Warnet gadisnet

Warnet gadisnet
loading...
loading...

Makalah Pentingnya Kebersihan Sekolah


KATA PENGANTAR

 Puji dan syukur kami panjatkan khadirat Tuhan Yang Maha Esa,karena hanya dengan Rahmat dan Penyertaan-Nya kami dapat menyelesaikan karya tulis ilmiah yang berjudul “ Kebersihan Lingkungan Sekolah “ ini.Dengan karya tulis ini, kita dapat belajar dan dapat memahami cara hidupsehat dan aktif dalam kegiatan di sekolah.
 Kami sebagai penulis pastinya memiliki beberapa tujuan penting dalam menjaga kebersihan lingkungan sekolah, agar dapat menjaga kebersihan di ruangan kelas. Tujuan ini pastinya agar siswa siswi dapat mengikuti dan menerima pelajaran yang diberikan oleh Bapak / Ibu guru di kelas.
Dengan demikian, kita semuanya harus menjaga kebersihan lingkungan kita disekolah. Karena bila lingkungan bersih, maka setiap siswa akan dapat menghirup oksigen yang bersih dan ramah lingkungan. Sehingga otak manusia dapat berfungsi di saat pekarangan kelas dan sekolah bersih tanpa ada sampah atau sejenisnya.


Penulis



DAFTAR ISI

KATA PENGANTAR......................................................................................................    i
DAFTAR ISI.....................................................................................................................    ii
BAB I PENDAHULUAN................................................................................................    1
A.   Latar Belakang...................................................................................................    1
B.   Rumusan masalah............................................................................................    1
C.   Tujuan Penulisan...............................................................................................    1
BAB II PEMBAHASAN..................................................................................................    2
A.   Pengertian Kebersihann Lingkungan ............................................................    2
B.   Pengertian Siswa...............................................................................................    2
C.   Syarat-syarat lingkungan yang sehat ............................................................    2
D.   Cara-cara membersihkan lingkungan sekolah.............................................    3
E.   Cara-cara menyadarkan siswa-siswi..............................................................    4
F.    Menjaga kebersihan sekolah ..........................................................................    4
G.   Pentingnya Keberishan Sekolah.....................................................................    5
BAB III PENUTUP..........................................................................................................    6
A.   Kesimpulan.........................................................................................................    6
B.   Saran....................................................................................................................    6
DAFTAR PUSTAKA.......................................................................................................    7

BAB I
PENDAHULUAN

A.   Latar Belakang Masalah
Kebersihan lingkungan sangat perlu kita jaga , baik dilingkungan peribadi maupun umum . Kebersihan lingkungan merupakan faktor penting untuk menjaga diri kita . Salah satu lingkungan yang harus kita jaga adalah lingkungan sekolah. Lingkungan sekolah yang bersih akan membuat nyaman siswa-siswi dalam belajar, bahkan guru pun ikut merasa nyaman dalam proses mengajar.
 Sampah merupan benda yang sudah tidak dapat digunakan lagi. Ini diperjelas dalam kutipan buku yang berjudul “penanganan sampah” yang berbunyi: “Sampah adalah suatu bahanyang terbuang atau dibuang dari sumber hasil aktifitas manusia maupun alam yang belum memiliki nilai ekonomis.”
Di sekolah banyak terdapat slogan tentang pentingnya menjaga kebersihan . Tetapi sepertinya itu belum bisa menyadarkan para siswa yang masih bersikap apatis dalam menjaga kebersihan. untuk itu penulis menyusun karya tulis ini dengan judul upaya menjaga kebersihan sekolah oleh siswa. Supaya para pembaca menyadari bahwa menjaga kebersihan lingkungan itu sanghat  penting. Karna sesunggunya kebersihan adalah sebagian dari iman. Jadi kita harus selalu bersih, agar terhindar dari berbagai penyakit.

B.   Rumusan Masalah
1.     Pengertian kebersihan lingkungan dan siswa ?
2.     Syarat-syarat lingkungan yang sehat ?
3.     Cara-cara menjaga lingkungan sekolah ?
4.     Cara-cara membersihkan lingkungan sekolah ?
5.     Upaya menjaga kebersihan sekolah oleh siswa  ?

C.   Tujuan Penulisan
1.    Menjelaskan Pengertian kebersihan lingkungan dan siswa
2.    Menyebutkan Syarat-syarat lingkungan yang sehat
3.    Mengetahui  Cara-cara menjaga lingkungan sekolah
4.    Menjelaskan  Cara-cara membersihkan lingkungan sekolah
5.    Mengeahui  Upaya menjaga kebersihan sekolah oleh siswa  

BAB II
PEMBAHASAN

A.   Pengertian Kebersihann Lingkungan
Kebersihan lingkungan adalah keadan dimana lingkungan tersebut bebas dari segala kotoran, seperti debu, sampah, serta bau. Setiap orang pasti menginginkan lingkungan yang bersih dan sehat. Lingkungan yang bersih merupakan hal yang tidak terpisah dari kehidupan manusia dan merupakan unsur yang fundamental dalam ilmu kesehatan dan pencernaan.
Kebersihan lingkungan adalah menciptakan lingkungan yang sehat sehingga tidak mudah terserang berbagai penyakit seperti deman berdarah,  muntaber, dan lain-lain . Ini dapat dicapai dengan menciptakan suatu lingkungan yang bersih indah dan nyaman .

B.   Pengertian Siswa
Pengertian siswa dalam isi kutipan buku yang berjudul “mengajar kelas multikultural” yang berbunyi
“Siswa adalah pribadi dengan potensi kebingungan  pengabdian atas aturan yang disepakati , jemu atas jalan keluar yang tak kunjung ada dan mengharap terlalu tinggi akan kepuasan diri”.
Siswa akan mudah mengerti apabila siswa  tersebut merasakan nyaman dan akan berkonsentrasi dalam belajar . Jadi kita sebagai siswa harus terus menjaga lingkungan sekolah .
 Siswa juga sering disebut dengan murdi, murid adalah subyek sekaligus obyek pendidikan atau pembelajaran. Murid juga merupakan bagian yang sangat pentik dalam dunia pendidikan secara umum. Oleh karmna itu, pendik atau guru, dituntut memperhatikan kebutuhan murid. Adapun perhatian utama yang diperlukan adalah tentang cara belajar siswa atau murid ini.

C.   Syarat-syarat lingkungan yang sehat
-          Keadaan Air
Air yang sehat adalah air yang tidak berbau , tidak tercemar dan dapat dilihat kejernihan air tersebut. Kalau sudah pasti kebertsihannya dimasak dengan suhu 1000C sehingga bakteri yang berada diair tersebat mati .
-          Keadaan udara
Udara yang nsehat adalah udara yang didalamnya terdapat yang kita perlukan . contohnya oksigen dan didalamnya tidak tercemar oleh zat-zat yang merusak tubuh . Contohnya CO2( Zat carbon-dioksida ).
-          Keadaan tanah
Tanah yang baik dan sehat adalah tanah yang baik untuk penanaman suatu tumbuhan, dan tidak tercemar oleh zat-zat logam berat.

D.   Cara-cara membersihkan lingkungan sekolah
Cara membersihkan lingkungan sekolah sebagai berikut :
-          Siapkan pralatan pembersih  mulai dari sarung tangan, masker, kemoceng, sapu ijuk, sapu lidi, sapu ijik panjang, kain lap, kain pel, sempotan air atau spray, dan ember.
-          Gunakan masker dan sarung tangan dan masker.
-          Bersihkan plafon sekolah menggunakan sapu ijuk panjang.
-          Bersihkan meja. Kursi, vas bunga, bingkai foto, jam, dan sela-sals jendela menggunakan kemoceng.
-          Menyapu ruangan kelas menggunakan sqapu ijuk, lalu mengisi ember dengan air . Tambahkan super pel utuk menimbulkan bau harum dalam ruangan. Pellah semua ruangan kelas.
-          Menyapu halaman depan dan belakang kelas menggunakan sapu lidi. Kumpulkan sampah lalu pisahkan sampah organik dan non organik. Sampah organik dapat kita jadikan pupuk kompos. Sedangkan non organik kita dapat mengubahnya menjadi barang daur ulang.
-          Membersihkan kotoran-kotoran yang menempel pada pintu atau jendela menggunakan lap kain, dapat digunakan dalam keadaan basah atau kering.
-          Menguras bak wc seminggu sekali agar tidak tumbuh jentrik-jentik nyamuk.
-          Menggosok dan membersikan wc dapat menjaga kebersihan dan memberi efek nyman bagi siswa.
-          Lakukan semua dengan teratur.

E.   Cara-cara menyadarkan siswa-siswi
Cara menyadarkan siswa dalam pentingnya menjaga lingkungan memang sangat sulit. Sebenarnya kurang kesadaran para siswa dan kemauan berubah itu tidak ada. Oleh karna itu faktor utama yang menjadikan kurangnya kebersisan linngkungan sekolah dan sekitar adalah diri kita sendiri. Untuk mengubah semua itu, ada beberapa cara untuk menghilangkan prilaku malas dan prilaku buruk yang lainya yaitu:
  Membiasakan membung sampah pada tempatnya.
  Tidak  membuang sampah sembarangan.
  Melakukan piket kelas secara teratus.
  Melakukan gotong royang setiap hari saptu.
  Membersihkan wc seminggu sekali
  Menguras bak-bak yang ada di wc guru dan murit seminggu sekali.
Dengan melakukan hal-hal tersebut diharapkan nantinya akan menumbuhkan rasa sadar terhadap siswa-siswi smp negeri 3 pelepat ilir dalam menjaga lingkungan.

F.    Menjaga kebersihan sekolah
Sekolah merupakan salah satu lembaga formal pendidikan yang berfungsi meningkatkan pengetahuan dan kemampuan anak. Sekolah juga merupakan tempat kita memperoleh berbagai ilmu pengetahuan sebagai bekal untuk bertahan hidup dikemudian hari paham dan pengenalan mengenal lingkungan dapat diperoleh anak melalui pendidikan disekolah.Cara menjaga lingkungan tempat belajar yaitu:
-          Menyusun program sekolah hijau.
-          Mendaftar atau menginvestasika dan melaksanakan program sekolah hijau yaitu: membangun kegiatan apotek hidip ditempat belajar. Mengurangi atau menghemat lamou, pendingin ruangan kelas, konsumsi air, dan energi lainnya. Membangun mekanisme pembangunan sampah ditempat belajar. Membiasakann untuk kegiatan hemat atau bahkan mendaur ulang semua kertas, plastik dan sejenis. Menyediakan tempat sampah berdasarkan jenis sampah. Mengkondisikan kegiatan ekxtra kulikuler berbasis lingkungan, seperti kelompok hijau, pecintaalam, dan sejenisnya. Melakukan diskusi atau studi khusus tentang pemeliharaan lingkungan tempat belajar dan sejenisnya.


G.   Pentingnya Kebersihan Sekolah
-          Kebersihan Lingkungan Sekolah Menambah Semangat Siswa dalam Belajar
-          Dalam setiap aspek dan perilaku siswa tentunya tampak dari kebiasaan nya setiap hari. Demikianlah dengan lingkungan kelas bahkan lingkungan sekolah sekalipun. Bila lingkungan sekolah termasuk ruangan kelas bersih dan ditata sebaik – baiknya, maka motivasi belajar yang timbul pun akan mengajak siswa untuk semangat dalam mengikuti pembelajaran.      
-          Kebersihan lingkungan menjadi keunggulan sekolah
-          Kita tahu, bahwa kebersihan lingkungan sekolah juga berdampak dan berpengaruh besar bagi siswa terlebih lagi bagi sekolah itu sendiri. Karena semua orang pasti menyelidiki situasi maupun keadaan sekolah sebelum menjadi siswa disekolah tersebut. Jadi, untuk menjaga nama baik sekolah, setiap penggerak – penggeraknya harus menjaga kebersihan dan kenyamanan di sekolah serta keamanan disekolah. 
-          Kebersihan dapat Melancarkan Otak Manusia
-          Perlu kita tahu bahwa lingkungan bersih atau tidaknya berdampak besar bagi otak manusia. Karena oksigen berupa O2 yang dihirup melalui paru – paru sebagian besar berfungsi untuk memperlancar peredaran darah melalui saraf otak manusia. Hal inilah yang selalu dikhawatirkan oleh manusia. Sehingga mereka dapat menjaga kebersihan lingkungan di sekitarnya.
-          Terhindar dari Penyakit yang Disebabkan Lingkungan yang Tidak Sehat
-          Dengan adanya lingkungan yang bersih, kita bisa terhindar dari berbagai penyakit. Contohnya saja jika air di kamar mandi sekolah dipenuhi jentik nyamuk, kemungkinan besar siswa siswi di sekolah akan terkena penyakit terutama demam berdarah. Maka dari itu kita harus menjaga kebersihan lingkungan. 
-          Lingkungan Menjadi Bersih, Sehat, dan Nyaman
-          Apabila lingkungan sekolah kita sehat, warga sekolah pun akan nyaman berada di sekolah. Berbeda apabila lingkungannya kotor, warga sekolah tidak akan nyaman dan    orang - orang pun merasa malas memasuki lingkungan sekolah yang kotor.
-          Penanaman Pohon dan Tanaman Baik untuk Lingkungan
-          Bila di lingkungan sekolah ditanami pohon – pohon rindang dan beberapa tanaman hias, maka di tempat itu pasti banyak terdapat oksigen yang bersih dan segar. Dan pohon – pohonan juga dapat mengurangi polusi dan sinar matahari secara langsung. Selain itu juga dapat menjadikan lingkungan tampak cantik oleh warna warni tanaman hias yang di tata rapi.


BAB III
PENUTUP

A.   Kesimpulan
Kesimpulan dari pembahasan diatas adalah kebersihan sekolah harus dijaga bersama-sama agar terbentuk suasana aman dan nyaman dalam proses belajar mengajar. Siswa-siswi smp negeri 3 pelepat ilir harus memiliki kesedaran diri menjaga kebersihan sekolah.
B.   Saran
1.      Selalu membuang sampah pada tempatnya
2.      Memenuhi tata tertip sekolah
3.      Menjaga peralatan yang digunakan untuk pembersihan
4.      Selalu gotong royong setiap hari sabtu




DAFTAR PUSTAKA


http://www.warnetgadis.com/2017/03/makalah-pentingnya-kebersihan-sekolah.html
Al-Aziiz, Arief nur rahman. Dkk. 2015. “Buku PR pendidikan Agama Islam”. Klaten : Intan pariwara.
Mustiawati.  2010. “Mengajar kelas multikultural”. Jakarta timur: CV. Sahala Adidayatama.
Sisyantoko. 2008. “Penanganan Sampah”. Jakarta : CV. Citraunggul laksana.
http://dzumanjipunya.wordpress.com/2012/01/02/kesehatan-lingkungan/.

 UNTUK VERSI SOFTCOPY (TULISAN + GAMBAR + EDIT + RAPI)
SILAHKAN DATANG KE WARNET GADIS.NET / SMS
SIMPANG SMPN 1 SITIUNG, DHARMASRAYA
08777-07-33330 / 0853-6527-3605 
HARGA BERSAHABAT

0 Response to "Makalah Pentingnya Kebersihan Sekolah"

Post a Comment