Warnet gadisnet

Warnet gadisnet
loading...
loading...

Makalah Tentang Tanaman Lidah Buaya

Asal Usul Tanaman Lidah Buaya, Kandungan Tanaman Lidah Buaya, Manfaat Tanaman Lidah Buaya

KATA PENGANTAR


            Puji syukur kemi haturkan ke hadirat Allah SWT, karena berkat rahmat-Nya kami dapat menyelesaikan makalah yang berjudul Observasi Tanaman Lidah Buaya. Makalah ini diajukan guna memenuhi salah satu tugas mata pelajaran Bahasa Indonesia di sekolah kami .
            Kami mengucapkan terima kasih kepada semua yang telah membimbing dan membantu kami dalam pembuatan makalah ini, sehingga makalah ini dapat diselesaikan sesuai dengan waktunya. Makalah ini masih jauh dari sempurna, oleh karena itu kami mengharapkan kritik dan saran yang bersifat membangun demi kesempurnaan makalah ini.
            Semoga makalah ini memberikan informasi bagi masyarakat dan bermanfaat untuk pengembangan ilu pengetahuan bagi kita semua.


Penulis,


DAFTAR ISI


KATA PENGANTAR..............................................................................................    i
DAFTAR ISI.............................................................................................................    ii
BAB I PENDAHULUAN.........................................................................................    1
A. Latar Belakang Masalah.................................................................................    1
B. Rumusan Masalah...........................................................................................    1
C. Tujuan Penulisan ............................................................................................    1
BAB II PEMBAHASAN..........................................................................................    2
A. Asal Usul Tanaman Lidah Buaya...................................................................    2
B. Kandungan Tanaman Lidah Buaya................................................................    2
C. Manfaat Tanaman Lidah Buaya......................................................................    3
BAB III PENUTUP..................................................................................................    5
A. Kesimpulan.....................................................................................................    5
B. Saran...............................................................................................................    5
DAFTAR PUSTAKA...............................................................................................    6


BAB I
PENDAHULUAN

A.     Latar Belakang Masalah
Lidah buaya atau aloe vera adalah sejenis tumbuhan yang sudah dikenal sejak ribuan tahun silam. Tetapi banyak orang yang belum mengenal khasiat dari tumbuhan lidah buaya. Padahal tanaman ini memiliki banyak manfaat bagi kesehatan manusia. Bahkan seiring dengan kemajuan teknologi, pemanfaatan tanaman lidah buaya berkembang sebagai bahan baku industri farmasi dan kosmetika. Secara umum, lidah buaya merupakan 1 dari 10 jenis tanaman terlaris di dunia yang mempunyai potensi untuk dikembangkan sebagai tanaman obat dan bahan baku industri. Sehingganya lidah buaya dapat dijadikan sebagai bisnis, apalagi tanaman ini sangat cocok tumbuh di tanah Indonesia

B.     Perumusan Masalah
Adapun perumusan masalah yakni sebagai berikut:
1.      Asal usul Tanaman Lidah Buaya ?
2.      Apa saja khasiat lidah buaya ?
3.      Khasiat apa sajakah yang ada pada lidah buaya ?

C.    Tujuan Penulisan
1.      Mengetahui Asal usul Tanaman Lidah Buaya
2.      Memahami manfaat Lidah Buaya
3.      Mengetahui Kandungan pada tanaman Lidah Buaya

BAB II
PEMBAHASAN

A.    Asal Usul Tanaman Lidah Buaya
Aloe Vera atau biasa di sebut dengan Tanaman Lidah Buaya berasal dari Afrika, tanaman lidah buaya yang merupakan tanaman herbal ini juga dikenal sebagai "Lily Gurun", yang berarti tanaman yang abadi dan tanaman obat. Liur dari lidah buaya ini rasa yang pahit atau dalam bahasa arab disebut "Alloe" , dan akhirnya tanaman tersebut disebut dengan nama aloe vera.
Tanaman lidah buaya ini termasuk dalam keluarga tanaman herbal, dan saat ini ada sekitar 400 spesies dari Asphodelaceae . Tanaman ini digolongkan kedalam tanaman sukulen, serta dapat tumbuh di Afrika yang merupakan tanah yang kering dan dapat tumbuh di pegunungan Afrika tropis. Salah satu ciri khas dari tanaman lidah buaya adalah memiliki daun besar, tebal, serta berdaging. Daun seperti tombak yang terdapat duri yang tajam pada daunnya.

B.     Kandungan Tanaman Lidah Buaya
Berikut ini adalah kandungan ilmiah yang terdapat pada lidah buaya:
-          Kadar air
-          Karbohidrat
-          Kalori
-          Lemak
-          Protein
-          Vitamin A
-          Vitamin C
-          Thiamin
-          Riboflavin
-          Niasin
-          Kalsium
-          Zat Besi

Selain itu masih banyak lagi kandungan gizi tanaman lidah buaya yang sangat baik untuk menjaga kesehatan atau proses penyembuhan berbagai penyakit. Kandungan gizi itu berupa zat mineral dan enzim yang mempunyai kasiat pengobatan berbeda beda.

C.    Manfaat Tanaman Lidah Buaya
Lidah buaya mengandung berbagai macam senyawa biologis aktif, seperti mannans asetat, polymannans, antrakuinon, berbagai lektin dan zat saponin dan senyawa antrakuinon. Senyawa antrakuinon yang terdapat pada lidah buaya merupakan zat yang dapat menangkal bakteri.
Lidah buaya layak disebut sebagai tanaman herbal karena mengandung sekitar 75 jenis zat yang bermanfaat dan kurang lebih sekitar 200 senyawa lain yang sangat berkhasiat.
Tanaman lidah buaya sangat berkhasiat atau bermanfaat sebagai anti inflamasi, anti jamur, anti bakteri dan dapat juga menstimulasi fibroblast yaitu sel-sel kulit yang berfungsi menyembuhkan luka dan membantu proses regenerasi sel. Di samping itu tanaman lidah buaya dapat mengontrol tekanan darah, menstimulasi kekebalan tubuh terhadap serangan penyakit kanker, serta dapat digunakan sebagai nutrisi pendukung penyakit kanker dan penderita HIV/AIDS.
Tanaman lidah buaya juga dapat menyembuhkan penyakit diabetes karena salah satu zat yang terkandung dalam lidah buaya adalah aloe emodin, sebuah senyawa organik dari golongan  antrokuinon   yang mengaktivasi jenjang sinyal insulin seperti pencerap insulin-beta dan substrat1, fosfatidil inositol-3 kinase dan meningkatkan laju sintesis glikogen dengan menghambat glikogen sintase kinase 3beta, sehingga sangat berguna untuk mengurangi rasio gula darah.
Aloe vera/lidah buaya mengandung semua jenis vitamin kecuali vitamin D dan mineral serta 20 dari 22 jenis asam amino.yang sangat diperlukan oleh tubuh kita. Enzim saponin berfungsi sebagai anti mikroba. Dalam penggunaannya untuk perawatan kulit, Aloe vera dapat menghilangkan jerawat, melembabkan kulit, detoksifikasi kulit, penghapusan bekas luka, mengurangi peradangan serta perbaikan dan peremajaan kulit. 
Masalah komedo yang sering timbul di wajah bisa juga diatasi dengan tanman lidah buaya, dengan cara yang cukup mudah yaitu dengan mengupas lidah buaya dan ambil intinya yang berupa lendir tersebut. Kemudian basuhkan lendir lidah buaya ke area komedo. Komedo hilang, kesegaran wajah terjaga.
Kesulitan mengatasi timbulnya jerawat pada wajah lidah buaya dapat menjadi solusi karena mengandung saponin yang berkhasiat anti bakteri yang sangat efektif untuk menghilangkan dan mengurangi efek pembengkakan jerawat. Selain itu, lidah buaya juga mencegah masuknya bakteri kedalam jerawat yang terkelupas dan mempercepat proses penyembuhan. 
Lidah buaya juga mengandung khasiat anti-jamur serta senyawa antrakuinon dan kuinon yang berfungsi sebagai antibiotik dan penghilang rasa sakit sangat bagus untuk mengobati pembengkakan seperti kista dan bisul.


BAB III
PENUTUP

A.    Kesimpulan
 Lidah buaya dapat digunakan sebagai bahan obat-obatan dan juga sebagai makanan. Diaantara manfaat lidah buaya adalah menurunkan kadar gula dalam darah bagi penderita diabetes, mengontrol tekanan darah, menstimulasi kekebalan tubuh terhadap serangan penyakit kanker, serta dapat digunakan sebagai nutrisi bagi penderita HIV/AIDS. Bumi Indonesia sangat kaya dengan bahan-bahan alami yang dapat dimanfaatkan terutama untuk kesehatan.

B.     Saran
Diharapkan setelah membaca makalah ini pembaca beralih kepada bahan-bahan alami terutama Lidah Buaya.  Setelah kita mengetahui tentang bahan alami yang dapat digunakan sebagai perawatan kecantikan maka kami berharap pembaca lebih memilih bahan tersebut karena hal ini akan lebih aman untuk digunakan dibandingkan dengan menggunakan bahan-bahan kimia.




DAFTAR PUSTAKA


http://www.warnetgadis.com/2016/09/makalah-tentang-tanaman-lidah-buaya.html



UNTUK VERSI SOFTCOPY (TULISAN + GAMBAR + EDIT + RAPI)
SILAHKAN DATANG KE WARNET GADIS.NET
SIMPANG SMPN 1 SITIUNG, DHARMASRAYA
08777-07-33330 / 0853-6527-3605 
HARGA BERSAHABAT

1 Response to "Makalah Tentang Tanaman Lidah Buaya"