Warnet gadisnet

Warnet gadisnet
loading...
loading...

Materi Wayang Kulit Lengkap !!


Wayang orang dimaksud dengan juga arti wayang wong (bhs Jawa) yaitu wayang yang dimainkan dengan memakai orang sebagai tokoh dalam narasi wayang itu. Wayang orang di ciptakan oleh Sultan Hamangkurat I pada th. 1731.
Sesuai sama nama sebutannya, wayang itu tak akan dipergelarkan dengan memainkan boneka-boneka wayang (wayang kulit yang umumnya terbuat berbahan kulit kerbau maupun yang lain), walau demikian menghadirkan manusia-manusia sebagai pengganti boneka-boneka wayang itu. Mereka menggunakan baju sama dengan hiasan-hiasan yang digunakan pada wayang kulit. Agar bentuk muka atau bangun muka mereka mirip wayang kulit (bila diliat dari samping), kerapkali pemain wayang orang ini dirubah/dihias mukanya dengan penambahan gambar atau lukisan.
Pertunjukan wayang orang yang masihlah ada sekarang ini, salah nya ialah wayang orang Barata (di lokasi Pasar Senen, Jakarta), Taman Mini Indonesia Indah, Taman Sriwedari Solo, Taman Budaya Raden Saleh Semarang, dan sebagainya.


Unsur-Unsur Yang Ada Dalam Pertunjukan Wayang Orang.

Gedung
Gedung yaitu tempat di mana wayang orang dipergelarkan. Didalam gedung ada alat serta fasilitas pendukung pertunjukan, seperti panggung serta pelengkapan lain seperti monitor sebagai latar belakang untuk perubahan situasi. Monitor disini berbentuk kain yang memiliki ukuran cukup besar yang ada lukisan yang melukiskan situasi adegan yang berjalan. Lukisan ini umumnya berbentuk didalam kraton/istana, jalan, rimba, sungai serta panorama yang lain.

Dalang
Dalang yaitu orang yang memainkan boneka wayang. Seseorang dalang memiliki kedudukan sentral dalam pertunjukan wayang. Seseorang dalang bertanggungjawab atas semua pergelaran yang tengah berjalan, memimpin musik, bikin hidupnya pertunjukan, melakukan tindakan sebagai penyaji.

Gamelan Serta Pangrawit
Tiap-tiap penyajian wayang orang dibutuhkan iringan gamelan (musik). Manfaat dari gamelan bersama pengrawitnya yaitu untuk menemani serta mensupport situasi yang dikehendaki. Juga ritme gamelan (musik) berperan untuk mensupport situasi pertunjukan.

Sutradara
Sutradara dalam pertunjukan wayang yaitu individu/personal yang mengarahkan serta mengkoordinasi semua unsur pertunjukan dengan memahami, dan memiliki kecakapan, hingga meraih satu pertunjukan yang sukses.

Gerak Tari
Gerak tari yaitu tata laris gerak dalam tari. Pada hakekatnya tari dalam pertujukan wayang orang yaitu adalah sisi keseluruhnya pertunjukan wayang orang. Tari yang dipakai di panggung wayang orang yaitu tari tradisional classic. Tari wayang orang dibagi jadi sebagian larakter, yakni tari putri luruh, tari putri lanyap, tari putra luruh, tari putra lanyap, tari putra gagah serta gecul. Macam gerak tari yang dihidangkan yaitu gerak baku, artinya sudah ada patokannya, umpamanya ; gajah-gajahan, golek iwak, bapang, ukel wutuh, besut, sabetan, lumaksana, kebyok kebyak sampur.

Busana
Baju yaitu kostum yang berperan untuk menghidupkan perwatakan pelaku/tokoh wayang yang dibawakan. Artinya, sebelumnya dia berdialog, kustum yang dipakai telah tunjukkan siapa dia sesungguhnya.

Rias
Tata rias dalam wayang orang, bikin muka serta kepala sesuai sama peran tokoh wayang yang diinginkan.

Lampu Serta Suara


Pada saat lantas waktu awal perubahannya, pertunjukan tari tradisional cuma di beri penerangan dari api, yang bersumber dari minyak kelapa atau minyak tanah. Untuk penyusunan nada memakai kenthongan. Dalam perubahan setelah itu lalu memakai penerangan lampu listrik dan memakai alat pengeras nada (sound sistem). Semuanya alat berperan untuk menolong pertunjukan, baik untuk menerangi ataupun mengatur nada dalam pertunjukan tari. Pengaturan lampu sesungguhnya bukanlah untuk sekedar penerangan semata, tetapi juga berperan untuk membuat situasi yang dikehendaki, serta berikan daya hidup pertunjukan dengan cara segera, yakni dampak cahaya lampu bisa berikan peran pada situasi dramatik pertunjukan. Serta otomatis berikan situasi/daya hidup pada baju penari serta peralatan yang lain. Sedang pengaturan nada bisa disebutkan sukses bila bisa jadi jembatan komunikasi pada pertunjukan dengan pemirsa, artinya pemirsa bisa mendengar dengan baik serta terang tanpa ada masalah apa pun hingga merasa nyaman nikmati pertunjukan tari.

0 Response to "Materi Wayang Kulit Lengkap !!"

Post a Comment