Warnet gadisnet

Warnet gadisnet
loading...
loading...

Makalah Observasi Tanaman Sereh (Serai) Lengkap

KATA PENGANTAR

            Puji syukur kami haturkan ke hadirat Allah SWT, karena dengan pertolonganNya kami dapat menyelesaiakan makalah yang berjudul `Observasi Tanaman Sereh”. Meskipun banyak rintangan dan hambatan yang kami alami dalam proses pengerjaannya, tapi kami berhasil menyelesaikannya dengan baik.
Tak lupa kami mengucapkan terimakasih kepada Bapak Aguswandi, S.Pd selaku guru mata pelajaran Bahasa Indonesia yang telah membantu kami dalam mengerjakan makalah ini. Kami juga mengucapkan terimakasih kepada teman-teman yang juga sudah memberi saran, baik langsung maupun tidak langsung dalam pembuatan makalah ini.
Saya berharap semoga makalah ini dapat menjadi sesuatu yang berguna bagi kita bersama. Makalah ini mungkin masih jauh dari kata sempurna, oleh karena itu kami minta kritik dan saran yang bisa menyempurnakan makalah ini kedepannya. Semoga makalah yang saya buat ini dapat membuat kita mencapai kehidupan yang lebih baik lagi.
Terima kasih

Penulis



DAFTAR ISI


KATA PENGANTAR..............................................................................................      i
DAFTAR ISI.............................................................................................................      ii
BAB I PENDAHULUAN.........................................................................................      1
1.1 Latar Belakang............................................................................................      1
1.2 Rumusan Masalah.......................................................................................      1
1.3 Tujuan Penulisan.........................................................................................      1
BAB II PEMBAHASAN..........................................................................................      2
2.1 Pengertian Tanaman Sereh.........................................................................      2
2.2 Zat yang Terkandung dalam Tanaman Sereh.............................................      3
2.3 Manfaat Tanaman Sereh.............................................................................      4
BAB III PENUTUP..................................................................................................      11
3.1 Kesimpulan.................................................................................................      11
3.2 Saran...........................................................................................................      11
DAFTAR PUSTAKA...............................................................................................      12


BAB I
PENDAHULUAN


1.1  Latar Belakang
Indonesia dikenal sangat kaya akan berbagai jenis tanaman yang berkhasiat sebagai obat. Mulai dari tanaman semak belukar hingga tanaman tinggi-tinggi. Banyak penyakit yang dapat disembuhkan dengan memanfaatkan tanaman tersebut. Salah satu tanaman tersebut adalah sereh yang tumbuh sebagai tanaman semak belukar.
Sebagian besar masyarakat Indonesia memanfaatkan tanaman sereh sebagai bumbu dapur. Belum banyak dari mereka yang mengethui bahwa tanaman sereh ini berkhasiat sebagai obat untuk berbagai macam penyakit. Umumnya dari mereka hanya pergi ke dokter untuk menurunkan berobat.
Tanaman sereh ini  mudah ditemukan disekitar lingkungan, tanaman ini juga tidak mengandung bahan-bahan kimia yang dapat membahayakan tubuh. Dengan memanfaatkan tanaman sereh ini maka tidak perlu lagi mengeluarkan banyak biaya untuk mengobati berbagai macam penyakit.

1.2  Rumusan Masalah
1)      Pengertian Tumbuhan Sereh ?
2)      Apa saja zat-zat yang terkandung dalam tanaman sereh ?
3)      Manfaat Sereh dalam kehidupan Sehari-hari ?
1.3  Tujuan Penulisan
1)      Mengetahui Pengertian Tumbuhan Sereh
2)      Menjelaskan zat-zat yang terkandung dalam tanaman sereh
3)      Memahami Manfaat Sereh dalam kehidupan Sehari-hari


BAB II
PEMBAHASAN

2.1  Pengertian Tanaman Sereh
Sereh merupakan tanaman semak berupa herba yang berasal dari daerah beriklim tropis. Sereh ini sering digunakan dalam bumbu dalam berbagai masakan karena memiliki aroma yang sedap dan juga berbau seperti lemon tanaman sereh ini disebut dengan herba lemon.
Hampir disetiap tempat dapat dengan mudah ditemukan tanaman sereh. Di Indonesia tanaman sereh ini dikenal dengan berbagai nama. Di Jawa Tengah, Sunda, Madura disebut dengan Sere. Di Sumba disebut dengan kendong witu dan di Makasar disebut dengan Sare.

Klasifikasi Tanaman Sereh
Kingdom               : Plantae
Divisi                    : Spermatophyta
Sub Divisi             : Angiospermae
Kelas                     : Monocotyledonae
Ordo                      : Poales
Famili                    : Graminae/Poaceae
Genus                    : Cymbopogon
Species                  : Cympogon nardus
Karakteristik tanaman sereh ialah tanaman rumput tahunan dengan akar serabut. Tanaman sereh ini dapat mencapai tinggi 50-100 bm dengan batang tidak berkayu.
Ciri-ciri tanaman sereh :
a.    Berdaun tunggal
b.   Berpelepah
c.    Ujung daun runcing
d.   Panjang daun 20-75 cm
e.    Lebar daun 5-15 Cm
f.     Bertulang daun sejajar
g.   Pangkal pelepah memeluk batang
h.   Tepi daun rata

2.2  Zat yang Terkandung dalam Tanaman Sereh

Tidak banyak yang tahu, bahwa serai mengandung vitamin dan mineral yang baik untuk tubuh, seperti vitamin A, B, C, asam folat, seng, magnesium, tembaga, zat besi, fosfor, kalium, kalsium, serta mangan.
Sereh juga mengandung  minyak atsiri yang terdiri dari sitrat, sitronelol, a-pinen, kamfen, sabinen, mirsen, felandren beta, p-simen, limonen, cis-osimen, terpinol, sitronelal, borneol, terpinen -4-ol, a-terpineol, geraniol, farnesol, metilheptenon, n-desialdehida, dipenten, metil heptanenon, bornilasetat, geranilformat, terpinil astet, sitronil asetat, geranil asetat, beta-elemen, beta-kariofilen, beta-bergamoten, trans-metilsoeugenol, beta-kadinen, elemol, kariofilen oksida. Senyawa lain adalah geranial, geranil butirat, lomonen, eugenol dan metileugenol.

2.3  Manfaat Tanaman Sereh

Serai mengandung antioksidan flavonoid, dan senyawa fenolik seperti luteolin, glikosida, quercetin, kaempferol, elimicin, catecol, asam klorogenat, asam caffeic yang berkhasiat obat. Senyawa utama dalam serai adalah lemonal atau citral, yang memiliki sifat anti-jamur dan anti-mikroba, serta menyediakan bau lemon yang berbeda-beda.
1)      Kolesterol sehat:
Sereh memiliki sifat anti-hiperlipidemia dan hiperkolesterolemia , yaitu mendukung kadar kolesterol yang sehat. Penelitian menunjukkan bahwa konsumsi sereh secara rutin memberikan hasil signifikan dalam mempertahankan tingkat sehat trigliserida dan mengurangi kolesterol LDL dalam tubuh. Ini akan membantu mencegah akumulasi lipid dalam pembuluh darah,  dan meningkatkan aliran darah yang terhalang di arteri sehingga mencegah aterosklerosis dan berbagai gangguan jantung.
2)      Detoksifikasi:
Sereh dapat membantu membersihan racun berbahaya keluar dari tubuh, karena sifat diuretiknya. Detoksifikasi akan membantu kelancaran fungsi  berbagai organ tubuh,  termasuk hati dan ginjal serta membantu menurunkan kadar asam urat. Efek diuretik serai akan membantu meningkatkan jumlah dan frekuensi buang air kecil, sehingga membantu menjaga kesehatan pencernaan.
3)      Anti Kanker:
Sereh efektif untuk mengobati berbagai jenis kanker tanpa mempengaruhi sel-sel tubuh yang normal dan sehat. Penelitian membuktikan aktivitas anti kanker sereh yang telah menunjukkan hasil menjanjikan dalam pencegahan kanker kulit. Penelitian lain juga telah menunjukkan sereh juga membantu untuk menghambat pertumbuhan sel kanker hati fase awal dan mencegah pembentukan lebih lanjut. Efek lainnya Yang diketemukan  adalah juga dapat menghambat pertumbuhan sel kanker payudara.
4)      Mencegah infeksi akibat Staphylococcus aureus:

Studi telah membuktikan bahwa minyak atsiri dalam sereh memiliki aktivitas anti biofilm , yang bermanfaat pencegahan terhadap infeksi yang disebabkan oleh Staphylococcus aureus. Sereh mengandung fenol yang memiliki kemampuan menyebar dengan cepat melalui jaringan tubuh,  dan menyembuhkan biofilm yang terletak di mana saja pada tubuh. Sereh akan mengganggu pertumbuhan dan komunikasi kuman, sehingga akan membantu menghambat pembentukan biofilm. Minyak esensial dari sereh berguna untukpenggunaan topikal maupun internal untuk penyakit yang didiagnosis dengan biofilm seperti penyakit Lyme.
5)      Gangguan Perut:

Penelitian telah menunjukkan bahwa minyak atsiri dalam sereh memiliki sifat anti mikroba dan anti-bakteri yang membantu memerangi infeksi yang disebabkan oleh berbagai bakteri patogen seperti Helicobacter pylori dan Escherichia coli. Sereh bermanfaat untuk pencegahan gangguan gastro intestinal seperti ulkus lambung, membantu merangsang fungsi usus dan memperbaiki pencernaan. Sifat anti inflamasi sereh bermanfaat untuk mengobati sembelit, ulcerative colitis, diare, mual dan perut nyeri.
6)      Menyembuhkan Insomnia:
Sereh juga bermanfat untuk menenangkan otot dan saraf, sehingga dapat membantu mendorong tidur yang nyenyak. Penelitian telah menunjukkan bahwa teh sereh memiliki sifat sedatif dan hipnotik,  yang membantu meningkatkan waktu dan kualitas tidur.
7)      Gangguan Pernapasan:
Sereh banyak digunakan sebagai obat untuk pengobatan batuk dan pilek. Seiring dengan senyawa sehat lainnya, yaitu  vitamin C  dalam serai membantu mengatasi penyumbatan hidung karena flu dan gangguan pernafasan lainnya seperti asma bronkial.
8)      Mengatasi Demam:
Sereh juga dikenal sebagai obat penurun panas, yaitu memilik efek yang menguntungkan untuk menurunkan demam. Efek anti-piretik(mengeluarkan keringat)  sereh secara luas digunakan dalam pengobatan untuk menyembuhkan demam, yaitu untuk merangsang keluarnya keringat.
9)      Infeksi:
Sereh juga dapat bekerja sebagai antiseptik, dan efektif mengobati infeksi seperti kurap, luka, kaki atlet, kudis dan infeksi saluran kemih yang dihubungkan dengan sifat anti-mikroba dan anti-jamur dari sereh. Penelitian menunjukkan bahwa serai memiliki efek penyembuhan pada infektivitas dermatologi, seperti infeksi jamur dengan jalan menghambat pertumbuhan patogen. Studi lain memberikan bukti kemanjuran sereh yang mendukung atas thyme, nilam dan minyak kayu cedar untuk mengobati berbagai penyakit seperti candidias lisan atau gatal karena jamur pada organ intim wanita.

10)  Mengurangi Nyeri:
Sereh bisa membantu mengurangi rasa sakit dan ketidaknyamanan yang disebabkan oleh sakit kepala dan migrain karena sifat analgesik yang dimilikinya. Fitonutrien yang terdapat pada serai dapat meningkatkan sirkulasi darah dan membantu dalam mengurangi kejang, kram otot, keseleo dan sakit punggung. Sereh sangat membantu untuk mengobati  luka dan memar.
11)  Sistem Saraf:
Sereh telah terbukti bisa menjadi tonik yang sangat baik untuk sistem saraf. Sereh dapat merangsang pikiran dan membantu untuk mengatasi kejang-kejang, gugup, vertigo dan berbagai gangguan saraf seperti Alzheimer dan penyakit Parkinson. Sereh digunakan untuk mandi terapi,  yang akan membantu untuk menenangkan saraf,  mengurangi gejala depresi dan kelelahan yang disebabkan oleh stres.
12)  Diabetes tipe 2:
Sereh telah terbukti bermanfaat untuk mengobati diabetes tipe-2. Penelitian telah menunjukkan bahwa serai dapat membantu menjaga tingkat insulin dan meningkatkan toleransi glukosa dalam tubuh.
13)  Rematik:

Sereh efektif digunakan untuk mengurangi rasa sakit dan ketidaknyamanan yang disebabkan oleh rematik. Sereh dapat dioleskan pada pinggang dan bagian yang sakit karena rematik atau keseleo.
14)  Sistem kekebalan:
Sereh dapat membantu memulihkan sistem penting dalam tubuh, seperti pencernaan, respirasi, ekskresi dan sistem saraf. Sereh juga membantu penyerapan nutrisi yang lebih baik, serta memperkuat mekanisme sistem  kekebalan tubuh.
15)  Perawatan kulit:
Sereh bermanfat sebagai tonik kulit, dan sebagai pembersih yang efektif untuk kulit berminyak atau berjerawat karena sifat astringent dan antiseptik. Hal ini karena sereh memperkuat jaringan kulit dan mengencangkan pori-pori , serta sifat sterilisasinya.
16)  Kesehatan seluler tubuh:

Sereh mengandung zat antioksidan , sehingga membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas. Sereh membantu membersihkan darah dan memperkuat limpa untuk membuang sel-sel darah merah yang kotor. Mendukung fungsi kelenjar timus yang membantu untuk menghasilkan sel darah putih. Sereh juga membantu merangsang regenerasi sel. Folat dan kalium pada batang dan daun sereh berperan dalam membantu pembentukan DNA dan mempromosikan pembelahan sel.
17)  Aromaterapi:
Ramuan Sereh terdiri dari senyawa sehat minyak esensial, seperti nerol, sitronelol, myrcene, dipentene, geraniol dan metil heptenone yang memiliki sifat anti-jamur, insektisida dan antiseptik. Minyak banyak digunakan untuk aromaterapi karena efek terapeutik yang akan membantu merevitalisasi dan menyegarkan tubuh.  Minyak sereh memiliki zat alami yang akan membantu merangsang sirkulasi darah dan meremajakan jaringan kulit. Hal ini juga membantu untuk mengangkat dan mengencangkan kulit yang lesu dan lelah.
18)  Obesitas:
Sereh mengandung citral yang telah terbukti efektif untuk mengatasi obesitas. Hal ini akan mencegah akumulasi lemak dalam perut,  dan mempromosikan penggunaan energi yang tersimpan, sehingga membantu mencegah kenaikan berat badan. Sereh membantu metabolisme tubuh serta meningkatkan oksidasi lemak dalam tubuh.
19)  Bau badan:
Sereh juga digunakan dalam pembuatan deodoran,  karena sifat pembersih dan sifat anti-bakteri yang akan membantu memerangi bau badan yang tidak sedap serta  mencegah infeksi jamur dan bakteri. Sereh juga dapat ditambahkan untuk merendam kaki yang sakit atau berbau.
20)  Penggunaan Kuliner:

Selain untuk obat-obatan tradisional, serai umumnya digunakan pada masakan Asia, terutama masakan Indonesia, Vietnam, Thailand dan Malaysia. Sereh umumnya digunakan untuk menambah rasa pada minuman seperti teh, memasak kare, sup dll.
21)  Kegunaan lain dari serai
Sereh juga banyak digunakan dalam pembuatan parfum, deodoran, poles dan lilin. Sereh juga digunakan untuk menambahkan keharuman pada sabun dan produk kosmetik. Pembuatan sampo dan produk perawatan hewan peliharaan pun menggunakan sereh,  hal ini karena efeknya terhadap kutu .
22)  Efek Samping Minyak sereh
Meskipun aman, namun penggunaan teh herbal sereh yang terbuat dari sereh dapat mengakibatkan reaksi alergi pada beberapa orang. Jika ada gejala alergi, dianjurkan untuk segera menghentikan penggunaan dan mencari bantuan medis segera.
Minyak sereh murni tidak harus diterapkan secara langsung pada tubuh,  karena dapat mengakibatkan reaksi yang bisa berbahaya. Oleh karena itu selalu dianjurkan untuk menghindarkan minyak sereh murni dari jangkauan anak.
Dianjurkan untuk berkonsultasi dengan ahlil kesehatan sebelum mempergunakan minyak sereh untuk terapi pada kondisi khusus,  seperti kehamilan atau mencoba untuk hamil, menyusui dan selama pengobatan.
Sereh memiliki sifat galactagogic, yaitu yang mempromosikan pembentukan susu. Sereh juga efektif untuk melancarkan aliran menstruasi dan membantu menenangkan kram dan ketidaknyamanan saat menstruasi. Sereh juga membantu meredakan pembengkakan dan mujarab untuk varises.



BAB III
PENUTUP


3.1  Kesimpulan
Sereh merupakan tanaman semak berupa herba yang berasal dari daerah beriklim tropis. Sereh ini sering digunakan dalam bumbu dalam berbagai masakan karena memiliki aroma yang sedap dan juga berbau seperti lemon tanaman sereh ini disebut dengan herba lemon.
Tidak banyak yang tahu, bahwa serai mengandung vitamin dan mineral yang baik untuk tubuh, seperti vitamin A, B, C, asam folat, seng, magnesium, tembaga, zat besi, fosfor, kalium, kalsium, serta mangan.
Serai mengandung antioksidan flavonoid, dan senyawa fenolik seperti luteolin, glikosida, quercetin, kaempferol, elimicin, catecol, asam klorogenat, asam caffeic yang berkhasiat obat. Senyawa utama dalam serai adalah lemonal atau citral, yang memiliki sifat anti-jamur dan anti-mikroba, serta menyediakan bau lemon yang berbeda-beda.

3.2  Saran
Semoga makalah ini bermanfaat bagi para pembaca, agar bisa lebih memanfaatkan tanaman tradisional seperti tanaman sereh. Kami mohon kritikan maupun saran agar makalah ini bisa lebih baik lagi di lain kesempatan.



DAFTAR PUSTAKA


Sitorus, Marham. Kimia Organik Umum. Yogyakarta: Graha Ilmu. 2010
Wijaya H. M. Hembing (1992), ”Tanaman Berkhasiat Obat di Indonesia”, Cet 1 ,Jakarta.Asriani Ilyas dan Wahyuni, Penuntun Praktikum kimia Organik (Makassar: UIN Alauddin, 2012).
http://www.warnetgadis.com/2016/09/makalah-observasi-tanaman-sereh-serai.html

UNTUK VERSI SOFTCOPY (TULISAN + GAMBAR + EDIT + RAPI)
SILAHKAN DATANG KE WARNET GADIS.NET
SIMPANG SMPN 1 SITIUNG, DHARMASRAYA
08777-07-33330 / 0853-6527-3605 
HARGA BERSAHABAT

0 Response to "Makalah Observasi Tanaman Sereh (Serai) Lengkap"

Post a Comment