Warnet gadisnet

Warnet gadisnet
loading...
loading...

Pidato Menumbuh Kembangkan budaya Baca Kaum Muda Lengkap


Menumbuh Kembangkan budaya Baca Kaum Muda 1

Assalamualaikum Wr. Wb. Selamat pagi dan salam sejahtera bagi kita semua. Yang saya hormati bapak/ibu dewan juri di SMK PGRI 4 Pasuruan, Bapak / ibu guru yang hadir disini. Dan yang saya sayangi teman-teman sekalian. Pertama-tama marilah kita panjatkan puji dan syukur kepada Allah SWT yang telah memberikan kita kesempatan dan keselamatan sehingga kita dapat hadir di ruangan ini untuk mengikuti lomba pidato yang bertemakan meningkatkan minat membaca siswa.
Para hadirin yang saya hormati. Buku adalah jendela dunia, dengan membaca kita bisa menjelajah dunia. Namun sayangnya, semboyan tersebut hanya dipergunakan sebagai penghias semata. Pada kenyataannya, minat baca pada kalangan anak masih memiliki tingkat kesadaran yang rendah. Tetapi, sebenarnya membaca memiliki banyak sekali manfaat. Ada 10 keuntungan dari membaca,  Pertama, kita terhindar dari kebodohan. Kedua, kita bisa meningkatkan konsentrasi. Ketiga, kita bisa menjadi tahu akan sesuatu hal yang semula belum tahu sama sekali. Keempat, kita dapat mengembangkan kefasihan bertutur kata. Kelima, kita dapat mengungkapkan sesuatu secara lisan dengan mudah. Keenam, kita dapat mengeksplorasi dan mengembangkan materi yang ingin kita ungkapkan. Ketujuh, kita dapat mengambil manfaat dari pengalaman orang lain . Kedelapan, kita bisa membangun Negara. Kesembilan, kita bisa mengetahui kronologi suatu peristiwa. Kesepuluh, kita bisa menghilangkan stress. Dari keuntungan – keuntungan tersebut dapat disimpulkan bahwa membaca itu penting, karena dengan membaca kita dapat memperoleh informasi atau ilmu pengetahuan yang tidak hanya bermanfaat bagi kita namun bagi orang lain pula.

Hadirin yang berbahagia. Setelah mengetahui pentingnya membaca, alangkah baik apabila kita meningkatkan minat kita terhadap kegiatan tersebut. Namun ketertarikan terhadap membaca bukanlah hal yang dapat timbul secara tiba-tiba. Tetapi membutuhkan waktu dan latihan secara terus-menerus. Oleh karena itu minat membaca ini harus diawali sejak dini, agar kita terbiasa dan tentu saja memperoleh manfaat yang besar pula.
Bila berbicara masalah mengembangkan minat baca pada siswa, salah satu pihak yang berperan aktif ialah pemerintah. Karena pemerintah juga mempunyai tugas mencerdaskan anak bangsa agar terwujudnya Negara yang maju serta dapat bersaing dengan Negara-negara maju lainnya.  Banyak sekali program-program yang bisa ditempuh pemerintah agar meningkatkan minat membaca, yaitu :


1.      Program perpustakaan keliling hingga ke daerah pelosok.
2.      Pembenahan perpustakaan kota beserta perpustakaan sekolah dengan fasilitas yang bagus, memadai dan pastinya menyediakan pustakawan yang ramah.
3.      Memberikan buku gratis.
4.      Mengadakan lomba yang berhubungan dengan membaca.
5.      Mempromosikan gerak gemar membaca di lingkungan sekolah atau memasangkan gerakan tersebut berupa slogan dan baliho di jalan raya.
6.      Menyediakan stand tempat baca koran di sudut-sudut kota.
7.      Memberikan penyuluhan kepada orang tua bahwa pentingnya belajar membaca kepada anak sejak dini melalui media.
Para hadirin yang saya hormati. Banyak cara untuk meningkatkan minat membaca bagi kita. Pertama, ciptakan suasana yang nyaman saat membaca. Yang perlu diperhatikan suasana kenyamanan membaca ialah mengatur jarak membaca minimal 30 cm, tidak dalam posisi tidur, dan carilah tempat membaca dengan sumber penerangan yang baik. Kedua lakukan secara bertahap. Misalnya dari selembar artikel, bertahap ke buku yang tipis hingga buku yang tebal. Selanjutnya cermati apa yang kita baca agar dapat diterima ilmunya secara maksimal. Dan yang terakhir, sampaikan apa yang kita baca kepada orang lain agar lebih bermanfaat. Namun kita harus tahu waktu dan tempat serta situasi agar orang yang kita ajak bicara tidak tersinggung.
Oleh karena itu, marilah kita jadikan membaca sebagai sebuah rutinitas dan menyebabkan membaca menjadi sebuah kebiasaan atau bahkan kebutuhan. Maka kita akan merasakan manfaat-manfaat yang besar, yang timbul karena kegiatan membaca tersebut.
Hadirin yang berbahagia. Demikianlah pidato dari saya. Semoga bermanfaat bagi kita semua. Dan tak lupa pula saya mohon maaf apabila ada kata-kata yang kurang berkenan di hati anda. Saya akhiri dengan Wassalamualaikum Wr. Wb




Menumbuh Kembangkan budaya Baca Kaum Muda 2
  
Puji syukur ke hadirat Allah SWT karena atas karunia-Nya, kita dapat berkumpul pada acara ini dalam keadaan sehat walafiat. Selawat serta salam semoga selalu tercurahkan kepada junjungan kita, Nabi Muhammad SAW yang kita nantikan syafaatnya di yaumul qiyamah. Allohumma aamiin.
Hadirin yang saya hormati,
            Pada kesempatan ini, perkenankanlah saya menyampaikan sedikit uraian mengenai pentingnya budaya membaca. Seperti kita tahu, minat baca di Indonesia masih sangat rendah. Hasil survei UNESCO menunjukkan bahwa minat baca masyarakat yang paling rendah di ASEAN adalah Indonesia. Rendahnya minat baca ini dibuktikan dengan indeks membaca masyarakat Indonesia yang baru sekitar 0,001, artinya dari seribu penduduk, hanya ada satu orang yang masih memiliki minat baca tinggi. Angka ini masih sangat jauh dibandingkan dengan angka minat baca di Singapura yang memiliki indeks membaca sampai 0,45.Minimnya budaya membaca bangsa kita adalah persoalan yang sangat krusial. Sayangnya, krisis budaya membaca yang dialami bangsa Indonesia saat ini masih belum memperoleh perhatian yang cukup layak. Padahal, pentingnya peran budaya baca dalam memperteguh dan mengembangkan peradaban,watak, dan harga diri bangsa sangat besar.
Hadirin yang berbahagia,
Membaca bagi kebanyakan orang pada zaman sekarang ini merupakan kegiatan yang membosankan. Padahal, ada banyak manfaat yang bisa kita dapatkan dari membaca. Tidak sekadar menguatkan sisi intelektual, membaca juga dapat mengasah sisi afektif dan nurani pelajar. Kedewasaan berpikir dan bertindak salah satunya terbentuk dari kebiasaan membaca. Membaca juga merupakan sarana hiburan, terutama jika kita membaca topik-topik yang kita sukai, sehingga dapat melatih daya kreativitas dan imajinasi kita. Dan secara tidak langsung, membaca juga dapat menambah kosakata kita. Bahkan, menurut para peneliti, membaca buku atau majalah dapat menunda atau mencegah kehilangan memori karena sel-sel otak dapat terhubung dan tumbuh. Dengan kata lain, membaca dapat meningkatkan memori otak dan mencegah penyakit Alzheimer.
Hadirin yang saya hormati,
Membaca bukanlah kebiasaan yang biasa, tetapi hal biasa yang harus dibiasakan. Harry Truman mengatakan, “Not every reader is a leader, but a leader must be a reader.” Tidak setiap kutu buku adalah pemimpin, namun setiap pemimpin haruslah kutu buku. Jadi, apa jadinya negeri kita ini jika pemimpinnya tidak menjadikan membaca sebagai rutinitas sehari-hari. Oleh karena itu, sebagai generasi penerus bangsa, kita harus belajar mencintai membaca karena membaca adalah hal yang sangat penting untuk masa depan kita dan bangsa kita. Seperti yang dikatakan oleh Milan Kudera, “Jika ingin menghancurkan sebuah bangsa dan peradaban, hancurkan buku-bukunya, maka pastilah bangsa itu akan musnah.” Maka dari itu, untuk menjauhkan bangsa kita dari kemusnahan, mari kita ciptakan generasi penerus bangsa yang cerdas dan berpikiran maju!
Akhir kata, izinkan saya mengutip ayat pertama yang diturunkan Allah SWT kepada Nabi Muhammad SAW, “Bacalah! Dengan (menyebut) nama Tuhan-mu Yang menciptakan.” Sesuatu yang didahulukan pastilah hal yang penting bukan?
            Demikian yang dapat saya sampaikan. Mohon maaf apabila terdapat tutur kata yang kurang berkenan di hati hadirin. Terima kasih.
Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

Sumber :
http://erilhidayat.blogspot.co.id



0 Response to "Pidato Menumbuh Kembangkan budaya Baca Kaum Muda Lengkap"

Post a Comment