Warnet gadisnet

Warnet gadisnet

Mengidentifikasi Pengaruh Kemajuan Iptek Terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesa (Lengkap Gambar + Penjelasan)




A.   Mengidentifikasi Pengaruh Kemajuan Iptek terhadap NKRI
1.    Pengaruh positif kemajuan iptek bagi kehidupan bermasyarakat berbangsa dan bernegara
a.    Aspek politik
1)     Memberikan dorongan yang besar bagi konsolidasi demokrasi di banyak negara.
2)     Meningkatkan hubungan diplomatik antara negara.
3)     Menegakan nilai-nilai demokrasi.
4)     Memperluas dan meningkatkan hubungan dan kerja sama antar daerah.
5)     Adanya peranan besar rakyat dalam pengembangan pemerintahan.
6)     Kegiatan komunikasi untuk keperluan politik dengan menggunakan teknologi informasi menyebabkan sampai nya berita dengan cepat, dilakukan secara efisien dan nyaman.


  
b.    Aspek ekonomi
Pengaruh positif IPTEK bagi kehidupan ekonomi yang dapat kita ambil di antaranya:
1)    Makin meningkatnya investasi asing atau penanaman modal asing di negara kita.
2)    Makin terbukanya pasar internasional bagi hasil produksi dalam negeri.
3)    Mendorong para pengusaha untuk meningkatkan efisiensi dan menghilangkan biaya tinggi.
4)    Meningkatkan kesempatan kerja dan devisa negara.
5)    Meningkatkan kemakmuran masyarakat.
6)    Menyediakan dana tambahan untuk pembangunan.



c.     Aspek sosial budaya
Kemajuan teknologi dan informasi yang di tandai dengan munculnya internet dan makin canggihnya alat-alat secara langsung telah mempermudah kita untuk memperoleh informasi. Selain itu juga, dengan adanya informasi tersebut kita bisa mencontoh atau belajar banyak dari tata nilai sosial budaya, cara hidup, pola berpikir yang baik, maupun ilmu pengetahuan dan teknologi dari bangsa lain yang telah maju untuk kemajuan dan kesejahteraan kita.

d.    Aspek hukum, pertahanan, dan keamanan
Pengaruh positif IPTEK dalam bidang hukum, pertahanan, dan keamanan yang dapat kita ambil diantaranya:
1)    Makin menguatnya supremasi hukum, demokratisasi dan tuntutan terhadap dilaksanakannya hak asasi manusia.
2)    Menguatnya regulasi hukum dan pembuatan peraturan perundang – undangan yang memihak dan bermanfaat untuk kepentingan rakyat banyak.
3)    Makin menguatnya tuntutan terhadap tugas – tugas penegak hukum(polisi, jaksa, dan hakim) yang lebih profesional, transparan, dan dapat dipertanggung jawabkan.
4)    Menguatnya supremasi sipil dengan mendudukan tentara dan polisi sebatas penjaga keamanan, kedaulatan, dan ketertiban negara.

2.    Pengaruh negatif iptek bagi kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara

a.    Aspek politik
Kemajuan IPTEK melalui globalisasi membawa nilai-nilai seperti keterbukaan, kebebasan dan demokratisasi tidak menutup kemungkinan akan di salah artikan oleh masyarakat indonesia. Akibatnya, akan menimbulkan terganggunya stabilitas politik nasional seiring dengan terjadinya tindakan-tindakan anarki sebagai reaksi terhadap sikap pemerintah yang menurut mereka tidak terbuka, tidak memberikan kebebasan dan tidak demokratis kepada rakyatnya. Pengaruh negatif lainnya adalah munculnya gerakan-gerakan radikalisme dan terorisme.

b.    Aspek ekonomi
Kemajuan IPTEK memberikan pengaruh negatif terhadap kehidupan ekonomi seperti berikut:
1)    Indonesia akan di banjiri oleh barang-barang dari luar seiring dengan adanya perdagangan bebas yang tidak mengenal adanya batas-batas negara. Akibatnya, makin terdesak nya barang-barang lokal terutama yang tradisional karena kalah bersaing dengan barang-barang luar negeri.
2)    Cepat atau lambat, perekonomian negara kita akan dikuasai oleh pihak asing, seiring dengan makin mudahnya orang asing menanamkan modalnya di indonesia, yang pada akhirnya mereka dapat mendikte atau menekan pemerintah atau bangsa kita. Dengan demikian, bangsa kita akan dijajah secara ekonomi oleh negara investor.
3)    Akan timbulnya kesenjangan sosial yang tajam sebagai akibat dari adanya persaingan bebas. Persaingan bebas tersebut akan menimbulkan adanya pelaku ekonomi yang kalah dan yang menang. Yang menang akan dengan leluasa memonopoli pasar, sedangkan yang kalah akan menjadi penonton yang senantiasa tertindas.
4)    Pemerintah hanya sebagai regulator pengaturan ekonomi yang mekanisme nya akan ditentukan oleh pasar.
5)    Sektor-sektor ekonomi rakyat yang diberikan subsidi semakin berkurang, koperasi makin sulit berkembang dan penyerapan tenaga kerja dengan pola dapat karya makin ditinggalkan.


c.     Aspek sosial budaya
Kemjuan IPTEK dapat melahirkan pengaruh negatif bagi perilaku masyarakat, seperti berikut:
1)    Munculnya gaya hidup konsumtif dan selalu mengonsumsi barang-barang dari luar negeri.
2)    Munculnya sifat hedonisme, yaitu kenikmatan pribadi dianggap sebagai suatu nilai hidup tertinggi. Akibatnya, manusia akan suka memaksakan diri untuk mencapai kepuasan dan kenikmatan pribadinya tersebut, meskipun harus melanggar norma-norma yang berlaku di masyarakat. Contohnya; mabuk-mabukan, pergaulan bebas, foya-foya, DLL.
3)    Adanya sikap individualisme, yaitu sikap selalu mementingkan diri sendiri serta memandang orang lain itu tidak ada dan tidak bermakna. Akibatnya, sikap ini akan menimbulkan ketidak pedulian terhadap orang lain, misalnya sikap selalu menghardik pengemis, pengamen, dan sebagainya.
4)    Bisa mengakibatkan kesenjangan sosial yang semakin tajam antara yang kaya dan miskin.
5)    Munculnya gejala westernisasi, yaitu gaya hidup yang selalu berorientasi kepada budaya barat tanpa di seleksi terlebih dahulu. Contohnya; seperti meniru model pakaian yang biasa di pakai orang-orang barat yang sebenarnya bertentangan dengan nilai norma-norma yang berlaku misalnya memakai rok mini, lelaki memakai anting-anting, dan sebagainya.
6)    Makin memudarnya semangat gotong royong, solidaritas, kepedulian, dan kesetiakawanan sosial.
7)    Makin lunturnya nilai-nilai keagamaan dalam kehidupan bermasyarakat.

d.    Aspek hukum, pertahanan, dan keamanan
Dampak negatif yang timbul dari kemajuan IPTEKB dalam aspek hukum, pertahanan, keamanan ini antara lain menimbulkan tindakan anarkis dari masyarakat yang dapat mengganggu stabilitas nasional, ketahanan nasional bahkan persatuan dan kesatuan bangsa. Selain itu, peran masyarakat dalam menjaga keamanan, ketertiban dan kedaulatan negara semakin berkurang.


B.   Membangun sikap selektif dalam menghadapi berbagai pengaruh kemajuan IPTEK
1.    Sikap tanggung jawab dalam pengembangan IPTEK
Bagi Bangsa indonesia, di dalam mengembangkan dan menerapkan iptek perlu mengingat landasan idealnya, yaitu pancasila dan landasan konstitusionalnya, yaitu UUD NRI tahun 1945. Dunia berasal dari tuhan, tuhan yang maha kuasa menciptakan alam semesta untuk kemaslahatan mengembangkan dan menerapkan iptek sudah selayaknya mengingat ajaran dan perintah Tuhan. Iptek harus dikembangkan dan diterapkan untuk kemaslahatan manusia, bukan untuk menyiksa dan mencelakakan manusia.

2.    Sikap selektif terhadap pengaruh kemajuan IPTEK
Tidak ada satu pun negara bangsa di dunia ini yang bisa lepas dari pengaruh kemajuan IPTEK. Indonesia yang baru disebut sebagai negara berkembang, akan sangat sulit bagi negara kita untuk mengelak dari pengaruh atau implikasi kemajuan IPTEK. Akan tetapi, indonesia sebagai bangsa yang besar harus mempunyai yang tegas terhadap kemajuan IPTEK ini. Sikap alternatif yang bisa diambil dalam menghadapi kemajuan IPTEK:
1)    Menolak dengan tegas semua pengaruh kemajuan iptek dalam semua aspek kehidupan.
2)    Menerima sepenuhnya pengaruh tersebut tanpa disaring terlebih dahulu.
3)    Bersikap selektif terhadap pengaruh tersebut, yaitu kita mengambil hal-hal positif dari kemajuan iptek dan membuang hal-hal negatif.
a.    Sikap selektif terhadap pengaruh kemajuan Iptek di bidang politik
Ada empat hal yang selalu di ke depankan pada saat ini dalam bidang politik yaitu, demokratisasi, kebebasan, keterbukaan, dan hak asasi manusia. Bangsa Indonesia harus mampu mewujudkan eksistensi nya sebagai negara yang kuat dan mandiri, namun  tidak meninggalkan kemitraan dan kerja sama dengan negara lain dalam hubungan yang seimbang, saling menguntungkan, saling menghormati, dan menghargai hak dan kewajiban masing-masing. Bangsa Indonesia harus segera mewujudkan hal sebagai berikut. 
-      Menggembangkan demokratisasi dalam segala bidang.
-      Mengaktifkan masyarakat sipil dalam arena politik.
-      Mengadakan reformasi lembaga politik agar menjalankan fungsinnya dan peranannya secara baik dan benar.
-      Memperkuat kepercayaan rakyat dengan cara menegakkan pemerintahan yang bersih dan berwibawa.
-      Menegakkan supremasi hukum.
-      Memperkuat posisi Indonesia dalam kancah politik internasional.

b.    Sikap selektif terhadap pengaruh kemajuan Iptek di bidang ekonomi
Sebelum bidang politik, kemajuan iptek lebih dahulu terjadi dalam bidang ekonomi. Sejak digulirkannya liberalisasi ekonomi oleh Adam Smith sekitar abad ke-15, telah melahirkan perusahaan multinasional yang melakukan aktivitas perdangangannya ke berbagai negara. Mulai abad ke-20 paham liberal kembali dianut oleh negara didunia terutama negara maju.
Sikap selektif terhadap dampak kemajuan iptek dapat dipertegas salah satunya dengan meningkatkan daya saing Indonesia di dunia internasional. Kegiatan konkretnya adalah:
-      Meningkatkan kualitas SDM Indonesia.
-      Meningkatkan komoditas ekonomi yang mutunya, jumlahnya dan pasokannya serta harganya bersaing.
-      Perbaikan perangkat hukum yang mengabdi pada kepentingan nasional. 

c.     Sikap selektif terhadap pengaruh kemajuan Iptek di bidang sosial budaya
Dalam bidang sosial budaya, kemajuan iptek membawa pengaruh dalam perilaku yang ditampilkan setiap masyarakat, diantaranya adalah gaya hidup, gaya pakaian, dasar ikatan hidup bermasyarakat, semakin mudahnya mendapatkan informasi dan ilmu pengetahuan.
Kemajuan iptek ditandai dengan adanya kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi. Agar hal tersebut bersifat positif dan dapat diserap ke dalam budaya kehidupan sehari-hari, maka perlu mengusahakan perubahan nilai dan perilaku:
-      Terbukanya terhadap inovasi dan perubahan.
-      Berorientasi pada massa depan daripada masa lampau.
-      Dapat memanfaatkan kegunaan iptek
-      Menghargai pekerjaan sesuai dengan prestasi.
-      Menggunakan potensi lingkungan secara tepat untuk pembangunan berkelanjutan.
-      Menghargai dan menghormati hak-hak asasi manusia.

Sumber : http://yaliussusanto.blogspot.com

UNTUK VERSI SOFTCOPY (TULISAN + GAMBAR + EDIT + RAPI)
SILAHKAN HUBUNGI WARNET GADIS.NET / SMS
SIMPANG SMPN 1 SITIUNG, DHARMASRAYA
08777-07-33330 / 0853-6527-3605 
HARGA BERSAHABAT

0 Response to "Mengidentifikasi Pengaruh Kemajuan Iptek Terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesa (Lengkap Gambar + Penjelasan)"

Post a Comment