Warnet gadisnet

Warnet gadisnet
loading...

Makalah Tentang Sistem Teknologi Informasi Lengkap

KATA PENGANTAR


Puji syukur kehadirat Allah SWT yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang, karena berkat rahmat dan hidayah-Nya, saya bisa menyusun dan menyajikan Makalah Sistem Informasi ini yang berisi tentang sistem teknologi infomasi sebagai salah satu tugas kuliah. Tak lupa penulis mengucapkan terima kasih kepada berbagai pihak yang telah memberikan dorongan dan motivasi.
Penulis menyadari bahwa dalam penyusunan Makalah Sistem Informasi ini masih terdapat banyak kekurangan dan jauh dari kesempurnaan. Oleh karena itu, penulis mengharapkan kritik serta saran yang membangun guna menyempurnakan makalah ini dan dapat menjadi acuan dalam menyusun makalah-makalah atau tugas-tugas selanjutnya.
Penulis juga memohon maaf apabila dalam penulisan Makalah Sistem Teknologi Informasi ini terdapat kesalahan pengetikan dan kekeliruan sehingga membingungkan pembaca dalam memahami maksud penulis.

Penulis



DAFTAR ISI


KATA PENGANTAR.............................................................     i
DAFTAR ISI..........................................................................     ii
BAB I PENDAHULUAN.......................................................     1
A. Latar Belakang.............................................................     1
B. Rumusan Masalah........................................................     2
C. Tujuan Penulisan..........................................................     2
BAB II PEMBAHASAN.........................................................     3   
A. Definisi Teknologi Sistem Informasi ............................     3
B. Klasifikasi Sistem Informasi .........................................     5
C. Karakteristik Sistem Informasi .....................................     7
D. Contoh Sistem Informasi ..............................................     8
E. Dampak Teknologi Sistem Informasi ............................     11
BAB III PENUTUP................................................................     13
A. Kesimpulan..................................................................     13
B. Saran............................................................................     13
DAFTAR PUSTAKA.............................................................     14

BAB  I
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang
Seiring dengan kemajuan teknologi yang mengglobal telah terpengaruh dalam segala aspek kehidupan baik dibidang ekonomi, politik, kebudayaan seni dan bahkan di dunia pendidikan. Untuk itulah dunia pendidikan harus mau merumuskan inovasi yang positif untuk kemajuan pendidikan. Teknologi Informasi (TI) merupakan suatu kebutuhan menuju pendidikan yang berkualitas, karena dengan penggunaan TI diharapkan adanya peningkatan mutu belajar/ mengajar, peningkatan produktivitas/ efisiensi dan akses, serta peningkatan sikap belajar yang positif.
Pengaruh globalisasi semakin terasa dengan semakin banyaknya saluran informasi dalam berabagai bentuk seperti elektronik maupun non elektronik seperti surat kabar, majalah, radio, TV, telepon, fax, komputer, internet, satelit komunikasi dan sebagainya. Teknologi komunikasi dan informasi yang terus berkembang cenderung akan mempengaruhi segenap bidang kehidupan termsuk bidang pendidikan kejuruan dan pelatihan yang akan semakin banyak diwarnai oleh teknologi komunikasi dan informasi.
Secara khusus untuk pendidikan dan pelatihan akan di rasakan adanya kecenderungan : (a) bergesernya pandidikan dan pelatihan dari system berorientasi pada guru/dasen/lembaga ke system yang berorientasi pada siswa/mahasiswa/peserta didik. (b) tumbuh dan semakin memasyarakatnya pendidikan terbuka/jarak jauh. (c) semakin banyaknya pilihan sember balajar yang tersedia. (d) diperlikannya standar kualitas global dalam rangka persaingan global dan (e) semakin diperlukannya pendidikan sepanjang hayat (long life learning). Aplikasi teknologi komunikasi dan inforamsi telah memungkinkan terciptanya lingkungan belajar global yang berhubungan dengan jaringan yang menepatkan siswa di tengah-tengah proses pembelajaran, di kelilingi oleh berbagai sumber belajar dan layanan belajar elektronik.
Untuk itu, system pendidikan kenvensoinal seharusnya menunjukan sikap yang bersahabat dengan elternatif cara belaljar yang baru yang sarat dengan teknologi.

B.     Rumusan Masalah
Dalam pembahasan yang akan di lakukan dalam makalah ini mengenai :
makalah ini akan memberikan penjelasan tentang Teknologi Sistem Informasi
1.      Definisi Teknologi Sistem Informasi ?
2.      Klasifikasi Sistem Informasi ?
3.      Karakteristik Sistem Informasi ?
4.      Contoh Sistem Informasi ?
5.      Dampak Teknologi Sistem Informasi ?

C.    Tujuan Penulisan
Tujuan dari penulisan makalah ini adalah untuk memberikan informasi lebih mendalam tentang Teknologi Sistem Informasi, dan dampak yang bisa memberikan tehhadap teknologi yang kita gunakan. Selain itu makalah ini juga bertujuan untuk memberikan informasi mengenai beberapa pendekatan yang bisa di lakukan untuk  mengatasi pengunaan teknologi sistem informasi ini.



BAB II
PEMBAHASAN


A.    Definisi Teknologi Sistem Informasi
Teknologi informasi adalah suatu teknologi yang digunakan untuk mengolah data, termasuk memproses , mendapatkan, menyusun, menyimpan, memanipulasi data dalam berbagai cara untuk mengahsilkan informasi yang berkualitas, yaitu informasi yang relevan, akurat dan tepat waktu, yang di gunakan untuk keperluan pribadi, bisnis, dan pemerintahan dan merupakan informasi yang strategis untuk pengambilan keputusan.
Teknologi ini menggunakan seperangkat komputer untuk mengolah data, sistem jaringan untuk menghubungkan satu komputer dengan computer yang lainnya sesuai dengan kebutuhan, dan teknologi telekomunikasi digunakan agar data dapat disebar dan diakses secaraa global.Arti teknologi informasi bagi dunia pendidikan berarti tersedianya saluran atau sarana yang dipakai untuk menyiarakan program pendidikan. Pemanfaatan teknologi informasi dalam bidang pendidikan sudah merupakan kelaziman. Membantu menyediakan computer dan jaringan yang menghubungkan rumah murid dengan ruang kelas, guru, dan administrator sekolah. Semuanya dihubungkan keinternet, dan para guru dilatih menggunakan computer pribadi.
Peran yang diberikan oleh aplikasi teknologi informasi ini adlah mendapatkan informasi untuk kehidupan pribadi seperti informasi tentang kesehatan, habi, rekreasi, dan rohani. Perkembangan teknologi informasi memacu suatu cara baru dalam kehidupan, dari kehidupan dimulai sampai dengan akhir, kehidupan seperti ini dikenal dengan e-life, artinya kehidupan ini sudah dipengaruhi oleh berbagai kebutuhan secara elektronik.
Teknologi informasi (information technology)biasa disebut TI, IT, atau infotech. Teknologi informasi lahir sekitar 1947, yang ditandaidengan ditemukannya komputer sebagai komponen utama dimana mulai populer diakhir dekade 70-an. Teknologi Informasi yang diartikan secara harfiah Teknologi (BahasaIndonesia) dan Technology (Bahasa Inggris),berasal dari bahasa yunani ”Techne” yangberarti adalah seni. Teknologi merupakan pembuatan benda-benda yang dapat diamatisecara inderawi untuk melayani kebutuhan atau gagasan manusia. Sedangkan Informasi(Bahasa Indonesia) dan Information (BahasaInggris) berasal dari ”To-Inform” yangberarti adalah memberitahu. Berikut ini adalah berbagai pendapat mengenaiteknologi informasi:
-          Kamus Oxford (1995): Teknologi informasi adalah studi atau penggunaan peralatan elektronika, terutama komputer,untuk menyimpan, menganalisa, dan mendistribusikan informasi apa saja,termasuk kata-kata, bilangan dan gambar.
-          Martin (1999):
Teknologi informasi tidak hanya terbatas pada teknologikomputer (perangkat keras dan perangkat lunak) yang digunakan untuk memprosesdan menyimpan informasi, melainkan juga mencakup teknologi komunikasiuntuk mengirimkan informasi.
-          Lucas (2000): Teknologi informasiadalah segala bentuk teknologi yang diterapkan untuk memproses danmengirimkan informasi dalam bentuk elektronis. Mikrokomputer, komputermainframe, pembaca barcode, perangkat lunak pemroses transaksi, perangkatlunak lembar kerja (spreadsheet), dan peralatan komunikasi dan jaringanmerupakan contoh teknologi informasi.
-          Williams dan Sawyer (2003): Teknologi informasi adalah teknologi yangmenggabungkan komputasi (komputer) dengan jalur komunikasi berkecepatantinggi yang membawa data, suara, danvideo. Penjelasaan 2 teknologi yang mendasariteknologi informasi adalah sebagai berikut.
-          Teknologi Komputer: Teknologi komputer adalah teknologi yang berhubungan dengan komputer,termasuk peralatan-peralatan yang berhubungan dengan komputer sepertiprinter, pembaca sidik jari, dan bahkan CD-ROM. Komputer adalah mesin serbaguna yang dapat dikontrol oleh program, digunakan untuk mengolah data menjadiinformasi. Program adalah deretan

B.     Klasifikasi Sistem Informasi
Klasifikasi sistem informasi adalah suatu bentuk kesatuan antara satu komponen dengan satu komponen lainnya, karena tujuan dari sistem tersebut memiliki akhir tujuan yang berbeda untuk setiap perkara atau kasus yang terjadi dalam setiap sistem tersebut. Sehingga sistem tersebut dapat diklasifikasikan menjadi beberapa sistem, diantaranya yaitu:
1.      Sistem Abstrak dan Sistem Fisik
o   Sistem Abstrak (Abstract System) merupakan sistem yang berupa suatu konsep atau gagasan, atau sistem yang berupa suatu ide-ide atau suatu pemikiran yang bersifat non fisik yaitu tidak terlihat secara fisik. Contohnya seperti Teologi yaitu suatu ilmu tentang ketuhanan atau suatu gagasan maupun suatu pemikiran tentang hubungan antara manusia dengan Tuhannya.
o   Sistem Fisik (Physical System) merupakan sistem yang terlihat secara fisik contohnya seperti sistem akuntansi, sistem transportasi, sistem komputer, sistem produksi, dan lain-.lainnya
2.      Sistem Deterministik dan Sistem Probabilistik
o   Sistem Deterministik (Deterministic System) merupakan suatu sistem yang bergerak atau beroperasi dengan cara yang dapat diperkirakan secara tepat, dan dapat mengetahui interaksi yang terjadi pada setiap bagian-bagiannya. Contohnya yaitu sistem komputer.
o   Sistem Probabilistik (Probabilistic System) merupakan suatu sistem yang tidak dapat memperkirakan hasil akhirnya atau kondisi masa depannya secara tepat karena memiliki unsur probabilitas (kemungkinan atau tidak tentu). Contohnya seperti sistem persediaan barang, sistem pemilihan presiden, dan lain sebagainya.
3.      Sistem Terbuka dan Sistem Tertutup
o   Sistem terbuka (Open System) merupakan sistem yang berhubungan dan mendapatkan pengaruh dari lingkungan luar untuk mendapatkan inputan dan melakukan proses sehingga menghasilkan keluaran. Karena sistem ini merupakan sistem yang mendapatkan pengaruh dari lingkungan luar atau merupakan sistem yang terbuka, maka sistem ini harus memiliki pengendalian yang baik, sehingga secara relatif tertutup, karena sistem yang tertutup akan secara otomatis akan terbuka untuk pengaruh yang positif saja. Contohnya sistem keorganisasian.
o   Sistem tertutup (Close System) kebalikan dari sistem terbuka, yaitu sistem yang tidak behubungan dan tidak mendapatkan pengaruh dari lingkungan luar, sehingga sistem ini tidak melakukan pertukaran materi, energi, ataupun informasi, dan secara otomatis akan bekerja tanpa adanya campur tangan dari lingkungan luar. Contohnya reaksi kimia dalam sebuah tabung. Secara teoritis sistem tersebut ada, akan tetapi pada kenyataanya sistem tersebut tidak sepenuhnya tertutup, yang ada hanyalah relatively close system (sistem yang relatif tertutup atau tidak sepenuhnya tertutup).
4.      Sistem Alamiah dan Sistem Buatan
o   Sistem Alamiah (Natural System) merupakan sistem yang terjadi karena proses-proses alam tanpa adanya campur tangan manusia, karena memang tidak ada campur tangan manusia dan merupakan proses yang alamiah. Contohnya seperti rotasi perputaran bumi, sistem tatasurya, dan lain sebagainya.
o   Sistem Buatan (Human Made System) merupakan sistem yang dirancang oleh manusia atau merupakan sistem yang proses terjadinya melibatkan campur tangan manusia. Sistem ini juga melibatkan mesin, sehingga sering kali disebut Human Machine System. Contohnya Sistem komputer.


5.      Sistem Sederhana dan Sistem Kompleks
Dilihat dari tingkat kerumitannya sistem juga dapat dibagi menjadi sistem sederhana dan sistem kompleks. Contoh dari sistem sederhana yaitu sistem yang ada pada sepeda, sedangkan contoh dari sistem kompleks yaitu terjaddi pada otak manusia.
C.    Karakteristik Sistem
Suatu sistem mempunyai karakterisktik atau sifat-sifat tertentu, yaitu mempunyai komponen-kompone (components), batasan sistem (boundary), lingkungan luar sistem (environments), penghubung (interface), masukan (input), keluaran (output), pengolah (proses), dan sasaran (objectives).

Adapun karakteristik  yang dimaksud  adalah sebagai berikut:
1.      Komponen (components)
Suatu sistem yang terdiri dari sejumlah komponen yang saling berinteraksi, yang artinya saling bakerja sama membentuk suatu kesatuan. Komponen-komponen dari suatu system biasanya dikenal dengan subsistem. Subsistem mempunyai syarat-syarat dari sistem itu sendiri dalam menjalankan fungsinya dan mempunyai sistem secara keseluruhan.

2.      Batasan Sistem (boundary)
Batasan system merupakan daerah yang membatasi antara suatu sistem dengan sistem yang lain. Batasan sistem ini memungkinkan suatu sistem di pandang sebagai satu kesatuan. Batasan sistem menunjukkan ruang lingkup dari sistem tersebut.

3.      Lingkungan Luar Sistem (environments)
Lingkungan luar sistem adalah apapun diluar batas dari sistem yang mempengaruhi operasi sistem. Lingkungan luar dapat bersifat menguntungkan dan juga merugikan sistem tersebut. Lingkungan luar yang menguntungkan merupakan energy dari sistem dan lingkungan luar yang merugikan harus ditahan dan dikendalikan, kalau tidak maka akan mengganggu kelansungan hidup dari sistem.

4.      Penghubung Sistem (interface)
Penghubung sistem merupakan media penghubung antara satu subsistem yang lainnya. Melalui penghubung ini memungkinkan sumber daya mengalir dari satu subsistem ke subsistem lainnya.

6.      Masukan Sistem (input)
Masukan sistem adalah energy yang dimasukkan ke dalam sistem. Masukan dapat berupa masukan perawatan (maintenance input) dan masukan sinyal (signal input). Maintenance input adalah energi yang di masukkan supaya sistem tersebut dapat beroperasi. Signal input adalah energi yang diproses untuk didapatkan keluaran.

5.      Keluaran Sistem (Output)
Keluaran sistem adalah hasil dari energy yang di olah dan di klasifikasikan menjadi keluaran yang berguna dan sisa pembuangan. Keluaran dapat merupakan masukan untuk subsistem yang lain atau kepada suprasistem.

7.      Pengolah Sistem (proses)
Suatu system dapat mempunyai suatu bagian pengolah yang akan merubah masukan menjadi keluaran.

6.      Sasaran Sistem (objectives)
Merupakan tujuan yang akan dicapai untuk menentukan masukan yang dibutuhkan system dari keluaran yang akan dihasilkan system.

D.    Contoh Sistem
Contoh Sistem informasi dalam kehidupan sehari hari :
1)      Sistem layanan/informasi akademis yang memungkinkan mahasiswa memperoleh data akademis dan mendaftar mata kuliah yang diambil pada tiap semester. Dengan adanya layanan sistem informasi ini, sangat memudahkan mahasiswa dalam setiap kepentingannya, ketika mengisi KRS kita tidak harus berangkat ke kampus hanya untuk mengisi KRS saja. Kita sudah bisa mengakses lewat internet sehingga bisa di akses dimana saja sekalipun kita sedang berada di luar kota. Semua informasi bisa kita dapatkan disini, mulai dari rekap nilai kita dalam setiap semester, kemudian pendaftaran-pendaftaran seperti KKN, wisuda, dll. 
2)      Sistem pemesanan tiket secara online, misalnya pemesanan tiket kereta atau pesawat. Melalui sistem informasi ini kita tidak harus lagi cape antri di loket untuk membeli tiket, kita cukup buka internet kemudian melakukan transaksi untuk pembelian atau pemesanan tiket yang kita perlukan, sehingga menghemat waktu juga hemat tenaga dan meminimalisir kemungkinan kehabisan tiket.

3)      Sistem SMS Banking dan Internet Banking, SMS Banking adalah layanan informasi perbankan yang dapat diakses langsung melalui telepon Selular/handphone dengan menggunakan media SMS (short message service). SMS Banking merupakan layanan yang disediakan Bank menggunakan sarana SMS untuk melakukan transaksi keuangan dan permintaan informasi keuangan , misalnya cek saldo, mutasi rekening,pembayaran (kartu kredit), dan pembelian (pulsa isi ulang). Biasanya kita harus ke Bank atau ATM untuk meregistrasi sistem ini. Kemudian Internet Banking, yaitu transaksi keuangan yang dapat dilakukan hanya dengan komputer dengan memanfaatkan koneksi internet. Transaksi yang dapat dilakukan sama halnya dengan SMS Banking. Biasanya diSmartphone sudah tersedia aplikasi layanan tsb. 

4)      Video Call, dengan sistem ini komunikasi kita dengan kerabat, teman, atau siapa saja menjadi lebih mudah baik itu yang di luar negeri sekalipun, kita dapat melakukan Video Call dengan menggunakan aplikasi seperti SKYPE, IM Messengger, Smartphone, dll dengan koneksi internet atau pulsa.

E.     Dampak Teknologi Sistem Informasi
Dalam peradaban manusia, kini tekhnologi informasi berkembang dengan sangat baik. kemajuan teknologi itupun semakin menjalar, perangkat teknologi saat ini tidak hanya dipakai oleh kalangan tertentu tetapi sudah sangat meluas dari lingkungan kota hingga lingkungan pedesaan, dimana semuanya mungkin sudah dapat mengerti dasar dasar pemakaian alat tekhnologi informasi dengan mudahnya. sebut saja pemakaian komputer, hingga pemakaian teknologi komunikasi seperti handphone kini sudah merayap dari atas sampai kebawah.

pada zaman dahulu kala perkembangan teknologi informasi tentu tidak seperti saat ini, dahulu komputer digunakan sekedar untuk menyelesaikan masalah perhitungan, pekerjaan, mengetik, sampai pemrograman. namun kini sejak berkuasanya tekhnologi jaringan dimana komputer dapat berhubungan dalam jarak yang sangat jauh sekalipun dimana komunikasi dengan komputer pun dapat dilakukan semakin kedepan tekhnologi informasi ini semakin canggih dengan banyaknya fasilitas yang dapat kita gunakan (multimedia) bayangkan saja; saat ini hanya dengan komputer kita dapat melakukan aktifitas pekerjaan yang cakupannya sangat luas tergantung kita yang membutuhkan seperti menulis,print,pemrograman,perhitungan,pemutar audio-video,telekomunikasi dan internet yang membuat kita terhubung dengan dunia sekalipun.

Seiring berkembangnya teknologi informasi ini tidak dapat kita pungkiri bahwa semua itu tidak lepas dari berkembangnya internet service.

seperti kita ketahui dunia internet sekarang dengan sangat mudah dapat kita akses karna banyaknya penyedia layanan internet (ISP) yang memberikan layanan internet acces kepada konsumennya dengan tarif yang murah sekalipun. beragamnya ISP diindonesia untuk memberikan layanan dan meraup keuntungan tentunya, mereka berlomba lomba merebut pasar dan konsumen dengan menyediakan layanan murah untuk konsumennya. kini akses internet mungkin sudah menjadi keseharian tiap orang. hal ini dapat kita buktikan dengan hanya melirik isi warnet yang penuh atau ramai dikunjungi orang. hal ini juga berarti budaya konsumerisme untuk internet di indonesia semakin tinggi.


Dampak Positif
1)      kita dapat menyelesaikan pekerjaan dengan semakin mudah dibantu perangkat teknologi yang semakin berkembang dan mudah digunakan.
2)      kita dapat berkomunikasi dengan orang lain dengan fasilitas e-mail,chat,sampai komunikasi secara langsung (pembicaraan) sekalipun melalui internet.
3)      munculnya bermacam macam komunitas dari internet itu sendiri.
4)      kita dapat dengan mudah mencari informasi yang kita butuhkan. apalagi dengan adanya bantuan web search engine seperti google search/yahoo searh dsb.
5)      kita dimungkinkan berbelanja melalui media internet.
6)      seiring berkembangnya bahkan internet dapat kita akses di genggaman tangan kita sendiri yaitu dengan media handphone ini sangat positif karena akses internet dapat kita lakukan dengan mudahnya serta dengan tarif yang relatif sangat murah pula dsb.

Dampak Negatif
1)       munculnya para penipu yang memanfaatkan internet.
2)       munculnya budaya plagiarisme. dengan mudahnya informasi di cetak ulang tanpa izin dari pemberi informasi atau tanpa menulis sumbernya. hal ini udah biasa kita sebut 'copast' copy paste.
3)       munculnya pornografi/konten konten dewasa. menurut saya hal ini sangat tidak masalah dipandang dari segi konten dewasa. namun yang menjadi  sisi negatifnya adalah dengan mudahnya pornografi/konten dewasa diakses anak anak dibawah umur.
4)       munculnya pencurian dengan mengambil/menghack. mungkin ini merupakan kesenangan atau kelebihan ilmu si pencuri namun tetap saja pencurian itu tidak dibenarkan bro.
5)       dengan semakin mudahnya berbelanja lewat internet kita dapat meningkatkan budaya konsumsi yang menimbulkan sifat boros dan tentu berefek tidak baik untuk kantong. dsb.

BAB III
PENUTUP


A.    Kesimpulan
Dari pembahasan tersebut di atas dapat ditarik beberapa kesimpulan yaitu:
1.           Sistem dapat didefinisikan dengan pendekatan prosedur dan dengan pendekatan komponen. Pendekatan prosedur, sistem dapat didefinisikan sebagai kumpulan darai prosedur-prosedur yang mempunyai tujuan tertentu. Pendekatan komponen, sistem dapat didefinisikan sebagai kumpulan dari komponen yang saling berhubungan satu dengan yang lainnya membentuk satu kesatuan untuk mencapai tujuan tertentu
2.           Perkembangan teknologi informasi sangat berpengaruh terhadap kehidupan manusia di berbagai bidang.
3.           Klasifikasi sistem informasi dibedakan menjadi sistem abstrak atau sistem fisik, sistem alamiah dan sistem buatan manusia, sistem deterministik dan sistem probabilistik, dan sistem terbuka dan sistem tertutup. Klasifikasi teknologi informasi pengklasifikasiannya dibedakan menurut fungsi sistem dan ukuran.
4.           Aplikasi teknologi informasi dalam internet banking akan meningkatkan efisiensi, efektivitas, dan produktivitas manusia.

B.     Saran
Semoga makalah tentang Sistem Teknologi Informasi ini berguna bagi para pembaca pada umumnya, terutama bagi penulis sendiri, kami menyadari masih banyak kekurangan dalam membuat makalah ini, oleh karena itu kami meminta saran dan pendapat untuk pembuatan makalah kedepannya menjadi lebih sempurna lagi.




DAFTAR PUSTAKA


Anonim, 2007, Pengertian Teknologi http://id.shvoong.com/writing-and-     speaking/presenting/2060372-pengertian-teknologi-menurut-para-   ahli/#ixzz26mJzwDUQ)
http://carapedia.com/pengertian_definisi_informasi_ menurut_para_ahli_info504.html

http://www.scribd.com/doc/17106384 /25/FUNGSI-SISTEM-INFORMASI
http://30211259.blogspot.com/2011/09/pengertian-teknologi-informasi

Iskandar, R, 2009 Pengertian Sistem Informasi http://ridwaniskandar. files.             wordpress.com/2009/05/52-pengertian-sistem-informasi.pdf
James A. O’ Brien, Pengantar Sistem Informasi, Perspektif Bisnis dan       Manajerial, Jakarta, Salemba Empat, 2006

Jogiyanto H.M, Sistem Teknologi Informasi, Yogyakarta, Penerbit Andi, 2008
http://junodunifa.blogspot.com/2011/01/aplikasi-teknologi-informasi-dalam_15.html


UNTUK VERSI SOFTCOPY (TULISAN + GAMBAR + EDIT + RAPI)
SILAHKAN DATANG KE WARNET GADIS.NET
SIMPANG SMPN 1 SITIUNG, DHARMASRAYA
08777-07-33330 / 0853-6527-3605 
HARGA BERSAHABAT

0 Response to "Makalah Tentang Sistem Teknologi Informasi Lengkap"

Post a Comment