Warnet gadisnet

Warnet gadisnet

Kliping Tentang Flora dan Fauna Negara ASEAN Lengkap


Indonesia

            Flora dan Fauna : Hutan hujan tropis kita merupakan salah satu paru-paru dunia. Fauna Sumatera, Jawa, Kalimantan, dan Bali bercorak Asia.Diantaranya harimau, badak, orang utan, gajah, dan macan tutul. Fauna Sulawesi, NusaTenggara, dan Maluku bercorak peralihan. Banyak spesies endemik hidup di sini, yaitu spesiesyang tidak ada di tempat lain. Diantaranya anoa, tapir, komodo, dan maleo. Fauna Papuabertipe Australia. Diantaranya hewan berkantung dan 600 spesies burung.  flora yang ada menjadikan tanaman indonesia sangat berlimpah pada spesies kayu. Keluarga dpterocarp sangat terkenal di dunia sebagai sumber utama kayu (meranti) sebagaimana resin dan sayuran gemuk, tengkawang atau kacang illipe. Ramin, jenis kayu berharga untuk perabotan, termasuk dari spesies ganystylus, sementara kayu sandal, eboni, ulin dan kayu palembang diambil langsung dari hutan. Selain itu, Indonesia juga dikenal akan kayu jati, sebuah produk dari hutan buatan di jawa. kekayaan flora Indonesia mengandung banyak tumbuhan tropis yang unik, contohnya rafflesia arnoldi, yang hanya ditemukan di beberapa tempat di Sumatera. Di dataran yang lebih tinggi, ditemukan hutan elfin atau lumut dan tumbuh-tumbuhan alpen.

Myanmar


            Flora dan Fauna : Para geografis Myanmar dan iklim mencerminkan kejujuran yang kaya tanaman dan spesies hewan. 50% dari lahan ditutupi oleh berbagai jenis hutan, seperti hutan tropis,subtropis dan beriklim sedang di wilayah pegunungan utara, hutan pasang surut di wilayah barat dan selatan pesisir dan hutan duri di Myanmar pusat yang merupakan rumah bagi ribuan tanaman, bunga, binatang, burung dan spesies kupu-kupu. Jati tumbuh di atas 3000 m dan merupakan salah satu produk Myanmar terkenal.

Malaysia

            Flora dan Fauna : Hutan lebat Kalimantan dan Sumatra Malaysia memiliki sejarah yang sangat tua yangtanggal punggung sampai jutaan tahun. Mereka di sini bahkan sebelum munculnyaAmazon atau Kongo. Seiring dengan hutan-hutan tropis, hutan bakau-lahan basah adalah atraksi ditambahkan flora Malaysia. Rafflesia, bunga terbesar di dunia ditemukan di hutan negara ini. Selain dari yang satu ini juga akan mendapatkan untuk melihat ikal seperti kamper, kayu hitam, kayu cendana, kayu jati danbersama dengan sekitar 400 spesies dipterocarps tinggi (kayu keras) dan semihardwoods; pohon ara. Ada yang kira-kira 210spesies mamalia, 620 spesies burung, 250 spesies reptil, dan 150 spesies katak yang ditemukan di negara ini. Selain mereka satu juga dapat melihat hewan seperti harimauIndocina, Tupai Pohon Brooke dan Malaya Tapir yang tidak dapat ditemukan di tempat lain di planet ini. Burung-burung seperti Brahminy layang-layang, kingfishers, burung enggang, pittas, kakatao dan banyak lagi.

Kamboja

Flora dan Fauna : Kamboja, yang tercakup dalam daerah pegunungan dengan hutan-hutan perawan yang lebat, memiliki berbagai macam tanaman dan kehidupan hewan. Ada sawit, karet, kelapa, kapuk, mangga, pisang, dan pohon jeruk, serta rumput yang tajam tinggi dari sabana.Burung, termasuk bangau, burung, dan bebek liar, dan mamalia seperti gajah, kerbau liar,macan kumbang, dan beruang berlimpah di seluruh negeri. Ikan, ular, dan serangga juga hadir dalam kelimpahan.

Laos



Flora dan Fauna : Hampir dua pertiga dari Laos adalah ditutupi oleh hutan lebat. Hutan Laos selatanmerupakan perpanjangan dari jenis Kampuchean vegetasi, sedangkan hutan dataran tinggi di utara, terdiri dari padang rumput diselingi dengan semak belukar, menyerupaiVietnam tengah. Bambu, liana, rotan, dan telapak tangan ditemukan di seluruh Laos.

Thailand

Flora dan Fauna : Banyak bentuk-bentuk khusus kehidupan tumbuhan dan hewan yang ditemukan. Lahan hutan kayu keras dukungan (terutama kayu jati), pinus, bambu, dan pohon pinang dan kelapa, di dataran rendah pesisir, hutan bakau dan rotan berlimpah. Di antara mamaliayang lebih besar beruang, berang-berang, musang, gajah dan kucing. Pendakian termasukhewan siamang dan banyak spesies kera. Ada juga domba, kambing, kerbau, badakbercula satu, rusa, tapir, sapi liar, babi liar, dan ular. Ada lebih dari 600 spesies burungberkembang biak. Buaya, kadal, dan kura-kura sangat banyak. Ikan berlimpah di sungai dan perairan pesisir.

Singapura

Flora dan Fauna : Singapura pernah ditutupi dengan hutan hujan dataran rendah tropis yang lebat, denganhutan bakau yang melapisi pantai berlumpur dan sungai pasang surut. Harimau, babi hutan dan musang yang umum.
Sebagai penyelesaian tumbuh pada 1840 itu, hutan ditebang untuk menanam tanaman seperti pala, gamlier, cengkeh, lada dan kakao. Pada tahun 1877, pohon-pohon karet pertama berhasil ditanam. Banyak spesies tanaman endemik, termasuk lebih dari 50spesies mangrove-menghuni anggrek, berangsur-angsur menghilang dengan deforestasi.Efek pada satwa liar, terutama mamalia besar, lebih parah. Sebagai penyebaran kota,jenis burung lebih umum di daerah perkotaan menggantikan hutan dan spesies hutan.

Vietnam



Flora dan Fauna : Vietnam adalah rumah bagi berbagai jenis hewan dan tumbuhan. Iklim subtropis negarasangat ideal untuk pertumbuhan tanaman. Flora dan fauna Vietnam terdiri dari hewan dan tumbuhan yang tak terhitung banyaknya. Ada beberapa pohon hutan, lumut, tanaman merambat, pakis dan semak-semak. Daerah pegunungan hutan hujan fitur Tonkin tropisdengan pohon-pohon pinus di ketinggian yang lebih tinggi. Vegetasi Mangroove dan rumput tropis membentuk bagian utama dari flora Vietnam.

Brunei Darussalam



Flora dan Fauna : Negara ini sebagian besar ditutupi oleh Hutan Bakau dan rawa gambut, kesehatan,vegetasi pegunungan, dan hutan dipterocarpaceous. Hutan hujan dan rawa yang dihuni oleh sejumlah besar mamalia kecil, burung-burung tropis, reptil, dan amfibi. Mamalia mencakup kerbau liar dan peliharaan, beruang madu, rusa, dan monyet. Serangga yang melimpah dan kadang-kadang berbahaya, khususnya nyamuk malaria dan nyamuk menggigit.

Filipina


Flora dan Fauna : Filipina mendukung flora yang kaya dan beragam dengan koneksi botani dekat dengan Indonesia dan daratan Asia Tenggara. Hutan menutupi hampir satu-setengah dari luas lahan dan biasanya tropis, dengan keluarga dominan, Dipterocarpaceae, yang mewakili75% dari berdiri. Hutan juga memiliki tanaman merambat, epifit, dan pendaki. Padang rumput terbuka, berkisar sampai 2,4 m (8 kaki) tingginya, menempati seperempat dariluas daratan, mereka adalah buatan manusia, setelah slash-dan-bakar sistem pertanian, dan paling mengandung rumput savana tropis yang nonnutritious dan sulit untuk memberantas. Flora yang beragam mencakup 8.000 spesies tumbuhan berbunga, 1.000jenis pakis, dan 800 spesies anggrek.

Timur Leste

Flora dan Fauna : Selain jenis tumbuhan (flora) yang telah dibudidayakan oleh penduduk, seperti tanaman padi, jagung, ubi-ubian, kacang-kacangan, sayur-mayur, buah-buahan, kelapa, cengkeh , vanili, jambu mente, kapas, kapuk, kemiri, asam, dll juga terdapat jenis tumbuhan di kawasan hutan seperti kayu akasia, kayu putih, kayu cendana, kayu lontar, kayu gaharu, dll. Dari sekian banyak jenis tumbuhan kayu ini yang paling terkenal adalah kayu cendana yang memiliki kualitas yang lebih baik dibanding kayu cendana yang ada di wilayah lainnya di Indonesia. Jenis fauna yang ada di wilayah ini dan sudah diternakkan, antara lain kuda, sapi, kerbau, kambing, berbagai jenis unggas, disamping itu terdapat binatang liar yang hidup di kawasan hutan seperti rusa, babi hutan, kerbau liar, kuda liar. Satu jenis binatang purba yang hanya ada di wilayah ini dan tidak terdapat di daerah lain di dunia adalah Komodo.

0 Response to "Kliping Tentang Flora dan Fauna Negara ASEAN Lengkap"

Post a Comment