Warnet gadisnet

Warnet gadisnet
loading...

Laporan Kegiatan Terbaik 2017


BAB I
PENDAHULUAN
            Dunia pendidikan merupakan wadah potensial yang membentuk kesiapan generasi muda dengan modal kompetensi yang berkualitas. Dalam dunia pendidikan, khususnya dunia pendidikan di perguruan tinggi, kunjungan industri dinilai sebagai langkah tepat untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dan pemahaman sekaligus praktik nyata sebagai hakikat kompetensi itu sendiri. Hal tersebut dilakukan dengan metode observasi langsung berkaitan dengan teori-teori yang telah dipelajari.
    Globalisasi yang pada gilirannnya disusul dengan perdagangan bebas merupakan tantangan nyata yang harus dihadapi. Kesiapan generasi muda sebagai penerus bangsa dalam menghadapinya akan menentukan apakah globalisasi tersebut merupakan ancaman ataukah suatu kendaraan menuju kemajuan untuk menggapai kehidupan yang lebih baik. Maka sebagai generasi penerus bangsa sangat dibutuhkan kompetensi yang memadai untuk terjun dalam persaingan global tersebut.
    Kunjungan industri merupakan salah satu kegiatan mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi yang diadakan sebagai praktik nyata mata kuliah dengan tujuan untuk memperluas wawasan dan menambah pengalaman serta meningkatkan kualitas belajar mengajar dalam mengaplikasikan teori yang diajarkan dan dipelajari.
    Kunjungan industri merupakan salah satu upaya pembelajaran yang dilakukan dengan metode observasi langsung. Melalui metode ini diharapkan akan tercipta pembelajaran yang efektif, sehingga mahasiswa lebih memahami aplikasi teori-teori yang diajarkan selama kuliah.


BAB II
MAKSUD DAN TUJUAN
  1. MAKSUD
·         Peserta dapat memahami dan membandingkan secara langsung realitas kerja yang ada di lapangan dengan ilmu (teori) dari apa yang telah dipelajari.
·         Memperluas cakrawala berfikir mahasiswa
·         Terjalinnya pola hubungan mutualisme antara perusahaan selaku dunia usaha dengan aktivitas akademika
  1. TUJUAN
·         Menggali ilmu dan pengalaman dari objek lapangan
·         Menjalin hubungan kerja antara perusahaan/ pelaku usaha dengan aktivitas akademika
·         Memperkenalkan dunia usaha yang sesungguhnya kepada mahasiswa
·         Menyeimbangkan pola pikir dan pola kerja yang dinamis

BAB III
SASARAN
Sasaran dari kegiatan kunjungan industri ini adalah mahasiswa Jurusan Akuntansi dan Manajemen STIE Widya Wiwaha, khususnya yang megambi mata kuliah Komunikasi Bisnis dan Manajemen operasi. Sejumlah 72 mahasiswa.

BAB IV
NAMA KEGIATAN
Visit Factory: Widya Wiwaha Visitting to Learnning 2013



BAB V
TEMA KEGIATAN
” Kunjungan Industri sebagai Aplikasi Pembelajaran yang Nyata

BAB VI
BENTUK KEGIATAN
    Bentuk kegiatan ini adalah berupa observasi atau pengamatan secara langsung oleh Mahasiswa yang dilaksanakan dilapangan/ perusahaan melalui pembinaan dan pengarahan dari dosen pembimbing serta dibawah pengawasan dan kendali dari pihak yang berwenang di perusahaan yang terkait.

BAB VII
PELAKSANAAN
    Hari / tanggal                      : Senin, 20 Mei 2013
    Tempat berkumpul             : Kampus STIE Widya Wiwaha
                                                 Jl. Lowanu ,Surosutan UH VI/20 Yogyakarta
    Tempat                               : PT. Sido Muncul Tbk.
Jl. Soekarno Hatta Km. 28 Bergas, Klepu, Semarang, Jawa
Tengah


BAB VIII
PENYELENGGARA

Kegiatan ini diselenggarakan secara langsung oleh Himpunan Mahasiswa Jurusan Manajemen dan Akuntansi STIE Widya Wiwaha Yogyakarta melalui kepanitiaan (terlampir) yang telah dibentuk dan bekerja sama dengan perusahaan yang terkait, yakni PT. Sido Muncul Tbk. Kesekretariatan Himpunan Mahasiswa Jurusan Manajemen dan Akuntansi STIE Widya Wiwaha Yogyakarta adalah :
Alamat             : Jl. Lowanu ,Surosutan UH VI/20 Yogyakarta
Telp.                : 087839488987 (Nofita)
  083840323292 (Riyan)
e-mail              : hmjm.stieww@gmail.com

BAB XII
HASIL KEGIATAN
    Kegiatan kunjungan berlangsung seharian, termasuk perjalanan berangkat dan pulang yang cukup menyita waktu dengan perbandingan jarak yang ditempuh. Kegiatan tersebut pada dasarnya lancar sesuai rencana, tetapi terdapat sedikit perubahan dengan mempertimbangkan kondisi yang ada.
Keterlambatan peserta kunjungan berakibat pada perubahan jadwal. Pemberangkatan tertunda untuk menunggu panitia. Keputusan tersebut berakibat pada berubahnya rencana awal. Termasuk keterlambatan sampai di tujuan. Selain itu, terdapat perubahan rencana awal, yaitu berkunjung ke salah satu pusat kota Semarang yang harus dibatalkan mengingat adanya beberapa halangan dan pertimbangan yang muncul. Halangan yang ada adalah waktu yang tidak memungkinkan ditambah dengan tidak mendapatkannya pemberhentian bus yang seharusnya, yang berakibat salah satu rencana sesuai yang dibuat harus dihilangkan.
Di tempat tujuan, peserta mempunyai tugas untuk memperoleh sebanyak mungkin informasi terkait produksi di perusahaan PT Sidomuncul tbk. Di mulai dari pengenalan bahan baku yang masih mentah kemudian dilanjutkan dengan pengolahan berbagai macam bahan baku yang masing-masing berbeda pengolahannya. Selanjutnya peserta juga dapat melihat lab-lab tempat uji kelayakan obat, penentuan komposisi obat, dan juga bagian pengemasan pada akhir sesi. Seselesai mengeksplorasi pabrik, peserta mendapat kesempatan untuk melihat kebu binatang mini milik perusahaan yang tidak jauh dari pabrik. Kemudian dilanjutka denga sesi ramah tamahn dan penyerahan kenang-kenangan kepada masing-masing pihak, pihak panitia dan perusahaan.
Rencana sampai di kampus ternyata juga tidak sesuai denga rencana. Faktor utamanya adalah kemacetan sepanjang jalur antara Jogja-Semarang.

BAB XIII
HAMBATAN
1.    Kurangnya komunikasi antar panitia dalam menghadapi peserta
2.    Peserta yang tidak mampu konsekuen dengan jadwal
3.    Perubahan acara yang mendadak
4.    Kurangnya perangkat pendukung yang diperlukan dalam kegiatan

BAB XIV
SARAN
1.    Memperbaiki komuikasi antar panitia agar saling bekerja sama dan mendukung sesama
2.    Panitia hendaknya memunyai rencana cadangan dengan segala kemungkinan
3.    Mempersiapkan perangkat yang mungkin diperlukan guna kelancaran kegiatan
4.    Penerapan sanksi pada peserta jika diperlukan


BAB XV
PENUTUP
 Perencanaan merupakan langkah awal dalam penyelenggaraan kunjungan industri ini, kerjasama yang baik dari semua pihak dalam implementasinya merupakan kunci utama suatu keberhasilan. Akhirnya dengan penuh rasa syukur, kami menutup laporan pertanggungjawaban kunjungan industri ini.
Selanjutnya, kami ucapkan terima kasih kepada pihak-pihak yang turut terlibat dalam kesuksesan kegiatan kunjungan industri tersebut. Semoga dengan adanya kegiatan ini, dapat memberikan manfaat yang nyata.


PANITIA PELAKSANA
VISIT FACTORY WIDYA WIWAHA VISITTING TO LEARNNING 2013

Ketua panitia 

Sekretaris 






Aris Darmawan

Condro Riyanto 
NIM : 111112580

NIM : 111112707 


0 Response to "Laporan Kegiatan Terbaik 2017"

Post a Comment