Warnet gadisnet

Warnet gadisnet

15 Alat / Media Komunikasi Serta Kelebihan dan kekurangan Lengkap Pembahasan


Handphone 

Kelebihan : Komunikasi lisan atau pun tertulis bisa terjadi secara langsung antara komunikator dan komunikan bisa melakukan kegiatan komunikasi saat itu juga tanpa halangan. Bisa di lakukan saat itu juga tanpa jeda beda dengan teks surat atau pun email yang mempunyai jeda. Komunikasi bisa  terjadi langsung dua arah antara komunikan dan komunikator.
Kekurangan : Media ini membutuhkan sinyal. Komunikasi bisa terjadi jika sinyal ada dan tidak ada halangan.
Kegunaan nya : Sebagai alat komunikasi langsung (lisan) dan tidak langsung (teks SMS)


Smart phone 

Kelebihan : Komunikasi Visual, lisan atau pun tertulis bisa terjadi secara langsung dan antara komunikator dan komunikan bisa melakukan kegiatan komunikasi saat itu juga tanpa halangan. Bisa mengirim pesan email dan bisa mendapat kan sumber berita informasi secara update. Komunikasi bisa  terjadi langsung dua arah antara komunikan dan komunikator. Mempunyai banyak aplikasi untuk mengolah berbagai jenis pesan baik secara visual, lisan dan tertulis.

Kekurangan : Media ini selain membutuhkan sinyal jaringan juga membutuhkan kuota data yang tidak sedikit. Jika kuota ada tetapi sinyal tidak ada alat ini tidak bisa bekerja begitu pula sebalik nya. 
Kegunaan : Sebagai pengolah pesan dan informasi yang baik karena mempunyai banyak aplikasi untuk mendukung terjadi nya itu, sebagai alat komunikasi langsung (visual dan suara) dan tidak langsung (email). Sebagai alat penerima sumber informasi.

Televisi 

Kelebihan : Komunikasi terjadi secara visual, bergerak dan langsung . Sumber informasi bisa aktual dan update walau tetap melalui editor dulu sebelum di sajikan. Sumber informasi hiburan.
Kekurangan : Tidak terjadi komunikasi dua arah, hanya komunikasi satu arah. Sumber Informasi melalui proses editing sesuai kepentingan pemilik stasiun program TV (Berita Politik dan ekonomi sering tidak berimbang). Membutuhkan energi listrik dan sinyal, jika tidak terdapat listrik tetapi sinyal ada alat ini tidak bisa bekerja begitu pula sebalik ya. 
Kegunaan : Sumber informasi dan hiburan secara visual, bergerak dan langsung.

Koran / Media Cetak 

Kelebihan : Komunikasi terjadi secara visual tapi tidak bergerak. Sumber informasi bisa aktual dan update walau tetap melalui editor dulu sebelum di sajikan. Sumber informasi hiburan
Kekurangan : Tidak terjadi komunikasi dua arah, hanya komunikasi satu arah. Sumber Informasi melalui proses editing sesuai kepentingan pemilik media cetak (Berita Politik dan ekonomi sering tidak berimbang). Membutuhkan kertas yang tidak sedikit dan saat ini kertas masih di ambil dari bahan alam yaitu dari pengolahan kayu pohon. Kebutuhan kertas tinggi semakin banyak pohon yang di tebang semakin rusak alam nya. 
Kegunaan : Sumber informasi dan hiburan secara visual tidak bergerak.

Radio 

Kelebihan : Komunikasi terjadi secara lisan dan langsung. Sumber informasi bisa aktual dan update walau tetap melalui editor dulu sebelum di sajikan. Sumber informasi hiburan.
Kekurangan : Tidak terjadi komunikasi dua arah, hanya komunikasi satu arah. Sumber Informasi melalui proses editing sesuai kepentingan pemilik stasiun radio (Berita Politik dan ekonomi sering tidak berimbang). Membutuhkan energi listrik dan sinyal, jika tidak terdapat listrik tetapi sinyal ada alat ini tidak bisa bekerja begitu pula sebalik ya. 
Kegunaan : Sumber informasi dan hiburan secara lisan (suara) dan langsung.


Faksimili


Faksimili digunakan untuk menerima dan mengirim informasi melalui telephoto dengan sistem reproduksi fotografi sehingga memungkinkan kita dapat mengirimkan salinan isi suatu halaman, baik berupa tulisan maupun gambar ke mesin faksimili lain melalui saluran telepon dalam hitungan menit.
Kelebihan
Mesin ini mendukung pengiriman jarak jauh, antar benua sekalipun.
Kualitas dokumen atau faks yang dikirim sangat baik.
Aktifitas faks yang diterima atau dikirim bisa dikontrol.
Proses pengiriman lebih cepat dan tidak memakan biaya banyak jika dibandingkan dengan metode pengiriman dokumen dengan pos.
Kekurangan
Meski mengalahkan pengiriman dokumen dengan pos, namun faksmile dikalahkan oleh pengiriman dokumen via email atau surat elektronik.
Apabila dibandingan dengan email, biaya penggunaan mesin faksmile lebih mahal.

Komputer


Komputer merupakan alat yang digunakan untuk memanipulasi dan mengelola data berdasarkan perintah yang diberikan oleh penggunanya. Komputer telah dipakai di seluruh dunia, komputer saat ini sangat penting dalam alat komunikasi. Komputer tidak hanya sebagai alat komunikasi namun juga sebagai alat penyimpan data dan dokumen-dokumen yang penting berbentuk seperti ketikan ataupun video.
Kelebihan
Komputer dapat memilih dan melakukan klafikasi yang tinggi (accuracy)
Komputer mampu menyimpan dan mengolah data dan jumlah besar (capasity)
Komputer mampu melakukan perhitungan-perhitungan dalam mengolah data dengan kecepatan tinggi
Komputer dapat melakukan pekerjaan berdasarkan kondisi yang kita inginkan
Komputer memiliki daya ingat yang tinggi
Komputer dapat menghasilkan informasi
Komputer dapat di pergunakan untuk memindahkan informasi dari suatu tempat ke tempat lain
Kekurangan
Komputer tidak dapat beroperasi tanpa intruksi
Komputer tidak dapat berperasi tanpa adanya pemakai/user

Telepon kabel


Telepon ini menjadi sangat populer karena bisa membuat anda terhubung dengan orang yang berbeda kota tanpa harus menemuinya secara langsung. Anda bisa berkomunikasi dengan lebih nyaman menggunakan telepon ini. Telepon juga menjadi cikal bakal telepon modern sekarang ini yaitu telepon genggam.
Kelebihan
Selalu terhubung jika kabelnya normal
Biayanya murah
Tidak menimbulkan radiasi yang menggagu kesehatan
Kekurangan
Tidak dapat dibawa kemana mana
Jika kabel yang digunakan bermasalah telepon tidak dapat digunakan

SMS (Short Massage Service)

SMS (Short Massage Service) adalah sebuah layanan yang dimiliki oleh handphone yang memungkinkan kita melakukan komunikasi dalam bentuk medi text maupun gambar.
Kelebihan Sms
dapat di lihat atau di tinjau berulang-ulang isi sms-nya
Lebih hemat biaya
lebih mudah di buka kapan saja dan di mana saja tanpa menggangu kondisi dan situasi tempat.
Kekurangan sms
lamban tersampaikan, terutama saat mengirim ke operator yang berbeda
Pengirim tidak dapat di pastikan, karena tidak ada bukti fisik dari pengirim sms, dan
nomor pengirim tidak dapat di rahasiakan

E-mail


E-mail adalah salah satu sarana komunikasi yang berbasis online yang memungkinkan kita saling berkomunikasi, saling bertukar data, dan sebagainya.
Kelebihan:
Nyaman : karena tidak perlu pergi ke kantor pos, cukup duduk di depan komputer anda yg sudah terhubung dengan Internet.
Cepat : pengiriman e-mail dapat berlangsung dengan cepat asal saluran Internet yg digunakan tidak bermasalah.
Murah : sekali anda terhubung ke Internet, biaya pengirimana e-mail relatif sangat murah dibandingkan dengan menggukan perangko.
Hemat sumber daya : tidak perlu beli kertas, pulpen, perangko.
Aman : karena ada passwordnya.
Reliabel : e-mail dapat disimpan di e-mail server, e-mail tidak akan hilang kecuali bila dihapus.
Global : e-mail dapat dikirim ke seluruh dunia.
Memungkinkan pengiriman pesan berformat multimedia : e-mail yg dikirim dpt berupa teks, gambar, video, program, suara dll.

Kelemahan:
1. Salah Kirim karena salah menulis alamat e-mail yang dituju.
2. Rawan Penyadapan
3. Adanya kemungkinan pemalsuan identitas.
4. Kebanjiran e-mail/ spam/ mailboxnya penuh.
5. Respon terlambat.
6. Harus menggunakan koneksi Internet.


PDA (Personal Digital Assistant)


Alat ini tergolong yang paling modern dan banyak dimiliki oleh kalangan tingkat atas.Pocket PC sering disebut sebagai komputer mini karena bentuknya yang kecil dan dapatdibawa ke mana-mana. Selain itu, disebut juga dengan nama PDA (Personal DigitalAssistants) yaitu sebuah komputer seukuran telapak tangan yang dapat digunakan untuk menyimpan, mengakses dan mengorganisasi informasi.PDA sudah ada dan dikenal sejak bulan Agustus 1993 dengan nama Newton MassagePad yang dipelopori oleh Apple. PDA merupakan hasil kerjasama Steve Caps, Walter Smith, dan Michael Tchao yang merilis Newton PDA dengan sistem operasi NewtonVersi 1.0. Kemudian pada awal tahun 1995, Palm Computing meluncurkan PDA dengankonsep yang lebih sederhana, hanya sebagai organizer elektronik belaka. Dalam waktuyang hampir sama, ketika dunia komputer mulai memperhatikan aspek portabilitas- nya(aspek kemudahan untuk dibawa), maka lahirlah produk semi-notebook seperti Psion.Inilah yang mengilhamkan produk PDA memasukkan fungsi komputer secara perlahan,khususnya Microsoft dengan Pocket PC-nya.Beberapa PDA saat ini menggunakan sistem operasi berbasis Windows, Palm, Linux,Symbian, BlackBerry, dan Android. Biasanya, PDA juga dilengkapai dengan virtualkeyboard pada layarnya dan juga dapat menggunakan keyboard tambahan yang dipasangke PDA agar proses input menjadi lebih cepat. Proses memasukkan data yang paling mudah.
Kelebihan :
Secara umum semakin tinggi kecepatan clock yang dihasilkan oleh processor maka dapat dipastikan semakin cepat pula respon yang akan dihasilkan PDA terhadap input dari pengguna
dapat saling bertukar data dan/atau informasi dengan komputer desktop atau komputer laptop
menyediakan software dan hardware untuk proses sinkronisasi

Kekurangan :
baterai yang tidak tahan lama sehingga tidak dapat digunakan dalam jangka waktu yang lama

Walky Talky


yaitu peralatan komunikasi antara dua orang menggunakan pesawat khusus (HT) tanpa kabel menggunakan gelombang 11 meter atau 2 meter. Komunikasi alat ini tidak memerlukan biaya atau tarif ,namun komunikasinya secara bergantian dan dapat didengarkan oleh orang lain pada gelombang yang sama.
Komunikasi jenis ini sering dinamakan brik-brikan ,dan yang sering menggunakan komunikasi dengan alat ini adalah pihak kepolisian dilapangan.

Peluit


Peluit, hingga sekarang masih banyak digunakan, terutama polisi atau panitia olahraga. Peluit digunakan untuk memulai atau menghentikan suatu peristiwa, tidak perlu berbicara sekuat mungkin. Cukup meniup peluit maka semua acara di mulai atau telah usai.
Keunggulan: Dalam menyampaikan pesan hanya dengan meniup peluit saja tidak perlu repot-repot berteriak .
Kelemahan: Hanya dapat digunakan diluar ruangan karena kalau didalam ruangan akan terdengar berisik dan menganggu kenyamanan.

Internet


Kehadiran Internet membuat hubungan manusia semakin dekat dan mudah. Dengan internet banyak orang bisa berkomunikasi dan saling bertatap muka, walau beda negara. Dengan internet banyak orang bisa mengakses informasi berupa berita, tips, artikel, video dan yang lain.
Internet telah merevolusi gaya hidup banyak orang dalam berkomunikasi. Apalagi sekarang zamannya sosial media, dimana orang bisa dengan cepat mencari dan berkomunikasi dengan teman lama.
Keunggulan: Daya hubung dan jangkauan yang sangat luas dan merupakan system penggerak bagi komputer, laptop, tablet, handphone untuk lebih memaksimalkan fiturnya.
Kelemahan: Harus terhubung dengan komputer,laptop,tablet, modem dsb.

Asap


Kelebihan:
Tidak memerlukan peralatan yang canggih.
Mudah untuk dilakukan.
Dapat dilihat dari jarak jauh.

Kekurangana:
Sulit dilakukan apabila terjadi hujan.
Sulit untuk dilihat dengan jelas apabila terdapat angin kencang.
Orang yang tidak perlu tahu dapat dengan mudah melihatnya.


UNTUK VERSI SOFTCOPY (TULISAN + GAMBAR + EDIT + RAPI)
SILAHKAN HUBUNGI WARNET GADIS.NET / SMS
SIMPANG SMPN 1 SITIUNG, DHARMASRAYA
08777-07-33330 / 0853-6527-3605 
HARGA BERSAHABAT

0 Response to "15 Alat / Media Komunikasi Serta Kelebihan dan kekurangan Lengkap Pembahasan"

Post a Comment