Warnet gadisnet

Warnet gadisnet

Artikel Biologi Itu MENYENANGKAN !


Mengapa Harus Biologi ?

Biologi berasal dari Bio yang artinya hidup, dan Logos yang artinya ilmu. Jadi, biologi adalah ilmu yang mempelajari tentang makhluk hidup. Kata lain, biologi merupakan ilmu alam yang mempelajari tentang kehidupan, serta organisme makhluk hidup termasuk didalamnya berupa struktur, evolusi, persebaran, fungsi pertumbuhan serta taksonomi.
Mengapa harus biologi ?
Hal itu menjadi pertanyaan, jawabannya adalah karena biologi itu merupakan salah satu ilmu yang bagi kehidupan di dunia. Karna, mempelajari tentang seluruh makhluk hidup, baik dari manusia, tumbuhan, hewan dan organisme lainnya. Biologisalah satu ilmu yang menentukan dalam kemajuan dan perkembangan pengetahuan dan teknologi, karenaa biologi itu perlu kemampuan berfikir lebih luas dan logis serta sistematis, dan tak lupa harus  berfikir kreatif pula.
Biologi bukanlah ilmu yang berdiri sendiri, melainkan ilmu yang berdampingan dengan ilmu lainnya dan juga dapat membantu dalam memahami materi-materi lainnya di ilmu pengetahuan lainnya. Tanpa ilmu biologi manusia akan sulit untuk mengerti makhluk hidup lainnya, entah itu dari pertumbuhannya, perkembangannya, organ-organ, penyakit dan lain-lain yang berhubungan dengan makhluk hidup.

Ilmu biologi juga berkaitan dengan ilmu kimia yang telah melahirkan ilmu-ilmu baru seperti karmakalogi, biologi molekuler dan biokimia. Ilmu biologi seperti ilmu fisika seperti biofisika, radiobiologi dan kedokteran nuklir. Biologi juga dapat memecahkan suatu masalah yang dapat menimbulkan masalah yang komplek sehingga biologi itu dapat membantu kegiatan dan kebutuhan manusia dan makhluk hidup lainnya. Bila kita mempelajari biologi dan megkaji masalah yang berkaitan dengan makhluk hidup dan dengan kita belajar biologi kita dapat mengetahui makhluk hidup yang kita anggap tidak penting tetapi ternyata bermanfaat, juga menambah informasi, dan ternyata biologi mempunyai materi yang bermanfaat yang bisa dipelajari.
Kenapa biologi? Karena biologi memberi manfaat antara lain :
1)      Dapat membantu mengembangkan iptek untuk meningkatkan kualitas hidup, kesejahteraannya dan ekonomi suatu negara.
2)      Dapat menjaga kesehatan dengan baik melalui pola hidup sehat dan menentukan berbagai penyebab dan pengobatan berbagai penyakit baik pada manusia, hewan maupun tumbuhan.
3)      Menjawab permasalahan dengan menggunakan berbagai metode ilmiah.
4)      Dapat membantu limbah rumah tangga dan industri agar lebih ramah lingkungan dengan menggunakan organisme pengolahan limbah yang telah ditemukan peneliti.
5)      Penemuan bibit unggul baik hewan ternak atau tanaman oertanian yang dapat membantu meyelesaikan masalah pangan.
Dan masih banyak manfaat bagi seseorang belajar biologi maka dari itu biologi harus dipelajari. Karena biologi banyak manfaat, oleh karena itu di SMA, biologi itu ada dan diperhitungkan bukan hanya untuk anak IPA saja tetapi juga IPS. Biologi bukan hanya sekedar bentuk penghafalan informasi saja, namun juga disertai pemahaman konsep dan pengaplikasiannya dalam kehidupan sehari-hari.
Kebanyakan siswa disekolah masih banyak menerima informasi dan mengingat-ingat saja. Padahal jika hanya diingat-ingat saja, materi tersebut tidak akan bertahan lama dan akan cepat lupa. Kenapa harus biologi?  Karena biologi berpengaruh dan berguna bagi kehidupan seperti peternakan, pertanian, perikanan, kedokteran, dan lain sebagainya. Cabang ilmu biologi akan muncul terus menerus dan bertambah tergantung pola fikir manusia itu sendiri.
Tapi entah mengapa para siswa SMA jaman sekarang merasa biologi itu pelajaran membosankan dan terlalu teoritis. Hal ini terjadi karena siswa merasa sudah banyak hafalan, banyak nama latin dan tak jarang sebagian siswa selalu merasa biologi bukan ilmu yang penting seperti pelajaran lainnya, seperti geografi, ekonomi, sejarah atau sosiologi. Padahal bila kita tahu biologi merupakan ilmu yang harus kita pelajari.
Dan apabila siswa bisa senang untuk belajar biologi, pasti siswa bisa mudah untuk mempelajari ilmu biologi seperti membuat cara atau metode belajar yang asik seperti memberi singkatan-singkatan, niscaya siswa akan lebih cepat memahami materi, sehingga biologi tidak lagi terasa membosankan.  Dan bila kita mempelajarinya kita tidak akan rugi. Karena sebenarnya biologi itu tidak hanya hafalan, tetapi ada pratikumnya, seperti materi anggota gerak. Disana kita akan dilengkapi proprtti atau contoh kerangka manusia dan contoh lainnya pengujian bahan makanan yang mengandung vitamin, baik dari tata cara melakukan pengujian, butuh kerja sama dan kesabaran.
Biologi juga dapat menjadi profesi yang menjanjikan, tak ayal para anak yang jurursan IPA ingin mempelajarinya dengan baik, contohnya dokter dan lain-lain. Dengan belajar biologi kita akan mengetahui nama-nama organ bai manusia, hewan, tumbuhan maupun organisme. Bisa juga digunakan untuk membantu memperbesar keuntungan dalam bidang pertanian atau peternakan.

Biologi juga bisa membantu mengembangkan energi seperti adanya biogas yang digunakan dari kotoran hewan yang dapat dipergunakan untuk berbagai macam kebutuhan dan berguna melestarikan atau menekan penggunaan bahan bakar. Selain itu bisa mempertahankan negara. Kok bisa? Dengan banyak menggunakan senjata biologis pathogen, contoh bakteri ulnus dan kuman. Bahkan sangking bahayanya, senjata tersebut dilarang digunakan dalam perang.

0 Response to "Artikel Biologi Itu MENYENANGKAN !"

Post a Comment