Warnet gadisnet

Warnet gadisnet
loading...

Fungsi Alat Musik Tradisional Lengkap


Kendang melayu
  1. Anggeran wiletan yaitu penjaga irama.
  2. Anceran wiletan yaitu pemberi irama baik pada awal lagu maupun pertengahan lagu sesuai kebutuhan. 
  3. Amardawalagu yaitu sebagai melodi lagu. 
  4. Arkuh lagu yaitu kerangka lagu. 
  5. Adumanis lagu yaitu pendukung ritmis pada wadrita-wadrita lain dan sinden yang memberi variasi. 
Talempong
1. mengiringi sebuah tarian sakral.
2. pada zaman dahulu dibunyikan ketika akan menyampaikan sebuah pesan pentingdari wali nagari oleh orang suruhannya kepada masyarakat.
3. dimainkan ketika me ngiringi pasangan pengantin menuju rumah mempelai wanita (bararak).

Rebana
Fungsi Rebana Alat Musik Tradisional. ... Kesenian di Malaysia, Brunei, Indonesia dan Singapura sering memakai rebana bersama gambus digunakan untuk mengiringi tarian zapin. Rebana juga digunakan untuk melantunkan kasidah dan hadroh.


Marwas / Gedumba
Alat musik marwas berfungsi menjaga kestabilan intro dan melahirkan harmoni musikal. Selain itu juga dapat berfungsi sebagai roffle ketukan atau mat. Marwas juga digunakan sebagai peningkah dalam musik pentas Mak yong.

Angklung
Fungsi angklung sebagai pemompa semangat rakyat masih terus terasa sampai pada masa penjajahan, itu sebabnya pemerintah Hindia Belanda sempat melarang masyarakat menggunakan angklung, pelarangan itu sempat membuat popularitas angklung menurun dan hanya dimainkan oleh anak- anak pada waktu itu.

Gendang
Fungsi gendang yaitu sebagai penentu tempo pada musik untuk mengiringi tarian atau silat, gendang juga dipakai untuk mengiringi arak-arakan penganten, upacara menyambut tamu, bahkan gendang juga digunakan sebagai alat musik utama dalam proses rekaman lagu dangdut selain suling.

Saron
Saron berfungsi sebagai pengisi melodi utama dalam memainkan gamelan.
Saron atau yang biasanya disebut juga ricik ,adalah salah satu instrumen gamelan yang termasuk keluarga balungan.
Dalam satu set gamelan biasanya mempunyai 4 saron, dan semuanya memiliki versi pelog dan slendro. Saron menghasilkan nada satu oktaf lebih tinggi daripada demung, dengan ukuran fisik yang lebih kecil. Tabuh saron biasanya terbuat dari kayu, dengan bentuk seperti palu.

Gambang
Musik  Gambang  Kromong  yang  merupakan  sebuah  ensambel  musik yang  terdiri  dari  gambang,  kromong,  kongahyan,  tehyan,  sukong,  ningnong, jutao, kecrek, suling/basing, gendang (satu buah gendang besar dan dua buah kulanter), kempul, dan gong  masih dipergunakan oleh masyarakat Betawi dalam perayaan  pesta,  mengiringi  teater  Lenong,  dan  penyemarakan  upacara  ritual. Orang  Betawi  peranakan/CinaBenteng   (penyebutan  untuk  hasil  perkawinan antara   orang   Betawi   dan   Cina)   dalam   perayaan   acara   pernikahan   masih mempergunakan musik Gambang Kromong  sebagai sajian penyemarak upacara ritual. Fungsi musik dalam suatu masyarakat menurut Allan P. Merriam mempunyai  perhatian  dari  sebab  yang  ditimbulkan  oleh  pemakaiannya  dan tujuan-tujuan yang lebih jauh dari konteksnya.

Saluang
Fungsi : Pengiring dendang.

Suling

Dalam fungsinya itu, suling hanya menjadi instrumen pelengkap dalam arti bisa dipergunakan ataupun tidak sama sekali. Terjadinya perkembangan fungsi suling tersebut merupakan salah satu fenomena yang sangat menarik dimana suling yang pada awalnya memiliki fungsi sekunder yaitu instrumen pendukung, berkembang menjadi instrumen primer yaitu instrumen utama.

0 Response to "Fungsi Alat Musik Tradisional Lengkap"

Post a Comment