Warnet gadisnet

Warnet gadisnet
loading...

Materi Debat Tentang Korupsi Lengkap



PRO
1)    Saya sangat setuju dengan hukuman mati bagi para koruptor. Karena kasus korupsi di Indonesia sangat banyak. Dengan hukuman mati tersebut, koruptor akan menjadi jera dan Indonesia akan terbebaskan dari kasus korupsi.
2)    Negara ini sudah rusak karena korupsi dimana-mana. Bahkan terjadi pada pihak yang seharusnya bertindak dikasus ini. Seperti Jaksa, Hakim dan Polisi. Hanya hukuman matilah yang dapat memberhentikan kasus korupsi.
3)    Bila dibandingkan dengan negara Arab, Indonesia harusnya menerapkan hukuman mati. Karena hukuman mati di Arab sangatlah efektif dan dapat mengurangi kasus korupsi.
4)    Hutang Indonesia sangatlah banyak kepada PBB (Perserikatan Bangsa-bangsa). Pada tahun 2012 Indonesia mempunyai hutang sebesar 1960 Triliun. Dan itu disebabkan oleh korupsi. Bila tidak diterapkan hukuman mati, maka Indonesia akan semakin banyak mempunyai hutang kepada PBB.

Penegasan pro
Lebih baik membunuh satu-persatu koruptor dan menyelamatkan jutaan masyarakat di Indonesia dari pada harus mengkasihani koruptor namun merugikan jutaan masyarakat Indonesia.


KONTRA
1)    Saya tidak setuju bila hukuman mati diterapkan di Indonesia. Karena itu bertentangan dengan HAM (Hak Asasi Manusia) yaitu hak bebas hidup dan sangat merendahkan manusia.
2)    Tidak akan menimbulkan efek jera bagi para koruptor dan belum ada bukti ilmiah yang membuktikan bahwa hukuman mati dapat memberikan efek bagi koruptor. Tidak menutup kemungkinan, hukuman mati justru akan membuat para koruptor membuat cara yang lebih canggih dan kreatif dalam melakukan korupsi.
3)    Tidak akan menyelesaikan masalah. Karena bisa saja pengacara atau keluarga koruptor membandingkan masalahnya dengan masalah yang lain. Seperti pembunuhan, seorang pembunuh telah menghilangkan nyawa orang lain tetapi pembunuh tersebut hanya dipenjara. Seharusnya nyawa dibayar dengan nyawa, bukan hukuman penjara.
4)    Jika disamakan dengan China dan Arab, Indonesia salah jika menerapkan hukuman mati. Karena China adalah negara nomor 1 didunia dengan kasus korupsi terbanyak. Padahal China sudah menerapkan hukuman mati bagi koruptor. Dan Arab adalah negara yang menggunakan hukum Islam. Jadi wajar saja jika Arab menerapkan hukuman mati bagi para koruptor. Sedangkan Indonesia menerapkan hukum Konstitusi bukan hukuman Islam.

Penegasan kontra:
Saya tetap tidak setuju bila hukuman mati diterapkan di Indonesia. Hukuman yang lebih tepat bagi para koruptor adalah memenjarakannya  seumur hidup namun, jangan sampai hukuman tersebut dimanfaatkan oleh pihak tertentu dan dengan cara memperbaiki hati nurani koruptor agar tidak mengulanginya.

NETRAL
1)    Saya setuju hukuman mati diterapkan karena itu bisa membuat koruptor menjadi jera. Namun hukuman mati tersebut harus benar terbukti akan membuat koruptor menjadi jera. Karena belum ada bukti ilmiah hukuman mati dapat membuat koruptor menjadi jera.
2)    Saya setuju karena koruptor itu telah merugikan banyak pihak. Namun, bukan hanya hukuman mati yang dapat membuat jera. Koruptor juga manusia yang mempunyai hati nurani. Dan semua berasal dari hati. Maka dari itu perbaikan hati nuranilah yang seharusnya diterapkan sebelum hukuman mati.
3)    Hukuman mati boleh saja diterapkan di Indonesia. Namun, kita juga harus mengambil pelajaran dari negara yang menerapkan dan tidak menerapkan hukuman mati.
4)    Hukuman mati seharusnya dilaksanakan bagi para koruptor. Namun, jangan sampai hukuman mati tersebut hanya menjadi kepuasan dan kesenangan bagi masyarakat Indonesia yang sudah membenci koruptor.

Penegasan netral:
Hukuman mati di Indonesia boleh diterapkan bila koruptor sudah benar-benar membuat negara menjadi krisis dan kemunduran yang sangat jauh. Dan pemerintah harusnya sudah mulai memikirkannya sejak dini agar tidak salah mengambil keputusan.

Sumber :
http://ankafadlyalrizky.blogspot.co.id

0 Response to "Materi Debat Tentang Korupsi Lengkap"

Post a Comment