didunia ini.
Kebanyakan orang salah paham dengan kimia, hal ini perlu diluruskan ( Baca: Jangan salah paham dengan kimia). Mereka menggap bahwa kimia hanya ada di labor, kimia hanya ada pada makanan berhaya. Padahal para ahli meyakini bahwa segala sesuatu di Alam ini adalah kimia.

Cabang Ilmu kimia
Ilmu kimia memiliki banyak cabang-cabang ilmu diantaranya adalah ilmu kimia analitik, ilmu kimia organik, ilmu kimia anorganik, ilmu biokimia, dan kimia nuklir.
  1. Kimia analitik adalah analisis cuplikan bahan untuk memperoleh pemahaman tentang susunan kimia dan strukturnya. Kimia analitik melibatkan metode eksperimen standar dalam kimia. Metode-metode ini dapat digunakan dalam semua subdisiplin lain dari kimia, kecuali untuk kimia teori murni.
  2. Kimia organik mengkaji struktur, sifat, komposisi, mekanisme, dan reaksi senyawa organik. Suatu senyawa organik didefinisikan sebagai segala senyawa yang berdasarkan rantai karbon.
  3. Kimia anorganik mengkaji sifat-sifat dan reaksi senyawa anorganik. Perbedaan antara bidang organik dan anorganik tidaklah mutlak dan banyak terdapat tumpang tindih, khususnya dalam bidang kimia organologam.
  4. Biokimia mempelajari senyawa kimia, reaksi kimia, dan interaksi kimia yang terjadi dalam organisme hidup. Biokimia dan kimia organik berhubungan sangat erat, seperti dalam kimia medisinal atau neurokimia. Biokimia juga berhubungan dengan biologi molekular, fisiologi, dan genetika.
  5. Kimia nuklir mengkaji bagaimana partikel subatom bergabung dan membentuk inti. Transmutasi modern adalah bagian terbesar dari kimia nuklir dan tabel nuklida merupakan hasil sekaligus perangkat untuk bidang ini

0 Response to "Kedudukan Ilmu Kimia di antara Ilmu-Ilmu lainnya"

Post a Comment